Cara Mengatasi Memori Android Penuh Tanpa Sebab

Cara Mengatasi Memori Android Penuh Tanpa Sebab – Pernah mengalami memori smartphone yang tanpa sebab penuh seketika tanpa anda ketahui? Dimana hal tersebut akan sangat mengganggu ketika kita sedang melakukan download kemudian secara tiba-tiba terhenti dan muncul sebuah notif yang bertuliskan kurang lebih seperti “Ruang Penyimpanan Tidak Tersedia”. Kehadiran dari notifikasi tersebut sebenarnya bukan lah disebabkan oleh sistem error, melainkan hanya suatu pesan peringatan yang menandakan bahwa memory internal yang kamu miliki sudah tidak mencukupi lagi untuk menyimpan file baru, sehingga android sistem langsung mengantisipasi untuk terhindar dari kegagalan sistem yang bisa disebabkan oleh penuhnya memori.

Cara Mengatasi Memori Android Penuh Tanpa Sebab

Cara Mengatasi Memori Android Penuh Tanpa Sebab

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tuntas mengenai bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Akan tetapi alangkah baiknya sebelum kita mengulas masalah itu lebih dalam, untuk mengetahui terlebih dulu apa itu memory internal pada hp. Memori internal adalah memory yang dapat secara langsung di akses oleh program processor, biasanya dalam memori itu akan berisikan data, file dan program yang di butuhkan dalam pengolahan perangkat lunak semua sistem yang ada. Dari fungsi memori utama ini sendiri merupakan untuk menyimpan data dari peranti masukan lalu dikirim ke Arithmetic and Logic Unit untuk di proses sebelum dikirimkan lagi ke peranti keluaran.

Baca Juga:

Faktor-faktor penyebab memory hp menjadi gampang sekali penuh biasanya itu dikarenakan sudah terlalu banyak jumlah aplikasi yang sudah terinstall, selain itu juga cache file hasil dari aplikasi seperti game serta browser yang jarang sekali di bersihkan. Dan tak sering juga kita suka melalaikan hal sepele seperti aktifitas menyimpan gambar, lagu, dan video secara berlebihan. Untuk menyimpan file-file pribadi kita seperti yang sudah saya sebutkan tadi memanglah penting untuk memisahkannya dari memori internal hp ke dalam ruang penyimpanan SDcard, dimana dengan ada nya penyimpanan baru tersebut akan sangat membantu dalam hal mengelola beberapa file agar lebih bisa melonggarkan ruang si internal.

Cara Mengatasi Memori Android Penuh Tanpa Sebab

Kalau memang kalian sudah sangat merasa kesal dan ingin menyelesaikan masalah ini maka wajib untuk melakukan beberapa tips jitu yang sudah saya rangkum di bawah berikut ini.

1. Memindahkan File Aplikasi ke SD Card

Kalau sebelumnya terlintas di benak kamu untuk menghapus saja aplikasi yang tidak berguna di dalam hp agar bisa melonggarkan ruang internal, maka sebelum itu coba lah melakukan pemindahan file dari aplikasi internal ke dalam folder eksternal. Seperti sudah kita ketahui memang semua apl yang terinstall dari Google Playstore pasti secara default akan menyimpan data pada memory internal hp, oleh sebab itulah jika semakin banyak apl kita install maka akan semakin bertambah juga pemakaian ruang dari internal. Namun anda jangan lagi khawatir, karena terdapat beberapa aplikasi yang memang bisa untuk kita pindahkan folder filenya kedalam memori eksternal, dimana dengan ada nya hal tersebut akan mengurangi beban dari ruang sebelumnya.

Berikut di bawah ini langkah-langkah untuk memindahkan file aplikasi dari internal kedalam eksternal:

  1. Langkah pertama membuka menu Pengaturan atau Setting
  2. Kemudian tap opsi Setelan Tambahan, lalu klik pilihan Manajemen Aplikasi
  3. Setelah itu lanjut dengan memilih aplikasi mana saja yang bisa atau mau di pindahkan filenya
  4. Tap jika sudah anda tentukan mau memindahkan yang mana, maka lanjut dengan menekan opsi Pindahkan ke SD Card.

