Cara Mengatasi Layar Android Error Paling Ampuh

Cara Mengatasi Layar Android Error – HP android merupakan salah satu perangkat teknologi yang cukup banyak diminati sekarang ini. Diimbangi pula dengan semakin gencarnya para vendor HP dalam menghadirkan produk HP android canggih terbaru dengan harga kompetitif. Hal inilah yang menjadikan banyak orang semakin tertarik untuk memiliki sebuah HP android. Bahkan banyak pula dari mereka yang sering gonta-ganti HP karena fitur canggih yang disematkan oleh masing-masing vendor.

Cara Mengatasi Layar Android Error

HP android dengan segala kecanggihannya, bukan berarti tidak pernah mengalami masalah sedikit pun. Ada berbagai masalah yang sering dialami oleh HP android, baik dari segi sistem atau komponennya. Salah satunya pada layar HP, di mana touchscreen sering mengalami masalah seperti, tidak merespon saat disentuh, membuka aplikasi sendiri, dan error lainnya.

Baca Juga:

Masalah yang terjadi di layar atau touchscreen bisa disebabkan oleh banyak hal, baik itu karena komponend itu sendiri atau karena kelalaian pengguna. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena pada artikel kali ini saya sudah merangkumkan bagaimana cara mengatasi layar android error yang paling ampuh. Informas selengkapnya bisa dilihat di bawah ini.

Cara Mengatasi Layar Android Error Mudah dan Ampuh

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan layar HP atau touchscreen mengalami error. Karena faktor-faktor tersebut sehingga membuat layar mengalami error, seperti:

  • Layar HP tidak merespon saat disentuh
  • Layar HP tidak akurat / meleset saat disentuh
  • Layar HP bergerak sendiri
  • Layar HP error sebagian
  • Dan lain sebagainya
Cara Mengatasi Touchscreen Android Error

Jika HP android mengalami masalah seperti di atas, sebenarnya masih bisa diperbaiki sehingga normal kembali. Tidak perlu bur-buru membawanya ke service center HP, kamu bisa mencoba memperbaikinya sendiri. Tidak sulit kok, berikut ini cara mengatasi layar android error, di antaranya:

1. Melakukan Restart HP Android

Cara mengatasi layar Android error pertama adalah dengan melakukan restart HP Android. Dengan restart maka semua data yang tersimpan di RAM akan dihapus sehingga ruang RAM menjadi lega kembali. File sampah yang tersimpan di RAM biasanya juga bisa membuat sistem android error, salah satu dampaknya adalah layar atau touchscreen HP mengalami error.

Selain itu, HP yang sudah terlalu lama digunakan juga bisa menjadi salah satu faktor mengapa touchscreen mengalami error seperti ini. Saat dilakukan restart, performa HP akan kembali stabil kembali sehingga kinerjanya menjadi lebih baik. Tidak hanya mengatasi touchscreen error, restart HP juga bisa mengatasi error yang terjadi di aplikasi.

2. Menutup Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Aplikasi yang berjalan di latar belakang biasanya akan menguras baterai dan juga memakan banyak ruang di RAM. Jika terlalu banyak aplikasi yang berjalan di background, hal ini akan membuat ruang RAM penuh sehingga menyebabkan berbagai masalah. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah HP mengalami hang.

Kindisi HP yang mengalami hang biasanya tidak merespon saat disentuh di bagian layarnya. Selain itu, banyaknya aplikasi di latar belakang juga memberaktkan kinerja HP sehingga membuatnya sangat panas. Tidak hanya layar yang tidak bisa disentuh, biasanya juga tombol HP (tombol Back dan Recent) juga tidak merespon. Untuk menghentikan atau menutup aplikasi di latar belakang, caranya dengan masuk ke menu Setelan >> Aplikasi >> pilih aplikasi yang ingin dihentikan >> klik Hentikan Aplikasi / Force Close.

3. Melakukan Kalibrasi Laya HP

Penyebab lain layar sentuh HP mengalami error adalah dikarenakan kesalahan kalibrasi. Kesalahan ini sendiri umumnya disebabkan oleh terlalu lamanya HP digunakan. Untuk mengatasi masalah ini, salah satunya adalah dengan melakukan kalibrasi ulang layar HP android.

Untuk mengkalibrasi ulang layar android kamu bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Beberapa aplikasi kalibrasi touchscreen HP seperti, Touchscreen Perbaikan, Screen Repair and Calibrator, Display Calibrator, dan Display Calibration. Install salah satu aplikasi tersebut, kemudian ikuti panduannya.

4. Mengistirahatkan HP Android

Cara mengatasi layar android error berikutnya mungkin disebabkan oleh kinerja HP yang terlalu berat dan dalam waktu yang lama. Layaknya manusia, HP juga bisa lelah dan kurang maksimal kinerjanya jika terlalu diforsir.

Karena itulah, sebaiknya istirahatkan terlebih dahulu HP androidmu sejenak dalam keadaan dimatikan. Jangan gunakan HP selama kurang lebih 10 hingga 15 menit hingga suhu HP kembali normal. Kalau perlu, buka baterai, kartu SIM dan microSD saat mengistirahatkan HP agar tidak ada daya yang masuk ke dalamnya. Jika dirasa sudah, hidupkan kembali HP dan gunakan seperti biasa. Layar sentuh HP error biasanya tidak akan terjadi lagi.

5. Melakukan Factory Reset

Cara mengatasi touchscreen android error berikutnya ini bisa dibilang paling ampuh. Tidak hanya mengatasi layar sentuh error, melainkan juga masalah lain seperti error pada sistem android, terjangkit virus atau malware dan masih banyak lagi.

Melakukan factory reset juga akan menghapus semua data yang ada di memori internal HP. Jadi, nantinya HP akan kembali baru layaknya saat pertama kali membelinya. Sebelum melakukan reset HP atau kembali ke pengaturan awal, sebaiknya lakukan backup data yang dianggap penting terlebih dahulu. Untuk melakukan factory reset, caranya dengan masuk ke menu Setelan >> Setelan Tambahan >> Buat Cadangan & Setel Ulang >> Kembalikan ke setelan pabrik >> Setel ulang telepon.

6. Ganti Touchscreen dengan yang Baru

Dan cara mengatasi layar android error yang terakhir adalah menggantinya dengan layar baru. Cara ini dilakukan jika ternyata kerusakan memang terjadi pada komponen fisik layar. Berbagai cara sudah dilakukan namun tidak menemukan hasil yang baik.

Bawa saja ke service center HP untuk melakukan penggantian layar. Biasanya harga layar HP android dibanderol sekitar 300-600 ribuan, tergantung merek layar yang ingin dibeli. Beberapa produsen biasanya menyediakan sparepart original yang bisa dibeli untuk penggantian komponen yang rusak. Agar lebih aman, sebaiknya lakukan penggantian layar di service center resmi sesuai brand.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi layar android error paling ampuh dan mudah bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi di atas ke akun jejaring sosial pribadi-mu ya?