Cara Mengatasi Keyboard Android Tidak Muncul atau Hilang

Cara Mengatasi Keyboard Android Tidak Muncul – Semua komponen yang ada pada sebuah smartphone memiliki fungsi masing-masing. Jika salah komponen kehilangan fungsinya, sudah pasti smartphone tidak bisa digunakan secara maksimal. Tidak hanya sisi komponen hardware saja, bagian software juga punya peran masing-masing untuk memaksimalkan penggunaan smartphone bagi penggunanya. 

Cara Mengatasi Keyboard Android Tidak Muncul
Cara Mengatasi Keyboard Android Tidak Muncul

Berbeda dengan perangkat PC atau HP jadul, smartphone menggunakan layar sentuh sebagai cara pengoperasiannya. Karena itulah, beberapa komponen fisik yang bisa ditemukan di HP lama atau PC sekarang sudah tidak ditemukan di smartphone, misalnya saja keyboard. Keyboard pada smartphone sudah tidak lagi berwujud fisik, melainkan menjadi sebuah fitur yang bisa langsung tampil di layar smartphone.

Baca Juga:

Keyboard ini sendiri menjadi salah satu fitur penting dalam sebuah smartphone. Karenanya, jika keyboard mengalami error, macet atau bahkan hilang, pastinya smartphone tidak maksimal lagi penggunaanya. Masalah keyboard android error seperti ini memang tidak jarang dialami oleh pengguna. Tapi tenang saja, ada beberapa cara mengatasi keyboard android tidak muncul yang bisa kamu terapkan. Informasi selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Keyboard Android Tidak Muncul atau Hilang

Cara Mengatasi Keyboard Android Hilang
Cara Mengatasi Keyboard Android Hilang

Keyboard HP android hilang atau tidak muncul menjadi masalah yang cukup serius. Pasalnya, keyboard berperan penting saat melakukan berbagai aktivitas mobile seperti mengetik pesan, browsing atau juga bersosial media. Tetapi memang tidak banyak pengguna yang tahu bagaimana cara mengatasi keyboard android hilang atau tidak muncul tersebut. Adapun beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah keyboard tersebut, di antaranya:

1. Melakukan Restart HP Android

Cara yang pertama untuk mengatasi keyboard tidak muncul atau hilang adalah dengan melakukan restart HP android. Cara satu ini memang diklaim bisa mengatasi berbagai permasalahan kecil pada smartphone, salah satunya adalah keyboard yang tidak muncul atau hilang secara tiba-tiba. Dengan melakukan restart, kondisi HP akan kembali fresh kembali sehingga masalah error akan teratasi.

File cache atau file sampah biasanya paling umum menjadi penyebab error pada HP android. Saat HP direstart maka file sampah tersebut akan direset ulang alias dihapus dari RAM sehingga kondisi HP menjadi maksimal kembali. Jika sudah dilakukan restart, cobalah untuk membuka keyboard lagi. Biasanya cara ini sangat ampuh mengatasi keyboard error dan nantinya bisa digunakan seperti sedia kala.

2. Melakukan Paksa Berhenti pada Aplikasi Keyboard

Cara selanjunyat yaitu dengan melakukan Paksa Berhenti atau Force Close pada aplikasi keyboard di android. Menghentikan paksa aplikasi keyboard biasanya akan mengatasi masalah keyboard tidak muncul atau hilang. Cara melakukannya juga sangat mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pertama kamu masuk ke menu Pengaturan atau Setelan di HP android.
  • Setelah itu, scroll ke bawah lalu pilih opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Keyboard yang digunakan di android.
  • Dan terakhir klik Force Close atau Paksa Berhenti.
  • Jika sudah, agar lebih maksimal coba kamu lakukan Restart HP android.

Dengan cara ini aplikasi keyboard android akan berhenti dan masalah error biasanya akan teratasi.

3. Hapus Cache dan Data Keyboard

Cara mengatasi keyboard android tidak muncul paling ampuh berikutnya adalah dengan melakukan clear cache dan clear data aplikasi keyboard. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, file cache pada sebuah aplikasi bisa saja membuat aplikasi tersebut error. Karena itulah kamu perlu menghapusnya agar keyboard tidak error lagi.

Selain file cache, file data keyboard yang mencakup pengaturan oleh pengguna juga bisa menjadi penyebab keyboard mengalami error. Oleh karena itu, kamu juga perlu menghapus file data keyboard tersebut. Untuk langkah-langkah clear data dan cache keyboard, sebagai berikut:

  • Pertama kamu masuk ke menu Pengaturan atau Setelan di android.
  • Scroll ke bawah lalu pilih opsi Aplikasi.
  • Selanjutnya kamu perlu mencari dan klik pada aplikasi Keyboard yang digunakan.
  • Pilih opsi Penyimpanan, kemudian klik tombol Hapus Cache / Hapus Memori.
  • Jangan lupa juga menghapus data keyboard dengan klik Hapus Data.
  • Jika sudah, lakukan Restart pada HP android.

Setelah melakukan cara ini, error yang terjadi pada keyboard akan teratasi sehingga keyboard bisa digunakan seperti semula.

4. Install Aplikasi Keyboard Lain

Meskipun setiap HP android sudah dibekali dengan fitur keyboard bawaan, tetapi ternyata kamu bisa menggantinya dengan aplikasi keyboard lain yang tersedia di Google Play Store. Aplikasi keyboard ini dianggap lebih menarik karena pengguna bisa melakukan custom sesuai keinginan. 

Beberapa aplikasi keyboard juga menyediakan tema unik yang membuat tampilan keyboard semakin menarik. Pengguna bisa bebas memilih bentuk huruf serta warna keyboard sesuai dengan keinginan. Aplikasi-aplikasi keyboard ini kebanyakan juga disediakan secara gratis dan bisa menjadi alternatif untuk mengatasi permasalahan keyboard bawaan tidak muncul atau hilang.

5. Melakukan Factory Reset

Jika cara di atas dianggap kurang ampuh dalam mengatasi keyboard hilang tiba-tiba atau muncul pesan “Sayangnya keyboard telah berhenti”, cara satu ini bisa kamu pilih. Tetapi perlu diingat, melakukan factory reset berarti akan mengembalikan HP ke kondisi pabrik. Itu artinya semua data aplikasi dan file yang tersimpan di memori internal akan dihapus.

Karena dikembalikan ke kondisi pabrik, sudah pasti HP akan kembali seperti baru lagi. Berbagai masalah yang terjadi akan bisa diatasi dengan baik, termasuk juga permasalahan keyboard tidak muncul atau hilang tiba-tiba.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi keyboard android tidak muncul paling ampuh bisa kamu coba terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?