Cara Mengatasi Notifikasi Tidak Masuk di Xiaomi

Cara Mengatasi Notifikasi Tidak Masuk di Xiaomi – Xiaomi menjadi salah satu brand smartphone asal China yang terkenal dengan produk murahnya. Selain harganya yang murah, sebagian besar produk smartphone dari Xiaomi juga mengusung spesifikasi yang mumpuni. Meski demikian, bukan berarti produk smartphone dari Xiaomi tidak pernah mengalami masalah. Sebagian pengguna mengeluhkan berbagai masalah yang terjadi pada HP Xiaomi. Misalnya, HP cepat panas saat dioperasikan, terjadi error sistem, hingga notifikasi yang tidak muncul atau tidak masuk.

Cara Mengatasi Notifikasi Tidak Masuk di Xiaomi
Cara Mengatasi Notifikasi Tidak Masuk di Xiaomi

Untuk masalah yang terakhir ini juga pernah saya alami sendiri. Ketika ada chat yang masuk di WhatsApp, tapi dibagian notifikasi tidak muncul. Terkadang muncul tapi munculnya telat atau bahkan butuh waktu yang lama. Kondisi seperti ini tentu sangat mengganggu kenyamanan pengguna dalam menggunakan smartphone.

Baca Juga :

Bagi pengguna baru Xiaomi, mungkin akan cukup kesulitan untuk mengatasi masalah notifikasi xiaomi tidak muncul. Wajar saja, karena ia memang belum tahu seluk beluk sistem atau pengaturan dari HP Xiaomi. Tapi tidak perlu khawatir, disini saya akan membahas bagaimana cara mengatasi notifikasi tidak masuk di Xiaomi paling ampuh dan mudah. Lebih jelasnya simak ulasan di bawah ini.

Cara Mengatasi Notifikasi Tidak Masuk di Xiaomi

Untuk cara mengatasi notifikasi tidak masuk di Xiaomi ini sudah saya praktekkan Xiaomi MIUI 7. Sebenarnya sama saja sih, pengguna MIUI 8 ke atas bisa disesuaikan sendiri langkah-langkah. Intinya sama saja, hanya yang berbeda mungkin dibagian tata letak pengaturannya.

1. Membiarkan Semua Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Cara Mengatasi Notifikasi Tidak Masuk di Xiaomi
Membiarkan Semua Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Aplikasi yang dibatasi berjalan di latar belakang menjadi salah satu penyebab notifikasi telat masuk atau bahkan tidak masuk. Karena itulah, sebaiknya kamu biarkan aplikasi berjalan di latar belakang agar tidak mengalami hal tersebut. Cara mengatur aplikasi selalu berjalan di latar belakang sangat mudah. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Langkah pertama klik pada menu “Setting”
  • Setelah itu, klik pada opsi “Battery & Performance”
  • Berikutnya klik opsi “Manage apps battery usage”, lalu pilih “OFF”.
  • Selesai. Dengan begitu aplikasi yang terinstall akan berjalan di latar belakang tanpa dibatasi.

2. Mengizinkan Aplikasi Berjalan Otomatis atau Autostart

Cara Mengatasi Notifikasi Tidak Masuk di Xiaomi
Mengizinkan Aplikasi Berjalan Otomatis atau Autostart

Cara mengatasi notifikasi tidak masuk di Xiaomi yang kedua adalah dengan mengizinkan aplikasi berjalan secara otomatis atau disebut dengan Autostart. Autostart berbeda dengan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Lebih gampangnya, misalnya kamu sedang membuka aplikasi Facebook. Kemudian kamu menutup aplikasi tersebut, maka sistem akan membuatnya tidak aktif sampai kamu membukanya kembali. Dengan begitu, notifikasi dari aplikasi tidak akan muncul.

