Cara Mengatasi Memori Card Tidak Terbaca di Android

Cara Mengatasi Memori Card Tidak Terbaca – HP android memiliki banyak sekali fungsi atau kegunaan. Umumnya kehadiran HP android mampu mempermudah berbagai aktivitas harian penggunanya. Hal ini pastinya tidak luput dari dukungan fitur canggih yang disematkan di dalamnya. Ditambah lagi dengan dukungan spesifikasi komponen yang handal, menghasilkan performa kinerja yang mumpuni. Hampir semua tipe HP sekarang ini didukung dengan spesifikasi handal seperti ini. Meskipun demikian, hal tersebut justru tidak membuat harga banderolnya semakin mahal, justru sebaliknya.

Cara Mengatasi Memori Card Tidak Terbaca
Cara Mengatasi Memori Card Tidak Terbaca

HP android ini sendiri terdiri dari berbagai komponen pendukung. Salah satunya yang punya fungsi cukup krusial yakni memori. Memori ini sendiri berfungsi sebagai tempat penyimpanan data atau file. Baik itu file media (foto, video, audio) ataupun data sistem android. Memori terbagi menjadi 2 jenis, yakni memori internal dan eksternal. Memori internal biasanya langsung tertanam di dalam HP android. Sementara memori eksternal merupakan penyimpanan tambahan yang biasanya dijual terpisah dengan HP android.

Baca Juga:

Berbicara mengenai memori eksternal untuk android atau microSD umumnya memiliki beberapa varian kapasitas. Mulai dari memori dengan kapasitas 2GB, 4GB, 8GB, 12GB, dan seterusnya. Semakin besar kapasitas memori, pastinya membuatnya mampu menyimpan lebih banyak file atau data. Namun, terkadang pengguna android mengalami masalah pada memori card atau microSD yang digunakannya. Salah satu masalahnya yakni memori card yang tidak terdeteksi atau terbaca oleh HP. Lantas, bagaimana cara mengatasi memori card tidak terbaca tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Penyebab Memori Card Tidak Terbaca di Android

Penyebab Memori Card Tidak Terbaca di Android
Penyebab Memori Card Tidak Terbaca di Android

Sebelum lanjut ke cara mengatasi memory card tidak terbaca, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja yang menyebabkan masalah tersebut. Ada banyak hal yang menjadi faktor utama memori card atau microSD tidak terdeteksi di HP android. Mungkin saja beberapa dari kalian sama sekali tidak menyadari hal tersebut, sehingga tetap melakukannya.

Adapun penyebab memori card tidak terbaca selengkapnya, sebagai berikut:

1. Penggunaan yang Sudah Terlalu Lama

Salah satu penyebab kartu SD atau memori card tidak terbaca di HP yakni faktor usia. Sama halnya seperti barang elektronik lainnya, memori card juga memiliki batas umurnya sendiri. Jika penggunaan memori card yang sudah terlalu lama, tidak heran apabila ia sering mengalami masalah error. Salah satunya ya tidak bisa terbaca atau terdeteksi oleh sistem android.

2. Bagian Kuningan Memori Card Tergores

Bagian terpenting dan perannya sangat krusial pada memori card yakni bagian kuningannya. Kuningan tersebut dibutuhkan untuk membaca dan mengakses file atau data yang tersimpan di dalamnya. Jika bagian kuningan memori card tersebut rusak atau tergores, pastinya masalah pembacaan akan mengalami kendala.

Komponen hardware smartphone android tidak lagi bisa membaca dan mengakses isi yang ada di dalamnya.

3. Partisi Memori Card Error

Faktor lain yang bisa menyebabkan memori card tidak terbaca di HP android yakni terjadi error pada partisinya. Partisi memori card juga sangat penting perannya, dan jika mengalami masalah tentunya HP tidak akan bisa lagi membacanya.

