Cara Mengatasi Notifikasi SMS Error di Samsung

Cara Mengatasi Notifikasi SMS Error di Samsung – Samsung merupakan salah satu vendor smartphone yang sangat terkenal di dunia. Hampir semua produk smartphone yang dihadirkannya laris manis di pasaran. HP android Samsung banyak digandrungi karena kecanggihan yang sudah disematkan di dalamnya. Ada banyak sekali fitur canggih dan keren yang disematkan oleh Samsung pada setiap smartphone android besutannya. Tidak hanya itu saja, desain bodinya yang keren dan trendi juga menjadi daya tarik lain bagi para pecinta smartphone.

Cara Mengatasi Notifikasi SMS Error di Samsung
Cara Mengatasi Notifikasi SMS Error di Samsung

Namun, meski sudah sangat canggih dan kaya fitur ternyata masih ada saja masalah error yang dialami oleh pengguna HP Samsung. Salah satu error yang cukup sering terjadi yakni pada sistem notifikasi SMS atau chat. Notifikasi yang sejatinya menjadi pengingat bagi pengguna jika ada chat yang masuk ke HP pengguna. Umumnya notifikasi ini berupa bunyi/suara, getar dan juga tampilan chat di notifikasi bar. Dengan adanya notifikasi seperti ini tentunya pengguna bisa lebih cepat tahu dan melakukan balasan terhadap chat yang telah masuk tersebut.

Baca Juga:

Namun sayangnya ini tidak akan terjadi jika notifikasi SMS atau chat mengalami error. Masalah error tersebut biasanya notifikasi tidak muncul serta tidak memberi notif suara atau bunyi. Hal ini tentunya bakal menjadi masalah yang lebih besar jika chat yang masuk tersebut merupakan chat penting yang butuh respon cepat. Tetapi kamu tidak perlu khawatir, ada kok cara untuk mengatasi masalah notifikasi tidak muncul atau delay tersebut. Berikut cara mengatasi notifikasi SMS error di HP Samsung selengkapnya bisa kamu terapkan.

Cara Mengatasi Notifikasi SMS Error di Samsung Paling Mudah

Cara Mengatasi Notifikasi SMS Error di HP Samsung
Cara Mengatasi Notifikasi SMS Error di HP Samsung

1. Mengecek Mode Suara yang Diterapkan

Cara yang pertama untuk mengatasi masalah notifikasi SMS yang tidak muncul dan tidak bunyi yakni dengan memeriksa mode suara yang dipilih. Mode yang diterapkan pada HP akan mempengaruhi notifikasi yang muncul pada SMS ataupun aplikasi chatting (WhatsApp). Bisa saja kamu lupa atau tidak sengaja mengatur mode suara ke mode hening. Dengan demikian semua notifikasi SMS dan chat yang masuk sudah pasti tidak akan mengeluarkan bunyi atau suara.

Untuk mengecek mode suara tersebut terbilang sangat mudah. Cukup kamu masuk ke menu Pengaturan >> kemudian pilih opsi Suara dan getar >> klik opsi Mode suara >> lalu pilih Suara. Dengan demikian jika ada SMS atau chat yang masuk maka HP akan mengeluarkan bunyi atau suara.

2. Mengecek Volume Dering pada HP

Cara di atas tentunya akan percuma jika kamu ternyata mematikan volume dering pada HP. Entah itu disengaja atau tidak, yang demikian ini akan berpengaruh terhadap notifikasi bunyi atau suara. Meskipun kamu sudah memilih mode suara dan suara notifikasi, hal tersebut terasa percuma jika volume dering HP tidak diatur.

Untuk mengecek volume dering HP sangat mudah. Pertama kamu masuk ke menu Pengaturan atau Setelan HP >> kemudian pilih opsi Suara dan getar >> klik pada opsi Volume >> dan atur sendiri volume untuk Nada dering, Media, Notifikasi dan Sistem. Dengan demikian, maka notifikasi bunyi atau suara ketika ada SMS atau chat yang masuk akan kembali normal.

3. Mengecek Pilihan Suara Notifikasi

Secara default suara notifikasi umumnya akan berada pada pilihan Hening atau Tidak ada. Dengan demikian, tentunya ketika ada notifikasi SMS yang masuk maka HP tidak akan mengeluarkan bunyi atau suara. Karena itulah, kamu perlu mengaturnya dan memilih nada atau suara notifikasi sesuai yang diinginkan.

Cara untuk mengecek dan mengatur suara notifikasi SMS ini juga cukup mudah. Caranya yakni dengan masuk ke menu Pengaturan atau Setelan >> kemudian pilih opsi Suara dan getar >> pilih opsi Suara Notifikasi >> jika HP mendukung Dual SIM maka akan muncul dua pilihan yakni SIM1 dan SIM2, klik salah satu opsi tersebut >> yang sebelumnya pilihan berada di mode Hening, sekarang kamu pindah ke notifikasi suara yang sudah disediakan.

4. Mengecek Izin Aplikasi

Cara mengatasi notifikasi SMS error di Samsung berikutnya yakni dengan mengecek izin aplikasi. Baik disengaja atau pun tidak, terkadang izin aplikasi Pesan di HP untuk menampilkan notifikasi tidak diaktifkan atau diblokir. Dengan begitu, ketika ada SMS yang masuk maka notifikasi tidak akan muncul di HP android.

Untuk mengatasi masalah yang seperti ini, berarti kamu harus memberikan izin pada aplikasi SMS untuk menampilkan notifikasi jika memang ada SMS yang masuk. Caranya sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama masuk ke menu Pengaturan atau Setelan.
  • Pilih opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Pesan atau SMS yang tersedia secara default.
  • Scroll ke bawah, lalu pilih opsi Pemberitahuan.
  • Langkah yang terakhir geser toogle ke kanan pada opsi Tampilkan Notifikasi untuk mengaktifkannya. Ada beberapa pengaturan lanjutan mengenai notifikasi SMS yang masuk. Kamu bisa mengatur opsi tambahan tersebut sesuai keinginan.

5. Menghapus Cache dan Data Aplikasi Pesan

Cara untuk mengatasi notifikasi SMS yang tidak muncul dan tidak bunyi di HP Samsung selanjutnya yakni dengan melakukan penghapusan cache dan data aplikasi. Cache aplikasi umumnya berguna untuk mempercepat loading aplikasi saat momen kedua. Jadi, membuka aplikasi di momen kedua akan lebih cepat dibandingkan saat pertama kali menjalankannya.

Tetapi sayangnya, file cache sering juga menyebabkan HP android mengalami error terutama saat menjalankan aplikasi tertentu. Masalah seperti ini juga bisa terjadi pada aplikasi Pesan atau SMS. Untuk menghapus cache dan data aplikasi Pesan tidaklah sulit, yakni:

  • Langkah pertama buka menu Pengaturan.
  • Selanjutnya pilih opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Pesan.
  • Berikutnya klik opsi Penyimpanan.
  • Dan yang terakhir klik tombol Hapus Cache dan juga Hapus Data.

6. Melakukan Restart HP Android

Cara yang terakhir ini bisa dijadikan opsi alternatif jika cara sebelumnya masih belum bisa mengatasi permasalahan pada aplikasi Pesan. Merestart HP android akan membuat sistem Android kembali normal, sehingga berbagai masalah error ringan bisa diatasi dengan mudah dan efekktif.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi notifikasi SMS error di Samsung yang paling mudah dan ampuh bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat untuk orang lain.