Cara Mengatasi Kamera Telah Berhenti Paling Ampuh

Cara Mengatasi Kamera Telah Berhenti – Kamera merupakan salah satu komponen penting pada HP android yang cukup sering digunakan oleh para pengguna. Sebagaimana yang kita tahu, kamera pada HP android memiliki peranan yang sangat penting dalam hal pengabadian momen berharga. Mengabadikan momen dengan kamera HP bisa dengan melalui foto maupun video. Hasilnya pun sangat memuaskan, foto atau video dari kamera HP sudah hampir setara dengan hasil dari kamera DSLR.

Cara Mengatasi Kamera Telah Berhenti
Cara Mengatasi Kamera Telah Berhenti

Dewasa ini kamera HP sudah dibekali dengan beragam fitur sehingga membuatnya semakin handal dalam hal melakukan jepretan atau record. Misalnya saja dukungan AI Camera, dimana fitur ini memungkinkan pengguna mendapatkan hasil foto dan video terbaik dan berkualitas bagus. Meskipun sangat pengambil foto tidak begitu jago, namun hasilnya tetap saja sangat bagus dan memuaskan pastinya. Selain itu, para vendor HP juga sedang berlomba-lomba menyematkan kamera dengan kekuatan piksel yang besar. Hal ini merupakan langkah penyempurnaan fungsi dari kamera saat melakukan jepretan.

Baca Juga:

Namun sayangnya, kamera pada HP android tidak jarang mengalami beberapa masalah ketiga ingin digunakan. Salah satu masalahnya yakni kamera yang memunculkan pesan “Sayangnya kamera telah berhenti” saat ingin dibuka. Selain itu, terkadang kamera yang tidak bisa dibuka juga menampilkan pesan lain. Lantas, bagaimana cara mengatasi kamera telah berhenti di HP android tersebut? Informasi selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Kamera Telah Berhenti Paling Ampuh

Cara Mengatasi Kamera Telah Berhenti di Android
Cara Mengatasi Kamera Telah Berhenti

Kamera HP yang error dan tidak bisa dibuka memang tidak jarang dialami oleh para pengguna, khususnya mereka yang hobinya memang ber-selfie. Kamera yang tidak bisa dibuka tersebut biasanya akan menampilkan pesan pop up kepada pengguna, seperti Sayangnya kamera telah berhenti, Kamera gagal, Camera had stoped, Unfortunately, Camera failed dan lain sebagainya.

Kamera yang mengalami error seperti ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Yang pasti, jika hal ini dialami tentunya akan membuat kita kesal dibuatnya. Adapun cara mengatasi kamera telah berhenti di android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Melakukan Restart HP Android

Cara yang pertama untuk mengatasi kamera HP yang berhenti atau keluar sendiri yakni dengan melakukan restart HP. Cara satu ini memang diklaim ampuh dalam mengatasi berbagai masalah error ringan yang terjadi pada HP android. Termasuk juga masalah kamera telah berhenti, akan langsung teratasi dengan mudah.

Kamera yang gagal atau tidak bisa dibuka mungkin dikarenakan terlalu banyak file cache yang menumpuk di dalam RAM. Tidak hanya manyebabkan masalah pada kamera, file cache yang menumpuk tersebut juga bisa menyebabkan error lain, seperti game dan aplikasi force close, tidak bisa browsing, internet tidak terhubung dan masih banyak lain yang lainnya. Langsung saja lakukan restart HP dan jalankan kembali kamera HP.

2. Non-aktifkan dan Aktifkan Kembali Kamera

Jika cara di atas belum ampuh mengatasi kamera HP telah berhenti, maka kamu bisa mencoba alternatif satu ini. Karena kamera HP merupakan aplikasi bawaan, jadi kamu tidak bisa melakukan penghapusan atau uninstall. Tetapi tidak perlu khawatir, sebagai gantinya kamu bisa mencoba menonaktifkan aplikasi kamera tersebut. Nantinya bisa aktifkan lagi dan kamera sudah bisa digunakan kembali.

