Cara Mengatasi Koneksi Indihome Lemot dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Koneksi Indihome Lemot – Kebutuhan internet bagi masyarakat modern sekarang ini sudah bisa dibilang sangat penting. Bagaimana tidak, banyak sekali aktivitas harian bisa dipermudah dengan adanya sambungan internet tersebut. Tidak hanya sebagai hiburan saja, jaringan internet juga bisa menjadi sarana untuk berbisnis. Bisnis yang berhubungan dengan internet ini sendiri sering dikenal dengan sebutan bisnis online. Ada banyak sekali jenis bisnis online yang bisa dilakukan sekarang ini. Tidak main-main, hasil yang bisa didapat bisa melebihi gaji karyawan kantoran.

Cara Mengatasi Koneksi Indihome Lemot
Cara Mengatasi Koneksi Indihome Lemot

Selain untuk sarana bisnis, sambungan internet juga sangat diperlukan untuk ativitas lainnya. Apalagi dengan hadirnya smartphone android, semakin membuat kebutuhan akan internet lebih tinggi. Seperti yang kita tahu, hampir semua aktivitas di HP android pasti membutuhkan sambungan internet. Mulai dari aktivitas browsing, bersosial media, menjalankan aplikasi online, hingga bermain game online. Ketika tidak ada sambungan internet di HP android, bisa dipastikan HP tersebut tidak akan maksimal digunakan.

Baca Juga:

Berbicara mengenai internet di smartphone android, ada dua sambungan yang bisa dipilih yakni menggunakan data seluler dan jaringan Wifi. Untuk jaringan Wifi sendiri sekarang ini sudah ada beberapa penyedia layanan tersebut. Salah satunya yakni Indihome yang merupakan layanan Wifi dari Telkom Indonesia. Indihome menawarkan koneksi internet tercepat dan stabil bagi penggunanya. Namun, terkadang juga koneksi Indihome mengalami masalah sehingga membuatnya menjadi lemot. Lantas, bagaimana cara mengatasi koneksi Indihome Lemot tersebut? Berikut ini informasi selengkapnya!

Cara Mengatasi Koneksi Indihome Lemot dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Koneksi WIfi Indihome Lemot
Cara Mengatasi Koneksi Wifi Indihome Lemot

Menyebalkan pastinya saat enak-enak internetan, tiba-tiba koneksi internetnya lemot. Hal ini memang bisa saja terjadi, termasuk pada jaringan Wifi Indihome. Masalah seperti ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Baik itu masalah dari server Indihome, komponen Wifi, atau justru perangkat yang sedang kamu gunakan untuk internetan. Yang pasti, masalah seperti ini harus segera diatasi agar aktivitas internetan tidak lagi terganggu.

Namun, sebelum lanjut ke cara mengatasi koneksi Indihome lemot, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebabnya. Adapun penyebab koneksi Indihome lemot selengkapnya, sebagai berikut:

  • Banyak perangkat yang tersambung. Jika terlalu banyak perangkat yang terhubung ke jaringan Wifi, sudah pasti koneksinya akan melambat. Pasalnya, kecepatan koneksinya akan dibagi ke beberapa perangkat, dan ini membuat masing-masing perangkat mendapatkan kecepatan koneksi yang terbatas.
  • Sinyal Wifi bermasalah. Selain itu, sinyal wifi yang sedang gangguan juga bisa menjadi penyebab koneksinya melambat. Mungkin saja karena cuaca buruk, penempatan router yang kurang tepat atau juga karena perangkat HP android yang bermasalah.
  • Sudah melebihi batas pemakaian. Meskipun namanya unlimited, tetapi paket Wifi Indihome biasanya juga memberikan batas penggunaan atau disebut dengan FUP. Ketika kamu sudah melebihi batas penggunaan data internet tersebut, maka secara otomatis kecepatan internetnya menurun.
  • Router bermasalah. Hal yang mungkin juga bisa membuat koneksi Wifi Indihome melambat yakni router yang bermasalah. Mungkin karena mengalami overheat, kerusakan komponen dalam atau yang lain sebagainya.

