7 Cara Mengatasi Notifikasi LINE Tidak Berbunyi

29

7 Cara Mengatasi Notifikasi LINE Tidak Berbunyi – LINE adalah layanan pesan singkat yang hampir sama dengan WhatsApp. Adapun beberapa layanan sudah tersedia di dalamnya, seperti line today, line shopping, line point, dan lain-lain. Tapi, sama halnya dengan aplikasi lainnya. Pada aplikasi LINE sendiri terkadang masih memiliki error pada beberapa penggunannya, seperti notifikasi LINE yang tidak berbunyi atau muncul. Nah, kalau Anda sebelumnya telah mematikan notifikasi LINE untuk menghindar agar tidak terganggu. Dan lupa menghidupkan notifikasinya kembali. Mungkin ini menjadi salah satu alasan mengapa notifikasi Line tidak muncul.

7 Cara Mengatasi Notifikasi LINE Tidak Berbunyi

Dalam kasus ini, bagi pengguna LINE sebuah notifikasi tentu saja sangat penting, yang berguna sebagai penanda agar pengguna mengetahui bahwa mereka memiliki pesan, panggilan, atau seseorang yang mengundang panggilan video. Apabila notifikasi aplikasi LINE ini tidak berbunyi, hal ini jelas membuat akan membuat kita semakin sulit. Karena sebagai pengguna, kita harus membuka LINE secara langsung untuk melihat apa yang masuk ke akun kita.

Baca Juga:

Mungkin saja notifikasinya datang terlambat, seharusnya notifikasinya langsung masuk, tapi lama sekali sampai ke smartphone kita. Selain memastikan notifikasi belum dimatikan, apa penyebab lainnya? Penyebab lain mungkin termasuk kekacauan dalam file cache LINE yang menunda notifikasi, RAM Android penuh dari beberapa aplikasi yang berjalan, koneksi internet yang lambat, dan faktor lain yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu. Lantas, apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut? Simak terus artikelnya di 7 Cara Mengatasi Notifikasi LINE Tidak Berbunyi.

7 Cara Mengatasi Notifikasi LINE Tidak Berbunyi

Cara yang akan Saya bagikan ini sangatlah mudah untuk di lakukan bagi orang awam sekalipun. Jadi tidak perlu khawatir gagal dan tinggal di sesuaikan saja penerapannya pada aplikasi LINE.

1. Pastikan HP dalam Mode Dering

Terkadang, orang lupa bahwa mereka telah mengaktifkan mode senyap, fitur ini sendiri banyak di jumpai pada smartphone model sekarang seperti merk Redmi, Vivo, Samsung dan masih banyak lagi. Jika Anda mengaktifkan mode ini, Anda tidak akan menerima suara notifikasi LINE. Dalam hal ini, Anda hanya perlu mengaktifkan mode Dering Android Anda. Notifikasi LINE akan berupa suara khas jika Anda mengaktifkan mode Dering di pengaturan mode Android. Ada tiga mode mode Android, yaitu mode getar, mode senyap, dan mode dering.

2. Pastikan LINE Tidak Sedang Berjalan di Background

Untuk memunculkan pop up notifikasi pesan di LINE, periksa apakah aplikasi berjalan di latar belakang atau tidak. Jika tidak, aktifkan dan berikan izin agar aplikasi berjalan di latar belakang, supaya jika ada notifikasi yang masuk akan segera tampil di layar smartphone Anda. Karena apabila di pengaturan HP Anda menolak semua izin pada aplikasi LINE, maka semua aktivitas aplikasi di background tidak akan berjalan termasuk notifikasi yang tidak masuk. Oleh karena itu langkah tepat untuk menyelesaikan masalah ini yaitu coba mengecek apakah pada pengaturan aplikasi pada LINE sudah di berikan izin atau tidak.

3. Paksa Berhenti Aplikasi LINE

Kalau kedua metode di atas tadi masih kurang ampuh, cobalah untuk mematikan paksa aplikasi LINE tersebut. Karena, dengan melakukan hal ini maka aplikasi tersebut akan memuat ulang kembali sistemnya. Sehingga ketika aplikasi LINE nanti di buka lagi, sistem perangkat lunaknya akan kembali normal. Pada dasarnya cara ketiga ini sangatlah sederhana pengerjaannya, yaitu kita hanya perlu memberhentikan paksa aplikasi LINE melalui pengaturan.

Untuk langkah-langkahnya sendiri bisa kamu simak di bawah ini :

  1. Buka Pengaturan pada smartphone kamu.
  2. Kemudian pilih menu Aplikasi.
  3. Cari aplikasi LINE kamu dan tekan tombol Berhenti Paksa.
  4. Jika sudah, keluar dari Pengaturan HP dan buka kembali aplikasi LINE.

4. Pindahkan Aplikasi ke MicroSD

Jika ruang penyimpanan internal HP kamu sudah hampir penuh menunjukan warna merah pada penyimpanannya. Kemungkinan besar itulah penyebabnya. Karena suatu aplikasi tidak akan berjalan fungsinya apabila ruang penyimpanan internal sudah hampir penuh. Android Kitkat dan di atasnya adalah sistem operasi pertama yang tidak mengharuskan pengguna melakukan root untuk bisa memindahkan data aplikasi ke dalam memori eksternal. Memasang ke kartu MicroSD akan menambah memori internal Anda dan melegakan ruang penyimpanan RAM, sehingga dapat mendorong sistem untuk memuat pemberitahuan dari aplikasi LINE secara real time.

5. Update Aplikasi LINE Pada PlayStore

Jika fitur notifikasi LINE sudah aktif dan ternyata masih tidak ada pemberitahuan yang muncul, Anda harus memperbarui aplikasi yang sudah terinstal tersebut. Karena, salah satu yang menyebabkan notifikasi LINE tidak muncul adalah karena update server saat aplikasi masih menggunakan versi lama. Untuk caranya sendiri cukup mudah ya, buka Google Play Store pada smartphone, kemudian cari aplikasi LINE dan tekan tombol Update.

6. Menggunakan LINE Versi Sebelumnya

Kalau cara di atas tadi tidak berhasil pada smartphone kamu, cobalah untuk menggunakan LINE dengan versi yang berbeda. Bisa dengan menggunakna versi 1 atau 2 beda angka sebelumnya. Jadi, misalnya sekarang Anda sedang menggunakan LINE versi 13, maka cobalah untuk beralih ke versi 12 atau 11 yang dapat Anda download APK nya di google. Dengan cara ini biasanya banyak pengguna yang berhasil menyelesaikan permasalahan mereka terhadap error di aplikasi LINE.

7. Restart Ulang HP

Nah, cara terakhir yang bisa kalian coba yaitu dengan melakukan reboot atau restart ulang sistem HP kamu dengan menekan tombol Power sedikit agak lama kemudian pilih Reboot. Biasanya terdapat error pada perangkat lunak aplikasi yang mengakibatkan beberapa fungsinya menjadi tidak berfungsi. Oleh karena itu, mencoba cara ini akan sangat efektif untuk kamu lakukan.

Penutup

Baik itu saja yang dapat saya sampaikan pada judul kita kali ini yaitu 7 Cara Mengatasi Notifikasi LINE Tidak Berbunyi. Jangan lupa untuk membagikan artikel kita yaa.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Status Bar Tidak Bisa Ditarik ke Bawah
Artikel SelanjutnyaCara Keluar dari Mode Fastboot Xiaomi
Hello people :) Perkenalkan nama saya Jimi, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber :) this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini