5 Cara Mengatasi Lupa Kunci Aplikasi Xiaomi Paling Mudah

Cara Mengatasi Lupa Kunci Aplikasi Xiaomi – Setiap pengguna pasti punya privasi tersendiri di dalam smartphonenya. Entah itu untuk urusan bisnis, percintaan atau hal yang lainnya. Yang pasti ia tidak ingin jika privasinya tersebut diakses oleh orang lain. Untuk melindungi privasi seseorang di dalam smartphone, khususnya android biasanya mereka menggunakan yang namanya fitur pengunci. Fitur lock atau kunci ini bisa diterapkan pada smartphone itu sendiri atau juga pada sebuah aplikasi.

Cara Mengatasi Lupa Kunci Aplikasi Xiaomi
Cara Mengatasi Lupa Kunci Aplikasi Xiaomi yang Mudah

Kebanyakan smartphone android sekarang ini sudah dibekali dengan fitur keamanan, mulai dari pola atau sandi, sidik jari atau juga face unlock. Selain fitur keamanan bawaan, kamu juga bisa menemukan aplikasi lock pihak ketiga yang disediakan di Google Play Store. Dengan aplikasi ini kamu bisa mengunci aplikasi tertentu yang sudah diinstall sebelumnya di smartphone.

Baca Juga :

Mengunci aplikasi sebenarnya bisa dilakukan disemua merek HP, termasuk juga HP Xiaomi. Tapi apa jadinya jika kamu justru lupa dengan kunci aplikasi yang dibuat sebelumnya. Inginnya aplikasi aman dari tangan-tangan jahil, justru menjadi boomerang sendiri untuk kamu karena tidak bisa membukanya. Tenang saja, pada artikel ini saya akan membahas secara lengkap bagaimana cara mengatasi lupa kunci aplikasi Xiaomi yang mudah diterapkan.

Cara Mengatasi Lupa Kunci Aplikasi Xiaomi

Lupa kunci aplikasi di HP Xiaomi khususnya memang hal yang wajar. Apalagi jika kamu sangat jarang membukanya, lupa kunci atau password aplikasi tidak jarang dialami. Sebenarnya sangat mudah untuk cara mengatasi lupa kunci aplikasi Xiaomi, bahkan bagi kamu yang masih pemula sekalipun. Berikut ini setidaknya ada 5 cara membuka kunci aplikasi Xiaomi yang bisa kamu terapkan, antara lain :

1. Gunakan fitur lupa password

Cara mengatasi lupa kunci aplikasi Xiaomi yang pertama adalah dengan memanfaatkan fitur lupa kata sandi atau forgot password. Cara kerjanya yakni dengan pihak penyedia keamanan aplikasi akan mengirimkan kata sandi ke alamat email yang digunakan. Meski begitu, ada tahapan yang harus kamu lakukan jika ingin mengetahui kata sandi. Kamu harus menjawab pertanyaan pemulihan yang mana sudah kamu atur sendiri sebelumnya.

Dengan segera pihak keamanan aplikasi akan mengirimkan kata sandi ke alamat email. Refresh email jika memang kata sandi atau password belum juga dikirimkan.

2. Melakukan hapus data aplikasi pengunci

Cara satu ini berlaku jika kamu menggunakan aplikasi pengunci khusus di android. Jika lupa kata sandi yang dibuat, kamu tinggal menghapus semua data aplikasi keamanan tersebut. Dengan begitu, aplikasi pengunci atau keamanan kembali direset seperti waktu pertama kali diinstall.

Cara menghapus data aplikasi keamanan tersebut sangat mudah. Kamu tinggal buka menu Setting >> lalu klik pada opsi Aplikasi / Aplication >> kemudian cari dan klik aplikasi pengunci >> selanjutnya klik Paksa Berhenti / Force Close >> Buka bagian Penyimpanan lalu klik Hapus Data dan Hapus Cache.

3. Menon-aktifkan aplikasi pengunci

Cara mengatasi lupa kunci aplikasi aplikasi Xiaomi berikutnya adalah dengan menon-aktifkan fitur dari aplikasi pengunci itu sendiri. Menon-aktifkan aplikasi pengunci bisa kamu lakukan melalui Administrator Perangkat. Dengan menon-aktifkan aplikasi pengunci tersebut, tentu aplikasi lain yang sebelumnya dikunci akan bisa dibuka kembali tanpa harus mengingat kata sandi atau kuncinya lagi.

Cara menon-aktifkan aplikasi pengunci sendiri bisa kamu lakukan dengan membuka menu Setting >> kemudian pilih opsi Keamanan / Security >> setelah itu scroll dan klik pada opsi Administrator Perangkat / Device Administrator >>  terakhir hilangkan centang pada aplikasi pengunci tadi.

4. Menghapus atau Meng-uninstall aplikasi pengunci

Hampir sama dengan cara sebelumnya, intinya disini kita akan menghilangkan fungsi dari aplikasi pengunci. Bedanya, cara yang satu ini justru bukan hanya fungsinya saja yang dihilangkan melainkan beserta aplikasi penguncinya. 

Caranya sangat mudah, cukup tekan beberapa detik aplikasi pengunci hingga muncul beberapa opsi aplikasi. Pilih Uninstall, kemudian tunggu proses pencopotan aplikasi selesai. Atau bisa juga dengan masuk ke menu Pengaturan >> lalu klik pada opsi Aplikasi >> cari dan klik aplikasi pengunci >> dan terakhir pilih Uninstall.

5. Melakukan reset password melalui Mi Cloud

Dan cara mengatasi lupa kunci aplikasi Xiaomi yang terakhir adalah dengan melakukan reset kata sandi. Mungkin kamu masih bingung bagaimana cara melakukan reset kata sandi Xiaomi. Untuk hal ini kamu bisa memanfaatkan Mi Cloud untuk melakukannya.

Caranya cukup mudah, kamu tinggal masuk ke alamat situs resmi Xiaomi menggunakan perangkat lain. Setelah itu, klik pada menu Find Device lalu pilih opsi Lock atau Kunci. Selanjutnya pilih reset password dan menggantinya dengan password atau kata sandi baru.

Penutup

Baiklah itu tadi cara mengatasi lupa kunci aplikasi Xiaomi paling mudah bisa kamu terapkan. Sekarang kamu tidak perlu lagi bingung saat lupa kata sandi dari Xiaomi. Cukup terapkan salah satu cara di atas, maka HP Xiaomi sudah bisa dibuka kembali. Share artikel ini ke akun media sosial kamu agar bermanfaat untuk orang banyak.