Setelah mengetahui beberapa penyebab koneksi Wifi Indihome di atas, sekarang lanjut ke cara untuk mengatasinya. Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah koneksi Wifi Indihome yang lemot tersebut, antara lain:

1. Membatasi Perangkat yang Terhubung ke Wifi

Seperti yang dijelaskan di atas, semakin banyak perangkat yang terhubung ke jaringan Wifi, maka akan semakin lambat koneksinya. Hal ini karena bandwith internet akan dibagi-bagi ke masing-masing perangkat. Misalnya saja bandwith atau kecepatan internet Indihome yang kamu gunakan sebesar 10Mbps. Jika ternyata ada 10 perangkat yang terhubung, maka masing-masing perangkat akan mendapatkan kecepatan internet sebesar 1Mbps saja. Bagaimana jika yang terhubung lebih dari 10 perangkat?

Karena itulah, untuk mengatasi hal tersebut kamu perlu membatasi perangkat yang terhubung ke dalamnya. Kalau perlu blokir IP perangkat yang kamu tidak tahu itu milik siapa.

2. Letakkan Router di Tempat yang Tepat

Tidak banyak yang tahu kalau penempatan router atau modem Wifi juga bisa mempengaruhi kecepatan koneksinya internetnya. Penempatan modem yang paling tepat yakni diletakkan di ruangan terbuka dan posisinya agak tinggi. Dengan demikian, sinyal yang dipancarkan dari modem tidak akan terhalang apapun.

Berbeda jika kamu meletakkan moden di ruang tertutup, hal ini akan membuat sinyalnya terhalang oleh benda-benda di ruangan tersebut.

3. Lakukan Restart Router

Tidak hanya perangkat android saja yang bisa direstart, router atau modem juga bisa. Dengan melakukan restart atau reset router, hal ini akan mampu mengatasi berbagai masalah yang terjadi di perangkat tersebut. Termasuk juga masalah koneksi internetnya yang terkesan lambat.

Cara untuk merestart router atau modem sangat mudah. Cukup kamu matikan modem engan menekan tombol On/Off-nya. Tunggu beberapa saat, kemudian hidupkan kembali router tersebut.

Apakah koneksi internetnya sudah normal? Jika masih belum maka kamu bisa melakukan reset. Caranya yakni dengan menekan tombol yang ada dilubang kecil di bagian belakang modem. Posisinya ada di sebelaht tombo On/Off dan port-port konektor LAN. Gunakan tusuk gigi atau benda apapun untuk menekan tombolnya.

4. Mengecek Koneksi di Perangkat Android

Cara mengatasi koneksi Indihome lemot berikutnya yakni dengan mengecek koneksi pada HP android. Mungkin saja yang menjadi masalah lemotnya koneksi internet bukan dari sinyal Wifi, melainkan dari perangkat android itu sendiri. Cobalah untuk menonaktifkan jaringan Wifi di perangkat android. Tunggu beberapa saat, kemudian sambungkan kembali perangkat HP ke jaringan Wifi.

Masih tetap tidak membuahkan hasil? Kalau begitu cobalah untuk melakukan restart HP android. Biasanya dengan restart HP android, maka akan mengatasi berbagai masalah error ringan yang terjadi. Termasuk juga masalah koneksi internet yang tidak stabil.

Agar lebih maksimal, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi pembersih RAM dan file temporary di HP android. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan yakni Ccleaner. Selain membersihkan RAM dan file temporary di memori internal, aplikasi tersebut juga mampu menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Semuanya tersebut memang juga bisa menyebabkan koneksi internet di HP menjadi lambat.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi koneksi Indihome lemot beserta faktor yang bisa menyebabkannya. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?