Cara Mengatasi MicroSD Rusak atau Tidak Terbaca

Cara Mengatasi MicroSD Rusak – Setiap smartphone android biasanya dibekali dengan ROM atau ruang penyimpanan internal. Memori internal ini sendiri berguna untuk menyimpan file sistem dan juga jenis data lain yang diperlukan. Aplikasi yang diinstall di smartphone android, datanya juga disimpan di memori internal ini.

Cara Mengatasi MicroSD Rusak

Kapasitas memori internal pada sebuah smartphone android berbeda-beda, mulai dari 8GB, 16GB, 32GB, 64GB dan seterusnya. Tetapi terkadang, kapasitas memori internal dirasa kurang cukup untuk menyimpan berbagai data atau file penting. Karena itulah, microSD menjadi alternatif lain sebagai ruang penyimpanan tamabahan di ponsel.

Baca Juga:

Meski cukup berguna untuk memperluas kapasitas penyimpanan ponsel, terkadang microSD juga mengalami berbagai masalah. Salah satu masalah microSD yang sering dialami pengguna adalah microSD rusak atau tidak terbaca. Tetapi tenang saja, pada artikel ini saya sudah merangkumkan bagaimana cara mengatasi microSD rusak atau tidak terbaca yang paling mudah dan ampuh. Yuk simak informasi selengkapnya!

Cara Mengatasi MicroSD Rusak atau Tidak Terbaca

Cara Mengatasi MicroSD Tidak Terbaca

MicroSD yang rusak pasti sangat merepotkan, apalagi di dalamnya tersimpan berbagai data penting yang tidak ada salinan file-nya. Beberapa pengguna mungkin akan langsung berpikir kalau microSD yang rusak tersebut sudah tidak dapat diberbaiki lagi. Mengganti dengan microSD baru adalah solusi yang dianggap paling tepat.

Padahal tidak sepenuhnya cara tersebut benar, microSD yang rusak atau tidak terbaca masih bisa diperbaiki lagi. Dengan begitu, kamu tidak perlu membeli microSD baru untuk penyimpanan tambahan di ponsel. Mengenai cara mengatasi microSD rusak atau tidak terbaca, di antaranya:

1. Membersihkan microSD dengan penghapus pensil

Cara mengatasi microSD rusak atau tidak terbaca yang pertama adalah dengan membersihkan microSD. Lebih tepatnya pembersihan dilakukan pada bagian tembaga atau kuningan di micro SD. Mungkin saja microSD tidak terbaca atau rusak dikarenakan adanya kotoran yang menempel di bagian tersebut.

Untuk cara membersihkannya sendiri tidak boleh sembarangan, perlu alat khusus untuk kamu manfaatkan yakni setip atau penghapus pensil. Memang terkesan agak aneh, tapi memang penghapus pensil cukup ampuh membersihkan bagian tembaga microSD tanpa membuatnya tergores.

Bersihkan secara perlahan kuningan atau bagian tembaga dari microSD dengan penghapus pensil tersebut. Jika dirasa sudah cukup bersih, selanjutnya kamu bisa mencoba memasang microSD ke ponsel kembali. Biasanya microSD yang sebelumnya tidak terbaca, kini sudah bisa digunakan seperti semula.

2. Cek slot microSD di HP android

microSD yang tidak terbaca oleh ponsel mungkin saja bukan disebabkan karena kerusakan pada microSD , melainkan pada slot ponsel itu sendiri. Mungkin saja slot microSD pada ponsel terdapat kotoran atau debu sehingga membuatnya tidak bisa membaca microSD. Cobalah untuk membersihkan bagian tersebut dengan kuas halus atau alat khusus pembersih komponen smartphone.

Selain itu, untuk memastikan apakah slot microSD di ponsel dalam keadaan baik atau tidak bisa dengan memanfaatkan microSD lain. Pasangkan microSD yang masih normal ke slot microSD di ponsel. Jika memang tetap tidak bisa membaca microSD, berarti bisa dipastikan slot microSD di ponsel mengalami masalah.

3. Cek kerusakan microSD melalui PC

Cara mengatasi microSD rusak atau tidak terbaca selanjutnya adalah dengan mengeceknya melalui perangkat PC. Siapkan perangkat PC lalu hubungkan smartphone yang terpasang microSD rusak menggunakan kabel data. Atur supaya smartphone yang terhubung dengan PC berada pada Mass Storage Mode atau MSC. Selain menyambungkan melalui smartphone, kamu juga bisa memanfaatkan adaptor sebagai penghubung PC dengan microSD yang rusak tadi.

Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan pengecekan kerusakan microSD melalui PC, di antaranya:

  • Pada perangkat PC, kamu buka Windows Explore. Pastikan microSD sudah terbaca oleh PC. 
  • Pada Drive kartu microSD, kamu klik kanan kemudian pilih menu Properties.
  • Nanti akan muncul pop up untuk melakukan berbagai setting pada microSD. Pada halaman tersebut kamu klik menu Tools.
  • Kemudian, pilih tombol Error Checking.
  • Lakukan Scan dan tunggu prosesnya hingga selesai.
  • Jika sudah, lepaskan microSD dari adaptor dan pasang kembali ke smartphone android. Biasanya microSD sudah normal dan bisa digunakan kembali seperti biasa.

4. Melakukan format microSD melalui PC

Jika cara di atas masih belum bisa memperbaiki microSD yang rusak, cara ini bisa kamu lakukan selanjutnya. Mem-format microSD diklaim bisa mengatasi berbagai masalah atau kerusakan yang terjadi. Mungkin saja microSD yang rusak atau error disebabkan oleh adanya virus atau malware yang ada di dalamnya sehingga melakukan format menjadi cara terbaik untuk mengatasinya. Untuk langkah-langkahnya sendiri sebagai berikut:

  • Pertama kamu hubungkan microSD dengan perangkat PC melalui adaptor microSD khusus.
  • Setelah itu, klik kanan pada Drive microSD.
  • Kemudian kamu pilih menu Format.
  • Akan muncul halaman pop up baru, pada opsi File System kamu atur ke mode format FAT32.
  • Lanjutkan dengan klik tombol Format. Jangan lupa untuk centang pada tulisan Quick Format agar proses format menjadi lebih cepat.
  • Tunggu proses format hingga selesai.

Dengan cara ini biasanya microSD yang error atau rusak bisa kembali normal dan digunakan seperti biasa. Jika terdapat file penting di dalamnya, sebaiknya kamu lakukan backup terlebih dahulu sebelum memformat microSD.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi microSD rusak atau tidak terbaca di smartphone android bisa coba kamu terapkan. Jika sudah melakukan cara di atas namun microSD tetap tidak bisa digunakan, mungkin kerusakan yang terjadi sudah cukup parah. Kamu perlu menggantinya dengan microSD yang baru lagi.