Cara Mengatasi Notifikasi SMS Error di Xiaomi

Cara Mengatasi Notifikasi SMS Error di Xiaomi – Sebagian besar dari kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan brand smartphone asal China satu ini. Xiaomi bisa dibilang pemain baru dalam produksi smartphone. Namun, perkembangannya yang sangat pesat membuat produk smartphone android dari Xiaomi mampu bersaing dengan brand terkenal lainnya. Khususnya di Indonesia, cukup banyak pengguna yang lebih memilih smartphone android Xiaomi tersebut.

Cara Mengatasi Notifikasi SMS Error di Xiaomi
Cara Mengatasi Notifikasi SMS Error di Xiaomi

Salah satu alasan HP Xiaomi banyak digandrungi yakni karena harga banderolnya yang terbilang murah dibandingkan smartphone dari brand lainnya. Tidak hanya murah, spesifikasi yang diusungnya sangat unggulan sehingga mampu menghasilkan performa yang cepat dan lancar. Berbagai aktivitas berat bahkan bisa dengan mudah dilibas tanpa ditemukannya lag sedikit pun. Tentunya untuk aktivitas yang berat kamu harus memilih HP Xiaomi yang memang dibekali spesifikasi mumpuni.

Baca Juga:

Meskipun punya banyak sekali kelebihan, namun masalah error juga terkadang dialami oleh para pengguna. Salah satu satu masalah error tersebut yakni notifikasi pesan yang tidak muncul, bahkan juga tidak mengeluarkan bunyi sama sekali. Hal seperti ini tentu akan membuat resah para penggunanya. Bagaimana tidak, mereka tidak bisa memberi respon yang cepat ketika ada SMS yang masuk ke HP-nya. Tetapi tenang saja, berikut ini sudah saya rangkumkan bagaimana cara mengatasi notifikasi SMS error di Xiaomi yang mudah dan ampuh. Yuk simak ulasan selengkapnya!

Cara Mengatasi Notifikasi SMS Error di Xiaomi Paling Mudah

Cara Mengatasi Notifikasi SMS Error di HP Xiaomi
Cara Mengatasi Notifikasi SMS Error di HP Xiaomi

Notifikasi SMS sejatinya menjadi pengingat bagi para pengguna jika ada pesan yang sudah masuk. Namun, terkadang pengguna mendapati HP-nya tidak memunculkan notifikasi  meskipun sudah ada pesan yang masuk. Pada kasus lain notifikasi SMS mengalami delay, artinya notifikasi tidak muncul dan tidak bunyi sebelum pengguna membuka aplikasi pesan tersebut. Sebenarnya cukup mudah cara mengatasi notifikasi SMS error di Xiaomi tersebut. Adapun cara untuk mengatasinya, yakni sebagai berikut:

1. Memilih Mode Suara

Cara untuk mengatasi notifikasi SMS tidak muncul dan tidak bunyi yang pertama yakni dengan mengecek mode suara yang dipilih. Baik disengaja ataupun tidak, terkadang HP android disetting ke mode hening atau diam. Jika mode ini dipilih tentunya akan membuat HP tidak bisa mengeluarkan suara ketika ada notifikasi yang masuk. Baik itu notifikasi untuk SMS, chat di WA, dan juga notifikasi dari aplikasi lainnya.

Untuk mengecek mode yang dipilih dan diterapkan pada HP Xiaomi tidak terlalu sulit, yakni:

  • Langkah pertama buka menu Setelan HP android.
  • Setelah itu, masuk ke opsi Suara & getaran.
  • Pada opsi paling atas ada mode pilihan yang bisa kamu atur sendiri. Jika yang dipilih masih mode Hening/Jangan Ganggu, sekarang kamu ubah ke mode Suara.
  • Selesai. Notifikasi bunyi ketika ada pesan atau chat yang masuk sekarang sudah normal kembali.

