Cara Mengatasi Netflix Tidak Bisa Dibuka di HP Android

Cara Mengatasi Netflix Tidak Bisa Dibuka – Netflix merupakan salah satu paltform streaming film online paling populer sekarang ini. Penggunanya sangat banyak, mulai dari kalangan anak-anak, remaja bahkan hingga dewasa banyak yang menyukainya. Alasannya, Netflix menyediakan banyak sekali koleksi film yang menarik untuk dijadikan bahan tontonan dalam mengisi waktu luang. Selain koleksi film, Netflix juga menyediakan tontonan serial TV yang pastinya tidak kalah menarik untuk ditonton.

Cara Mengatasi Netflix Tidak Bisa Dibuka
Cara Mengatasi Netflix Tidak Bisa Dibuka

Namun, untuk bisa menonton semua film atau serial TV yang disediakan di Netflix, kamu harus berlangganan terlebih dahulu. Tidak perlu khawatir, berlangganan di Netflix tidak akan membuat isi kantongmu jebol. Menariknya lagi, menjadi pelanggan premium di Netflix memungkinkan kamu mengakses semua fitur keren yang disediakan di dalamnya. Sekarang kamu bisa dengan puas menonton film atau serial TV secara online di mana pun dan kapan pun.

Baca Juga:

Tetapi, terkadang saat ingin menonton atau justru saat menonton film di Netflix, tiba-tiba aplikasinya keluar sendiri. Dan saat ingin dibuka lagi, justru aplikasi Netflix tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Aplikasi Netflix sama sekali tidak bisa dibuka meski sudah dicoba berulang kali. Lantas, bagaimana cara mengatasi Netflix tidak bisa dibuka di smartphone android seperti ini? Untuk informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Netflix Tidak Bisa Dibuka di HP Android

Cara Mengatasi Aplikasi Netflix Tidak Bisa Dibuka
Cara Mengatasi Aplikasi Netflix Tidak Bisa Dibuka

Aplikasi android yang tidak bisa dibuka seperti ini sebenarnya merupakan hal biasa dan memang sering terjadi. Masalah error pada aplikasi tersebut bisa disebabkan oleh banyak faktor, baik itu karena masalah pada sistem android atau justru aplikasi mengalami corrupt. Apapun penyebabnya, yang terpenting di sini bagaimana cara terbaik untuk mengatasi masalah tersebut.

Sama halnya juga yang terjadi pada aplikasi Netflix, di mana terkadang pengguna mendapati aplikasi yang tidak bisa dibuka atau dijalankan. Jika sudah seperti ini tentunya akan menghambat aktivitas menonton film di aplikasi Netflix tersebut. Namun, sebelum lanjut ke cara untuk mengatasinya, ketahui terlebih dahulu apa saja yang menyebabkan masalah error tersebut. Adapun penyebab aplikasi Netflix tidak bisa dibuka selengkapnya, sebagai berikut:

  • Layanan Netflix kena blokir. Salah satu faktor yang menyebabkan aplikasi Netflix tidak bisa dibuka yakni karena terblokir. Di beberapa operator jaringan telah memblokir Netflix, baik di versi aplikasi maupun situsnya. Salah satunya yang memblokir Netflix yakni operator Telkomsel dan Indihome.
  • Penggunaan aplikasi Netflix versi lama. Menggunakan aplikasi Netflix versi lawas biasanya akan ditemukan bug atau corrupt di dalamnya. Inilah tujuan utama dilakukannya update aplikasi, yakni untuk mengatasi bug atau error aplikasi tersebut.
  • Masa berlaku langganan sudah habis. Penyebab lain aplikasi Netflix tidak bisa dibuka yakni langanan premium Netflix yang sudah habis masa berlakunya. Masa berlaku untuk langganan Netflix sendiri biasanya berdurasi 30 hari.
  • Menggunakan akun abal-abal. Di luaran sana banyak yang menawarkan akun Netflix premium yang dibanderol dengan harga lebih murah dibandingkan harga langganannya. Hati-hati, akun abal-abal seperti ini berpotensi membuat aplikasi tidak bisa dibuka lagi.
  • Penggunaan aplikasi VPN. Dan penyebab yang terakhir aplikasi Netflix tidak dapat dibuka yakni karena penggunaan aplikasi VPN yang salah. Terkadang ada beberapa jenis VPN tidak berfungsi dengan baik saat digunakan, sehingga membuat aplikasi Netflix tidak bisa dibuka.

