Cara Mengatasi Kartu Smartfren Gangguan Paling Ampuh

Cara Mengatasi Kartu Smartfren Gangguan – Apakah kamu juga salah satu pengguna kartu Smartfren? Dibandingkan dengan provider Telkomsel, nama Smartfren memang pamornya masih sedikit lebih rendah. Meski demikian, eksistensi Smartfren di era modern sekarang ini tidak kalah dengan Telkomsel. Buktinya cukup banyak pengguna gadget yang lebih memilih kartu smartfren sebagai provider di perangkat gadgetnya. Terlebih lagi Smartfren sekarang ini sudah menghadirkan berbagai paket murah pada layanannya.

Cara Mengatasi Kartu Smartfren Gangguan
Cara Mengatasi Kartu Smartfren Gangguan

Misalnya saja untuk urusan internetan, Smartfren menawarkan paket unlimited yang diklaim tidak akan drop di tengah bulan. Pengguna bisa menikmati aktivitas internetan dengan nyaman tanpa takut kuota habis. Tidak hanya paket unlimited, Smartfren juga menyediakan paket internet lain dengan variasi kuota yang berbeda-beda. Tersedia pula paket lain yang tidak kalah menarik, seperti paket nelpon dan SMS. Tentunya juga dengan banderol harga yang lebih ramah di kantong.

Baca Juga:

Namun, selain keunggulan yang sudah disebutkan di atas ternyata kartu Smartfren tidak selama bisa memanjakan pengguna. Pada kondisi tertentu terkadang kartu Smartfren mengalami gangguan. Baik itu gangguan sinyal yang hilang, jaringan yang lambat, dan masalah gangguan lainnya. Penyebabnya bisa dari berbagai faktor, yang pasti jika hal ini dialami tentunya akan membuat kita kesal. Lantas, bagaimana cara mengatasi kartu Smartfren gangguan tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab Kartu Smartfren Gangguan Paling Umum

Cara Mengatasi Smartfren Gangguan
Cara Mengatasi Smartfren Gangguan

Kartu Smartfren yang mengalami gangguan biasanya disebabkan oleh banyak hal, baik itu karena masalah provider, kartu yang rusak atau karena HP android yang bermasalah. Sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab kartu Smartfren gangguan tersebut. Dengan demikian, nantinya kamu akan lebih mudah untuk mengatasinya.

Adapun penyebab kartu Smartfren mengatasi gangguan selengkapnya, sebagai berikut:

1. Masalah Perbaikan Jaringan

Salah satu penyebab jaringan di kartu Smartfren mengalami gangguan yakni karena perbaikan jaringan yang sedang dilakukan. Perbaikan jaringan sendiri biasanya selalu rutin dilakukan dengan tujuan tertentu. Misalnya untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada komponen jaringan, peningkatan kualitas jaringan, dan lain sebagainya. Proses perbaikan jaringan ini sendiri biasanya memakan waktu yang tidak menentu, kadang cepat dan kadang pula butuh waktu lama.

Saat proses perbaikan jaringan dilakukan, tentunya sinyal di HP android juga akan terganggu. Bahkan terkadang tidak bisa digunakan sama sekali, baik di sinyal 2G, 3G ataupun 4G-nya. Tetapi demikian, perbaikan jaringan ini sejatinya juga sering dilakukan oleh provider lainnya.

2. Cuaca Ekstrim

Cuaca buruk atau cuaca ekstrim juga sering kali menjadi penyebab gangguan pada jaringan provider, termasuk Smartfren. Jaringan Smartfren kualitasnya akan semakin parah saat cuaca buruk disertai dengan petir yang menyambar. Saat kondisi seperti ini, sebaiknya kamu matikan HP android atau paling tidak mengubah settingannya ke mode pesawat.

Jika kondisi ini sedang kamu alami, maka tidak perlu langsung panik. Tinggal menunggu sampai cuaca kembali membaik dan biasa jaringan Smartfren juga ikut membaik.