Apabila cara di atas tidak berfungsi, cobalah menggunakan cara manual di bawah berikut:

  1. Pertama, kamu harus memastikan dulu file apl mana yang mau di pindahkan
  2. Lalu carilah folder apl yang bersangkutan di dalam folder Android/Obb dari memori internal, contoh: /Android/obb/com.rockstargames.gtasa
  3. Lanjut dengan melakukan Copy folder tadi
  4. Dan Pastle ke dalam folder Obb yang terdapat di SD Card, Contoh: MicroSd/Android/obb/com.rockstargames.gtasa.

2. Membersihkan File Cache

File cache merupakan wadah penempatan sementara sebuah data yang menggunakan ruang pada memori internal smartphone, dimana ia akan timbul pada saat ketika kita sedang menjalankan aplikasi tertentu yang dalam proses kerjanya membutuhkan ruang sementara untuk data mereka. Misalnya saja yaitu seperti aplikasi Youtube, Facebook, dan Browser. Jadi, semakin lama kita menjalankan apl itu maka akan semakin banyak juga data cache yang akan masuk kedalam internal, dan tidak akan hilang pada waktu singkat kalau tidak kita bersihkan langsung. Bagaimana cara membersihkan data cache? cukup simple, download aplikasi berupa pembersih sampah seperti CCleaner atau lain sebagainya.

Untuk cara manual menghapus data cache bisa anda lihat langkah-langkahnya berikut di bawah ini:

  1. Buka menu Setting atau Pengaturan pada layar smartphone kamu
  2. Tap pada opsi Setelan > lalu Manajemen Aplikasi
  3. Kemudian memilih aplikasi mana yang mau anda hapus data cache nya, kalau sudah tinggal tap untuk buka
  4. Setelah itu tekan lah opsi Hapus Cache

3. Menghapus Logcat/Dumpstate

Langkah ketiga ini bisa kalian coba yaitu dengan cara menghapus data berupa logcat atau dumpstate, bertujuan agar data log yang tersimpan pada memori internal hp anda terhapus, biasa nya terletak di dalam folder bernama /data/log. Sebenarnya data log ini merupakan file sampah yang muncul ketika kita beraktifitas menggunakan aplikasi pada hp, dan data log tersebut hanya dapat di hapus secara langsung tanpa menggunakan apl tambahan, kecuali jika sebelumnya hp anda sudah di root. Dan yang perlu kalian ketahui lagi adalah bahwa setiap smartphone cara nya berbeda-beda untuk dapat menghapus dumpstate logcat tersebut.

Berikut di bawah ini cara untuk menghapus file logcat/dumpstate:

  1. Buka menu Telepon pada hp kalian
  2. Lalu ketikan dial *#7780# atau *2767*3855# pilih salah satu. Khusus untuk hp Samsung tekan dial *#9900#
  3. Jika muncul tampilan SysDump, kemudian tekan pilihan Delete dumpstate/logcat

4. Mengubah Folder Penyimpanan Foto Kamera

Pada era smartphone sekarang ini rata-rata sudah memiliki kamera yang super canggih tidak kalah dengan kamera biasanya, dimana dengan kamera canggih yang bisa menghasilkan foto tajam itu juga bisa memiliki size hingga mencapai 4 MB. Kalau kalian dari awal tidak menyadari hal ini, maka tentu saja semua foto hasil kamera hp anda sangat membebankan raung dari memori internal hp tersebut.

Agar dapat menyelesaikan masalah ini kamu cukup menerapkan langkah di bawah berikut:

  1. Langkah awal yaitu jelas kita harus membuka aplikasi Kamera terlebih dahulu
  2. Masuk lah kedalam menu Pengaturan pada apl kamera tersebut yang biasanya berlogo gerigi
  3. Lalu cari dan tap lah opsi pengaturan bertuliskan Lokasi Penyimpanan
  4. Jika sudah di tap, ubah lah lokasi penyimpanan menjadi SD Card.

Penutup

Baiklah itu dia tadi 4 cara yang saya pribadi sendiri telah menggunakannya, dan terbukti berhasil dalam mengatasi memori internal penuh pada ponsel yang kita punya. Sebelum beranjak dari artikel ini, alahkah baiknya untuk terlebih dulu anda bagikan link artikel ini kedalam akun sosial media anda, agar dengan ada nya halaman ini akan dapat membantu lebih banyak orang di luar sana. Terimakasih.