2. Mengatur Volume Dering

Meskipun mode suara di android sudah dipilih dan diterapkan, jika belum mengaktifkan volume dering maka akan percuma. Ketika ada pesan atau SMS yang masuk HP tetap saja tidak memberikan notifikasi suara atau bunyi. Karena itulah, pastikan kamu sudah mengaktifkan volume HP ke tingkat sesuai yang kamu inginkan.

Untuk mengatur volume dering di smartphone Xiaomi juga sangat mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan atau Setelan di HP Xiaomi.
  • Selanjutnya masuk ke opsi Suara dan getaran.
  • Di halaman ini kamu bisa mengatur sendiri tingkat volume untuk nada dering atau notifikasi. Selain itu, kamu juga bisa mengatur untuk alarm dan volume media.
  • Selesai.

3. Memilih Nada Notifikasi

Semua HP android umumnya dibekali dengan nada bawaan yang biasa digunakan untuk nada dering telepon dan notifikasi. Masing-masing brand punya nada dering bawaan tersendiri, yang pasti suara yang dihasilkan tidaklah sama. Selain itu, jika memang pengguna tidak suka dengan nada dering, maka bisa memilih mode hening atau tanpa suara.

Secara default HP Xiaomi biasanya berada pada pilihan tanpa suara untuk nada dering telepon dan notifikasinya ini. Jadi, kamu perlu mengaturnya sendiri agar ketika ada notifikasi yang masuk maka HP akan mengeluarkan notifikasi bunyi. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah pertama masuk ke menu Setelan di HP Xiaomi.
  • Selanjutnya scroll ke bawah lalu pilih opsi Suara dan getaran.
  • Klik lagi pada opsi Suara notifikasi bawaan. Sekarang kamu bisa memilih sendiri nada dering yang ingin kamu gunakan.
  • Selesai.

4.  Memberi Izin Notifikasi Aplikasi Pesan

Notifikasi SMS yang tidak muncul atau tidak bunyi mungkin saja disebabkan oleh perizinan notifikasi aplikasi yang belum diaktifkan. Hal seperti ini cukup sering dialami oleh pengguna, baik itu karena ulah sendiri atau orang lain yang sudah menonaktifkan perizinan notifikasi aplikasi tersebut.

Jika izin notifikasi untuk aplikasi Pesan tidak diaktifkan, tentunya notifikasi tidak akan muncul di notif bar. Bahkan juga suara atau bunyi notifikasi yang sudah dipilih sebelumnya juga tidak aktif. Agar ini tidak dialami lagi, sekarang kamu cek perizinan notifikasi aplikasi Pesan tersebut. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama masuk ke menu Setelan di HP Xiaomi.
  • Setelah itu pilih opsi Aplikasi terinstall.
  • Di sini akan muncul list aplikasi yang sudah terinstall di HP baik secara default ataupun manual. Sekarang kamu cari dan pilih aplikasi Pesan yang notifikasinya error tadi.
  • Selanjutnya pilih opsi Notifikasi, lalu aktifkan opsi Tampilkan Notifikasi. Di sini kamu juga bisa mengatur opsi tambahan untuk notifikasi SMS sesuai keinginan.
  • Selesai.

5. Menghapus Cache dan Data Aplikasi Pesan

Dan Cara terakhir untuk mengatasi notifikasi SMS tidak bunyi dan tidak muncul yang terakhir yakni dengan menghapus cache dan data aplikasi Pesan. Cara ini diklaim sangat ampuh mengatasi masalah error yang terjadi pada aplikasi Pesan, termasuk notifikasi yang error. Untuk langkah-langkahnya sendiri sebagai berikut:

  • Langkah pertama buka menu Setelan di HP Xiaomi.
  • Selanjutnya pilih opsi Aplikasi terinstall.
  • Cari dan pilih aplikasi Pesan.
  • Klik opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik tombol Hapus Cache dan tombol Hapus Data.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi notifikasi SMS error di Xiaomi yang paling ampuh dan mudah. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat bagi orang lain.