Setelah mengetahui apa saja penyebab aplikasi Netflix tidak bisa dibuka di atas, sekarang lanjut ke cara untuk mengatasi masalah tersebut. Tidak sulit untuk mengatasi masalah error pada aplikasi Netflix. Adapun cara mengatasi Netflix tidak bisa dibuka di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Memperpanjang Masa Aktif Langganan Netflix

Cara yang pertama untuk memperbaiki masalah Netflix tidak bisa dibuka yakni dengan memperpanjang masa berlaku langganannya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, masa berlaku untuk langganan akun Netflix premium yakni selama 30 hari atau satu bulan. Jika masa berlakunya sudah habis, maka tentunya kamu tidak bisa lagi mengakses fitur premium di Netflix.

Adapun langkah-langkah untuk memperpanjang masa aktif langganan akun Netflix premium, yakni:

  • Pertama kamu kunjungi situs Netflix, lalu login dengan akun Netflix-mu.
  • Selanjutnya masuk ke Menu, lalu pilih opsi Akun.
  • Pilih opsi Detail Penagihan untuk mengetahui waktu penagihan serta jenis paket langganan yang kamu miliki.
  • Selanjutnya kamu lanjutkan ke pembayaran paket langganan sesuai jenis pembayaran yang kamu inginkan.
  • Selesai.

2. Melakukan Update Aplikasi Netflix

Mungkin saja aplikasi Netflix yang tidak bisa dibuka disebabkan karena aplikasi yang belum diupdate. Jika memang benar, maka kamu perlu melakukan update aplikasi Netflix ke versi terbaru agar masalah error tidak ditemukan lagi. Tidak hanya bisa mengatasi berbagai bug dan error pada aplikasi, update ke versi terbaru juga memungkinkan kamu mendapatkan fitur terbaru di dalam aplikasi tersebut.

Untuk melakukan update aplikasi Netflix sangat mudah. Cukup kunjungi Google Play Store >> masuk ke opsi Aplikasi & Game Saya >> cari aplikasi Netflix >> klik tombol Update.

3. Menggunakan Aplikasi VPN Terbaik

Alternatif lain untuk mengatasi aplikasi Netflix tidak bisa dibuka yakni dengan menggunakan aplikasi VPN terbaik. Yang dimaksud terbaik di sini yakni VPN yang punya rating tinggi, punya banyak downloader, dan juga punya fitur yang lengkap.

Pastikan kamu hanya menginstall aplikasi VPN dari Google Play Store, tidak dari situs penyedia aplikasi lainnya. Selain itu, lakukan update aplikasi VPN ke versi terbaru jika memang sudah tersedia update-annya.

4. Mengganti Jenis Operator Jaringan Seluler

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu penyebab aplikasi Netflix tidak bisa dibuka karena operator jaringan yang memblokirnya. Untuk solusi dari masalah satu ini yakni dengan mencoba mengganti ke operator jaringan lain.

Atau jika memang tetap ingin menggunakan kartu operator seluler yang sama, maka kamu perlu menggunakan Private DNS di HP android. Mengenai cara menggunakan private DNS di HP android, yakni:

  • Masuk ke menu Pengaturan atau Setelan, kemudian pilih opsi Connections.
  • Selanjutnya klik pada opsi More connections settings.
  • Klik pada opsi Private DNS, lalu isi Private DNS provider hostname: dns.adguard.com.
  • Jika sudah, sekarang klik tombol Save.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi Netflix tidak bisa dibuka di smartphone android yang paling ampuh dan mudah. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?