Cara Mengatasi dan Mengetahui Akun Facebook Yang di Sadap

Cara Mengatasi dan Mengetahui Akun Facebook Yang di Sadap – Facebook merupakan suatu media sosial yang sudah menjadi wadah penyimpanan hal-hal berbau privasi bagi sebagian orang, seperti foto, dokument, data pribadi, dan lain-lain. Alangkah tidak nyamannya jika ada orang yang diam-diam telah mengetahui password akun kita walaupun ia tidak melakukan pembajakan akun. Pastinya setiap pengguna FB khawatir akan adanya tindakan kejahatan seperti ini. Sebab mungkin saja ada maksud lain dari si pelaku tersebut, contoh penyalah gunaan identitas untuk melakukan penipuan mengatas namakan akun kita.

Cara Mengatasi dan Mengetahui Akun Facebook Yang di Sadap

Cara Mengatasi dan Mengetahui Akun Facebook Yang di Sadap

Oleh sebab itulah penting untuk kamu ketahui bagaimana caranya supaya dapat mengetahui apakah sudah ada orang yang secara sembunyi telah berhasil masuk kedalam akun itu, atau memang tidak ada sama sekali. Alangkah baiknya kalian melakukan pencegahan terlebih dahulu, sebelum nanti muncul masalah-masalah yang tidak semestinya terjadi. Tapi tenang, dari pihak Facebook sendiri sudah memberikan banyak fitur keamanan yang membuat kita juga dapat dengan mudah untuk mengaksesnya. Yang mana pada semua pemilik akun bisa melakukan pengecekan dalam aktivitas login FB ke perangkat lain.

Baca Juga:

Mulai dari lokasi perangkat, waktu ketika masuk, dan nama perangkat keras yang digunakan oleh si penyadap bisa anda lihat semua pada halaman security akun. Selain akan membahas bagaimana cara menggunakan fitur keamanan dari Facebook tadi, kalau memang sudah terindikasi adanya penyadapan, maka hal yang perlu kita bahas yaitu cara mengatasinya. Bagi kamu yang ingin sekali mempelajari tutorialnya tenang, kedua pembahasan tersebut sudah saya rangkum lengkap di dalam artikel kali ini.

Cara Mengatasi dan Mengetahui Akun Facebook Yang di Sadap

Untuk mengantisipasi penyalah gunaan data pribadi dan hal buruk lainnya, penting untuk kalian lakukan pengecekan rutin dan memahami bagaimana langkah yang harus diambil jika memang sudah terbukti disadap. Berikut dibawah ini rangkuman yang bisa untuk anda pelajari dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Tips Mengetahui Akun Facebook Yang di Sadap

Jangan pernah berpikir bahwa account sosial media kalian sudah benar-benar aman sebelum memasang proteksi keamanan dari aplikasi itu sendiri atau yang lainnya. Sebab dimasa sekarang ini semakin banyak oknum iseng yang berusaha untuk mendapatkan data pribadi orang lain demi kepentingan mereka dan tindak kejahatan lainnya.

Simak tutorial lengkap cara melihat aktivitas login pada account FB:

  1. Buka aplikasi Facebook dalam smartphone anda
  2. Sentuh menu garis tiga di sudut kanan atas tepatnya dibawah logo messenger
    langkah 1
  3. Lalu klik Pengaturan & Privasi, kemudian pilih Pengaturan
    langkah 2
  4. Tekan opsi Keamanan dan Login
    langkah 3
  5. Pada menu Tempat Anda Login, klik Lihat Semua
    langkah 4
  6. Setelah itu maka akan tampil seluruh brand HP dan Komputer yang pernah masuk kedalam akun tersebut, lengkap dengan tanggal, jam, dan wilayah negara.

Jika pada tampilan langkah di atas tak terindikasi penyadapan seperti tidak adanya informasi akses akun selain dari perangkat keras kamu, maka tidak usah lagi untuk menerapkan step by step untuk memberantas hacker tersebut di bawah. Langsung saja loncat ke bagian proteksi akun yang sudah terangkum lengkap di bagian selanjutnya dari langkah berikut.

Tips Mengatasi Facebook Yang Tersadap

Jika memang terbukti bahwa ada aktivitas yang mencurigakan dalam akun kalian, maka wajib untuk melakukan tindakan keamanan dan pencegahan yang ada. Setelah itu, alangkah baiknya langsung di pasang proteksi yang sebelumnya sudah tersedia oleh layanan Facebook itu sendiri, jadi tinggal kita aktifkan saja untuk pencegahan dari hacker yang akan datang.

Berikut dibawah ini langkah-langkah dalam mengamankan akun Facebook:

  1. Buka menu Pengaturan pada app FB milikmu
  2. Klik pilihan Keamanan dan Login
  3. Pada opsi Tempat Anda Login, tekan Lihat Semua
  4. Gulir sampai ke bagian bawah sekali
    langkah 5
  5. Tekan KELUAR DARI SEMUA SESI, secara otomatis semua perangkat yang terhubung pada akun ini akan keluar dengan paksa
  6. Kembali kedalam menu Keamanan dan Login
    langkah 5.5
  7. Dan pilih opsi Ubah Kata Sandi untuk segera merubah password punya anda.

Proteksi Akun Facebook

Kalau sudah merubah kata sandi, langsung segera terapkan proteksi yang sudah tersedia dalam menu keamanan dan login. Cara ini dilakukan agar jika nantinya terdapat indikasi masuk paksa kedalam akun maupun sudah berhasil masuk, maka secara langsung kamu bisa mengetahuinya dari notif yang di dapat. Selain itu, supaya tidak gambang di bobol, kita juga dapat memasang keamanan lainnya.

Langkah-langkah dalam memproteksi account sosial media Facebook:

  1. Kembali lagi masuk ke menu Keamanan dan Login
    langkah 6
  2. Gulir sedikit ke bawah sampai anda menemukan opsi Autentikasi Dua-Faktor lalu klik
    langkah 7
  3. Setelah tampil lembar halaman baru seperti gambar di atas, tinggal kamu klik saja Mulai
  4. Lanjut dengan mengaktifkan notifikasi, kembali ke menu Keamanan dan Login
    langkah 8
  5. Scroll sedikit kebawah dan tekan pilihan Dapatkan Peringatan Tentang Login Tidak Dikenal
    langkah 9
  6. Pada halaman selanjutnya kalian bebas mau mengaktifkan pilihan mana untuk menerima notifikasi peringatan masuk.

Penutup

Sekian dulu pembahasan kita kali ini, semoga dapat membantu dalam mengamankan akun Facebook milik kalian. Jangan lupa share artikel ini, atau juga bisa di bookmark agar anda tidak ketinggalan informasi menarik lainnya.