3. Kartu Smartfren yang Rusak

Faktor lainnya yang mungkin juga bisa membuat jaringan Smartfren gangguan yakni kartu yang bermasalah. Sama seperti barang elektronik lainnya, kartu juga bisa mengalami kerusakan. Apalagi dengan jangka pemakaian yang sudah terlalu lama, tidak heran jika kartu mengalami masalah atau kerusakan.

Biasanya kartu yang mengalami gangguan disebabkan karena plat kuningan di kartu yang rusak. Mungkin itu plat kuningan terkelupas, tergores, atau yang lainnya. Yang pasti hal ini bisa saja terjadi pada semua kartu provider, termasuk juga kartu Smartfren.

4. HP Android yang Bermasalah

Dan penyebab kartu Smartfren gangguan yang terakhir yakni karena HP android itu sendiri yang bermasalah. Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi sinyal pada HP android. Mungkin itu karena RAM penuh, memori internal penuh, terlalu banyak file cache menumpuk dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Kartu Smartfren Gangguan Paling Ampuh

Setelah mengetahui beberapa penyebab utama kartu Smartfren gangguan di atas, sekarang kita lanjut ke cara untuk mengatasinya. Tidak sulit kok, bahkan kalian yang masih pemula juga bisa melakukannya dengan mudah. Adapun cara untuk mengatasi kartu Smartfren gangguan selengkapnya, sebagai berikut:

1. Aktifkan dan Nonaktifkan Mode Pesawat

Cara yang pertama untuk mengatasi masalah sinyal Smartfren yang sedang gangguan yakni dengan mengaktifkan Airplane Mode atau Mode Pesawat. Cara satu ini bisa dibilang yang paling mudah untuk dilakukan. Meskipun mudah, namun ternyata sangat ampuh mengatasi masalah gangguan di kartu Smartfren.

Cukup aktifkan Mode Pesawat melalui menu toolbar dan diamkan HP sekitar 1 menit atau lebih. Setelah itu, cobalah nonaktifkan Mode Pesawat di HP android tadi. Biasanya sinyal Smartfren yang sedang gangguan, sekarang sudah normal dan bisa digunakan lagi.

2. Restart HP Android

Selain cara di atas, alternatif lain untuk mengatasi kartu Smartfren ganguan yakni dengan merestart HP android. Seperti yang kita tahu, dengan cara restart maka akan mampu mengatasi masalah ringan pada HP android. Termasuk juga masalah sinyal Smartfren yang hilang atau lemot. Dengan demikian, kartu Smartfren akan kembali normal dan bisa kamu gunakan lagi.

Tidak hanya bisa memperbaiki masalah sinyal, restart HP android juga akan mampu mengembalikan performanya ke kondisi maksimal. Jadi, HP akan lebih cepat dan responsif saat dioperasikan.

3. Menunggu Hingga Sinyal Normal

Jika yang menjadi penyebab kartu Smartfren adalah karena sedang ada perbaikan jaringan, maka cara terbaiknya yang bisa dilakukan yakni menunggu. Kamu tinggal menunggu sampai proses perbaikan jaringan Smartfren selesai dilakukan. Biasanya tidak membutuhkan waktu lama, sinyal akan kembali normal.

4. Mengecek Fisik Kartu Smartfren

Cara satu ini bisa kamu lakukan jika sinyal kartu Smartfren hilang atau tidak bisa digunakan sama sekali. Keluarkan kartu Smartfren dari perangkat HP android, kemudian cek pada plat kuningannya. Lihat apakah ada kerusakan pada kuningan tersebut atau justru baik-baik saja.

Jika memang terdapat goresan atau kotor, plat kuningan bisa coba kamu bersihkan dengan menggunakan karet penghapus pensil. Gosok-gosok plat kuningan kartu secara perlahan dan cobalah pasangkan kembali ke perangkat HP android.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi kartu Smartfren gangguan beserta dengan penyebabnya. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?