Fitur autostart sendiri secara default tidak sedang dalam kondisi aktif. Kamu perlu mengaktifkannya secara manual jika ingin aplikasi berjalan secara otomatis. Pengguna MIUI 5, 6, dan 7 ke atas mungkin akan berbeda cara pengaktifkannya. Meskipun demikian intinya tetaplah sama, hanya letaknya mungkin yang berbeda. Untuk langkah-langkah mengaktifkan fitur autostart bisa kamu lihat di bawah ini.

  • Pertama buka aplikasi Security
  • Setelah itu, klik pada opsi “Permisions”
  • Pada tampilan berikutnya kamu klik “Auto Start Management”
  • Selanjutnya pilih aplikasi yang mau diaktifkan fitur autostartnya dengan klik “Add Auto Start Apps”. Cari aplikasinya lalu tap “Allow” untuk mengaktifkan.
  • Selesai. Aplikasi yang dipilih akan selalu aktif meskipun sudah ditutup.

3. Memilih dan Mengatur Aplikasi Agar Berjalan di Latar Belakang

Cara Mengatasi Notifikasi Tidak Masuk di Xiaomi
Memilih dan Mengatur Aplikasi Agar Berjalan di Latar Belakang

Cara mengatasi notifikasi tidak masuk di Xiaomi berikutnya adalah dengan memilih dan mengatur aplikasi  tertentu agar tetap berjalan di latar belakang. Seperti yang kita tahu, aplikasi yang berjalan di latar belakang akan memunculkan notifikasi yang masuk secara real time. Asalkan HP terhubung dengan koneksi internet, maka notifikasi akan langsung muncul tanpa telat. Cara ini sebenarnya hampir sama dengan cara nomor 1, hanya saja di cara ini kamu bisa memilih aplikasi mana saja yang diizinkan berjalan di latar belakang.

Mungkin kamu masih bingung bagaimana cara mengizinkan sebuah aplikasi agar tetap berjalan di latar belakang. Tenang, caranya mudah kok. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Pertama kamu tinggal masuk ke menu “Setting” atau “Pengaturan”
  • Setelah itu, klik pada opsi “Battery & Performance”
  • Pada tampilan berikutnya, klik pada opsi “Manage Apps Battery Usage”. Kamu tinggal klik “ON”
  • Selanjutnya kamu klik Choose Apps untuk memilih aplikasi yang akan diizinkan berjalan di latar belakang.
  • Pada aplikasi yang ingin dipilih, klik nama aplikasinya dan pilih “No Restriction”
  • Selesai. Notifikasi yang telat masuk atau bahkan tidak masuk, sekarang sudah normal kembali.

4. Menonaktifkan Fitur Battery Saver

Cara Mengatasi Notifikasi Tidak Masuk di Xiaomi
Menonaktifkan Fitur Battery Saver

Penyebab notifikasi xiaomi telat masuk atau tidak masuk sama sekali adalah karena adanya fitur Battery Saver. Fitur ini akan membatasi aplikasi untuk selalu berjalan, bahkan di latar belakang. Dari percobaan yang sudah saya lakukan, mematikan fitur battery saver bisa menatasi notifikasi masuknya telat. Secara default, fitur ini akan ada dalam kondisi aktif. Untuk langkah-langkah menoaktifkannya bisa kamu lihat di bawah ini.

  • Pertama buka menu “Setting”
  • Setelah itu, kamu klik opsi “Battery & Performance”
  • Kemudian lakukan klik pada “Power “, lalu klik “Battery Saver”
  • Untuk menonaktifkan, kamu tinggal mengubahnya ke posisi “OFF”.
  • Selesai. Fitur Battery Saver sudah berhasil dinonaktifkan.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi notifikasi tidak masuk di Xiaomi yang paling ampuh dan mudah diterapkan. Bagi anda yang merupakan pengguna baru Xiaomi, sekarang tidak perlu lagi bingung ketika mendapati notifikasi telat masuk atau bahkan tidak masuk. Jangan lupa share artikel ini ke semua akun media sosial kamu agar juga bisa membantu pengguna Xiaomi lainnya.