Cara Jitu Mengatasi Layar HP Xiaomi Bergaris

Cara Jitu Mengatasi Layar HP Xiaomi Bergaris – Jika kamu dari sekian banyak orang yang sedang memiliki masalah terhadap smartphone Xiaomi khusus nya layar sentuh yang mulai memunculkan garis, maka jangan lah terburu – buru untuk membawa nya langsung ke konter service hp, sebab untuk cara mengatasi nya sendiri juga sebenarnya tidak lah begitu sulit seperti yang anda pikirkan. Seperti yang kita ketahui bahwa layar sentuh pada hp itu sendiri adalah kunci dalam pemakaian nya, yang mana pada touch screen tersebut kita dapat melakukan navigasi, mengetik, bermain game, dan lain sebagainya. Jadi akan sangat merepotkan memang kalau terdapat gangguan sedikit saja pada touch screen ponsel tersebut.

Cara Jitu Mengatasi Layar HP Xiaomi Bergaris

Gangguan layar tampilan yang memunculkan garis bewarna ini pada umum nya berbentuk vertikal ataupun horizontal sehingga tak jarang bisa membuat kita berpikir bahwa hal tersebut tidak terlalu menimbulkan masalah nantinya. Berdasarkan info yang banyak tersebar oleh berbagai sumber mengatakan kalau penyebab muncul nya kasus ini bermacam – macam, serta ia juga memiliki tingkat kerusakan dari rendah dan yang tertinggi, begitu pula sama tingkat perbaikan nya bahkan bisa – bisa mengharuskan kamu untuk mengganti beberapa komponen rusak jika memang tingkat kerusakannya tinggi. Salah satu faktor yang sering terjadi pada kebanyakan orang adalah hp terjatuh, yang mana resiko layar akan bergaris semakin besar, apa lagi jika sudah sering terjatuh.

Baca Juga :

Akan tetapi tidak semua kasus layar tampilan smartphone android yang bergaris harus memerlukan penanganan penggantian lcd baru, kecuali terdapat kerusakan yang cukup fatal seperti pecah atau retak. Untuk cara memperbaiki nya tenang saja tidak usah bingung sebab pada kesempatan kali ini kita akan mengulas secara tajam bagaimana cara jitu mengatasi layar hp android yang bergaris – garis. Jika ponsel kalian mengalami masalah layar yang bergaris ini sebaiknya kamu mencoba beberapa tips dan trick yang sudah saya sajikan di bawah ini, yang mana artika kerusakan tersebut masih bisa untuk kalian atasi sendiri tanpa harus mengantarkan nya ke konter service apa lagi untuk mengganti lcd.

Cara Jitu Mengatasi Layar HP Xiaomi Bergaris

Terkadang juga kasus penyebab layar handphone bergaris dan goyang tersebut terjadi pada smartphone Android OS, biasa nya juga suka disebabkan oleh proses rooting yang di lakukan maupun tindakan tanpa sadar yang mana kita telah masuk ke setting tanpa mengetahui fungsi pasti dari menu – menu tersebut dan khilaf memasang custom ROM yang tidak sesuai dengan spek hp juga yang dapat menyebabkan timbul nya layar bergaris. Oleh karena itu untuk memperbaiki kalian tidak usah lagi khawatir, cukup ikuti saja beberapa tutorial di bawah ini dengan baik dan benar.

Cara Jitu Mengatasi Layar HP Xiaomi Bergaris

1. Melepas Semua Komponen Eksternal

Cara pertama yang wajib kamu lakukan sebelum menggunakan cara lainnya di bawah ini adalah melakukan pelepasan semua komponen eksternal pada perangkat hp android. Hal ini wajib di lakukan karena tata cara nya sendiri lumayan simple tidak ribet, yang mana dengan melakukan hal ini hp akan merasa lebih segar serta dapat juga menyelesaikan berbagai masalah lainnya tanpa banyak orang ketahui.

Berikut di bawah ini langkah – langkah penyegaran smartphone :

  1. Lepas semua komponen eksternal hp seperti Sim Card, Baterai, dan Micro SD. Lalu biarkan sejenak hingga beberapa menit.
  2. Kemudian pasang kembali semua komponen yang kamu copot tadi ke dalam hp, dan setelah itu coba lah untuk menghidupkan nya kembali.
  3. Tunggu sampai proses boot selesai dan lihat layar kembali normal tanpa ada nya garis berwarna.