Untuk menonaktifkan aplikasi kamera di HP android terbilang cukup mudah. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Pengaturan HP android.
  • Setelah itu, klik opsi Aplikasi dan pilih Aplikasi Terinstall.
  • Sekarang kamu cari dan pilih aplikasi kamera bawaan yang ada di HP android.
  • Pada halaman berikutnya, kamu pilih Nonaktifkan atau Matikan.
  • Jangan buru-buru mengaktifkan kembali aplikasi kamera. Sebaiknya kamu lakukan restart HP terlebih dahulu kemudian aktifkan kembali kamera tadi.

3.  Menghapus File Cache Aplikasi Kamera

Cara mengatasi kamera berhenti sendiri berikutnya yakni dengan melakukan penghapusan file cache dari aplikasi kamera. Mungkin saja kamera yang error atau telah berhenti disebabkan oleh menumpuknya file cache dari aplikasi kamera tersebut. Tidak hanya menyebabkan kamera tidak bisa dibuka, file cache yang menumpuk biasanya juga bisa menyebabkan error lain pada kamera.

Untuk melakukan penghapusan file cache aplikasi kamera tidaklah sulit, hampir sama dengan cara sebelumnya. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Pengaturan di HP android.
  • Setelah itu, pilih opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi kamera bawaan di tab Aplikasi Terinstall.
  • Pilih opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik tombol Hapus Cache.

4. Menghapus Data Aplikasi Kamera

Sama halnya dengan file cache, data aplikasi juga memungkinkan untuk menjadi penyebab kamera HP mengalami error atau tidak bisa dibuka. Karena itulah, untuk mengatasi masalah error tersebut bisa dengan mencoba menghapus data aplikasi kamera yang mengalami error. Caranya hampir sama dengan menghapus cache aplikasi di atas.

Untuk langkah-langkah menghapus data aplikasi kamera bawaan HP android, sebagai berikut:

  •  Langkah pertama kamu masuk ke menu Pengaturan HP android.
  • Selanjutnya pilih opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi kamera bawaan HP android yang error tadi.
  • Klik pada opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik tombol Hapus Data.
  • Sebelumnya, coba kamu klik tombol Paksa Berhenti agar lebih maksimal.

5. Melakukan Update OS Android ke Versi Terbaru

Salah satu kelebihan OS Android dibandingkan dengan OS lainnya yakni melakukan update secara rutin. Update OS Android ini sendiri ditujukan untuk menambahkan fitur terbaru pada HP android. Selain itu, update versi OS juga bakal memperbaiki bug atau error sistem yang sering terjadi.

Masing-masing vendor HP biasanya akan memberikan notifikasi jika ada pembaruan OS Android terbaru. Sebaiknya lakukan update ke OS Android terbaru jika kamu sudah mendapatkan notifikasi tersebut. Jika sudah, biasanya beberapa masalah error di HP android akan teratasi jika sudah melakukan pembaruan sistem operasi android.

6. Melakukan Factory Reset

Dan cara mengatasi kamera telah berhenti paling ampuh yang terakhir yakni dengan melakukan factory reset. Cara ini akan membuat HP kembali ke pengaturan awal pabrik, yang artinya semua data yang tersimpan di dalamnya akan dihapus secara permanen. Dan termasuk juga aplikasi yang sudah terinstall akan ikut terhapus. Karena itulah, sebaiknya lakukan backup data terlebih dahulu jika ingin melakukan factory reset ini.

Untuk melakukan factory reset pada HP android sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama buka menu Pengaturan di HP android.
  • Klik opsi Buat Cadangan & Setel Ulang.
  • Selanjutnya klik opsi Kembalikan ke Pengaturan Pabrik.
  • Dan pilih Reset Ulang Telepon.
  • Tunggu proses reset hingga HP menyala kembali.

Penutup

Itu tadi cara mengatasi kamera telah berhenti di HP android yang mudah dan ampuh bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat untuk orang lain.