4. Sering Memindahkan Memori Card

Inilah salah satu kebiasaan pengguna android dalam hal penggunaan memori card. Tidak jarang mereka memindahkan memori card dari satu HP ke HP android lainnya. Jika hal ini dilakukan terlalu sering, pastinya akan membuat memori card error. Error pada memori card tersebut bisa terjadi di bagian software maupun hardware-nya.

5. Pemosisian Memori Card yang Kurang Pas

Cara memasang memori card ke slot microSD di HP android perlu diperhatikan betul. Jika posisinya kurang pas, alhasil akan membuat HP tidak bisa mendeteksi atau membacanya. Tidak hanya itu saja, hal ini juga bakal mengakibatkan kerusakan pada bagian slot kartu SD di HP android.

6. Slot Memori Card di HP Bermasalah

Kartu SD atau memori card yang tidak terbaca tidak melulu disebabkan karena adanya kerusakan pada memori card. Bisa juga hal tersebut dikarenakan slot memori card di HP androidlah yang bermasalah. Mungkin saja karena jarum yang ada di dalam slot bengkok atau tumpul, sehingga tidak bisa membaca memori card secara sempurna.

Cara Mengatasi Memori Card Tidak Terbaca di HP

Setelah mengetahui apa saja yang menyebabkan memori card tidak terbaca, sekarang lanjut ke cara untuk memperbaikinya. Adapun langkah-langkah mengatasi memori card tidak terbaca selengkapnya, sebagai berikut:

1. Coba Pindahkan Memori Card ke HP Lain

Cara pertama ini sebenarnya bukan langkah untuk memperbaiki memori card yang error, melainkan hanya untuk identifikasi masalah. Cobalah untuk memindahkan memori card ke HP android lain. Apakah memori card terbaca atau justru sama-sama tidak bisa dideteksi oleh perangkat HP lain?

Jika memang memori card terbaca di HP lain, itu artinya masalah terjadi pada HP androidmu. Entah itu slot microSD HP yang bermasalah atau sistem android yang mengalami error. Atau jika memori card tetap tidak terbaca, berarti masalah memang benar-benar berasal dari memori card tersebut.

2. Memastikan Posisi Memori Card Sudah Pas

Untuk mengatasi memori card yang tidak terbaca, cobalah untuk mengeluarkan memori card tersebut. Setelah itu, pasang kembali secara perlahan dan memperhatikan betul posisinya. Pastikan posisi memori card sudah pas di dudukan slot memori card.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, posisi memori card yang kurang pas saat dipasang pada slot microSD maka akan membuatnya tidak terbaca.

3. Membersihkan Kuningan Memori Card dengan Karet Penghapus

Mungkin menurut kalian cara ini terbilang agak aneh, namun justru cara ini cukup efektif untuk memperbaiki memori card tidak terdeteksi. Kamu bisa menggunakan karet penghapus pensil untuk membersihkan bagian kuningan pada memori card.

Gosok-gosok kuningan memori card tersebut secara perlahan hingga bersih dari debu atau kotoran yang menempel lainnya. Jika dirasa sudah bersih, sekarang pasang kembali memori card tersebut.

4. Melakukan Format Memori Card

Cara mengatasi memori card tidak terbaca berikutnya yakni dengan melakukan pem-formatan memori card. Untuk melakukan format microSD, kamu bisa menggunakan bantuan perangkat PC atau laptop.

Kamu bisa menggunakan card reader untuk memasangkan memori card dan dihubungkan ke perangkat PC atau laptop. Lakukan format memori card seperti biasa dan coba pasang kembali memori ke HP android.

5. Melakukan Factory Reset HP Android

Cara satu ini bisa kalian terapkan jika masalah error memang terjadi pada HP android. Sudah dicoba menggunakan memori card lain ternyata HP tetap saja tidak bisa membacanya. Dengan factory reset umumnya berbagai masalah error pada sistem android bisa terselesaikan.

Untuk melakukan factory reset HP android sangat mudah. Kamu bisa masuk ke menu Pengaturan >> Manajemen umum >> Reset >> Reset data pabrik.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi memori card tidak terbaca di HP android yang bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?