2. Menggunakan Menu Developers Options

Tanpa membongkar hp, cara kedua ini mungkin hanya sedikit orang mengetahui kalau ada cara lain dengan menggunakan fitur Developers Options. Di mana tidak menutup kemungkinan jika pada semua ponsel terdapat fitur ini, jadi kalian tidak usah risau jika takut akan tidak adanya fitur Developer Options ini pada hp kamu. Namun, untuk bisa menggunakan fitur ini kalian perlu mengaktifkan nya terlebih dulu.

Berikut di bawah ini langkah – langkah cara menggunakan Developers Options :

  1. Setelah masuk ke dalam menu Settings hp Xiaomi, klik dan cari menu About Phone.
  2. Lalu klik terus opsi yang bertuliskan Build Number sebanyak 7x secara cepat hingga tampil halaman baru dan segera lah aktifkan pengaturan Developers Options.
  3. Dan jika sudah maka lanjut masuk ke opsi Developers Options dan cari lah menu bertuliskan Show Pointer Location.
  4. Setelah itu matikan agar kotak tidak tercentang.
  5. Jika sudah selesai maka garis pada layar akan hilang dan kembali normal.

3. Cara Eksternal

Cara eksternal yang saya maksud ini adalah cara mengatasi layar bergaris di bagian luar secara teknis pada touch screen smartphone. Sebelum melakukan langkah ini ada alat yang harus kalian persiapkan terlebih dahulu, berikut di bawah ini alat – alat yang perlu di persiapkan :

  • Kain halus, seperti sapu tangan dan lain sebagainya.
  • Sikat gigi, gak perlu baru, bekas pun jadi.
  • Cottonbud atau pengorek telinga.

Jika semua bahan di atas sudah kamu persiapkan, maka lanjut dengan mengikuti beberapa langkah tutorial nya di bawah ini :

  1. Pertama membuka case hp dalam keadaan hidup.
  2. Kemudian gosok pelan – pelan dan secara beraturan pada layar di bagian yang rusak dengan menggunakan CottonBud.
  3. Lalu gosok secara perlahan dari atas ke bawah kalau layar bergaris ke bawah / vertical.
  4. Namun jika garis tersebut berbentuk lingkaran, maka gosok lah lcd searah dengan jarum jam.
  5. Dan kalau lcd bergaris ke samping / horiginalzontal, gosok juga secara halus dari kanan ke kiri.
  6. Penting di ingat, selama proses penggosokan perlu anda lakukan penekanan sedikit, tapi jangan juga terlalu keras ketika menekan nya sebab hal tersebut juga bisa merusak permukaan layar, jadi harus sedikit berhati – hati, dan nanti akan terlihat pada lcd bagian yang rusak seperti lengket.
  7. Lakukan penggosokan selama lebih dari 30 menit atau sampai layar kembali normal, memang di perlukan kesabaran untuk melakukan hal ini, sebab hasil nya juga akan memuaskan.
  8. Jika sudah selesai, langkah terakhir yang harus kamu lakukan ialah melakukan restart smartphone, dan jangan lupa untuk memasang kembali cashing yang di lepas tadi.

4. Melakukan Factory Reset

Cara terakhir yang saya sarankan dan terbukti ampuh dapat menyelesaikan masalah pada hp Xiaomi adalah dengan melakukan factory reset. Factory Reset ini sendiri bertujuan untuk mengembalikan layar hp seperti semula jika itu di sebabkan oleh kerusakan sistem android. Perlu di ingat juga sebelum kalian melakukan cara ini ada baik nya untuk membackup terlebih dulu data penting kalian yang ada pada memori internal hp Xiaomi, sebab segala sesuatu yang ada pada memori internal hp akan hilang dan kembali seperti awal.

Berikut di bawah ini untuk melakukan factory reset pada hp Xiaomi :

  1. Buka menu Settings pada hp. Lalu klik Setelan Tambahan.
  2. Kemudian klik menu Buat Cadangan & Setel Ulang.
  3. Setelah itu klik Kembali ke Setelan Pabrik.
  4. Lanjut dengan memilih menu Setel Ulang Telepon, dan konfirmasi pilihan dengan memilih opsi Hapus.
  5. Dan tunggu proses factory reset tersebut hingga selesai, jika sudah selesai ia akan melakukan reboot secara otomatis.

Penutup

Saya anjur untuk tidak melakukan pembongkaran smartphone sendirian yaa jika tidak di temani oleh orang yang ahli di bidang nya, karena resiko yang dapat timbul juga akan lebih parah, oleh karena itu lah pada tutorial cara jitu mengatasi laayr hp Xiaomi bergaris di artikel ini saya tidak menganjurkan cara untuk menyelesaikan nya dengan cara membongkar smartphone. Ok baiklah sampai sini dulu perjumpaan kita kali ini, jangan lupa share artikel ini yaa, see you next time guys.