Cara Mengatasi Kamera HP Xiaomi yang Terbalik

Cara Mengatasi Kamera HP Xiaomi yang TerbalikDi jaman sekarang ini berfoto telah menjadi aktivitas yang banyak digemari orang di semua kalangan. Mengingat kamera pada smartphone sudah sangat cukup dalam memberikan layanan berfoto dan dapat dilakukan dengan mudah dimana saja dan kapanpun. Tentu hal tersebut menjadi pemicu yang menjadikan foto layaknya selfie menjadi hobby bagi anak muda, sampai orang lanjut usia. Tidak cuma dari segi kualitas kamera pada HP saja yang terus berkembang, pada ponsel pintar sekarang ini juga telah banyak developer aplikasi yang mengembangkan layanan mereka dalam hal fotografi.

Cara Mengatasi Kamera HP Xiaomi yang Terbalik

Walaupun teknologi paada kamera HP di jaman sekarang sudah sangat canggih dimana layak di sandingkan dengan hadnycam, bukan berarti terbebas dari berbagai masalah misalnya error. Gimana rasanya ketika kita sedang asik berfoto dan melihat hasilnya yang bisa bikin kesal seperti halnya hasilnya yang mirror atau terbalik? kanan ke kiri maupun bawah keatas. Tentu saja dengan adanya masalah ini akan sangat mengganggu aktivitas berfoto kita yang dimana itu terkadang sangat penting dilakukan ketika hendak mau mengabadikan moment indah. Jika masalah tersebut telah timbul, maka yang harus kita lakukan tentu saja segera memperbaikinya ya. Namun, sebelum di bawa ke tukang servis, cobalah untuk menyelesaikannya sendiri dulu.

Baca Juga:

Sebelum mencoba untuk memperbaikinya, terlebih dulu ketahui penyebab terjadinya kamera terbalik tersebut ya, supaya dapat mempermudah mengatasinya tadi disesuaikan sama penyebabnya. Pastinya kalau timbul suatu masalah apalagi pada smartphone, terdapat suatu faktor pemicu terjadinya. Pada dasarnya gangguan ini hadir di karenakan adanya sebuah gangguan terhadap sistem dari aplikasi kamera itu. Contohnya saja ya seperti bug yang muncul, atau kesalahan yang di sengaja ataupun tidak pada pengaturannya. Nah untuk langkah-langkah mengatasi kamera terbalik ini sendiri kamu tidak usah khawatir ya. Sebab pada artikel kita kali ini Bukandroid sudah merangkum beberapa Cara Mengatasi Kamera HP Xiaomi yang Terbalik.

Cara Mengatasi Kamera HP Xiaomi yang Terbalik

Menyelesaikan error pada kamera ponsel yang mirror memang gampang-gampang susah ya. Gampangnya yaitu terdapat beberapa caranya yang tidak begitu rumit untuk dilakukan sendiri. Sedangkan susahnya ketika kita sudah mencoba satu atau dua cara namun masih belum bisa menyelesaikannya, tentu akan gelisah jika gagal berulang kali. Tapi gak usah panik yuk simak rangkumannya dibawah ini.

1. Melakukan Kalibrasi Sensor

Cara pertama yang mesti kalian lakukan para user smartphone Xiaomi dalam mengembalikan hasil jepretan yang terbalik ialah melalui pengaturan kalibrasi sensor. Langkah-langkah nya cukup mudah untuk anda praktikan sendiri ya, dibawah ini sudah saya rangkum dengan memakai Xiaomi Redmi Note 4. Mungkin cara nya tidak terlalu berbeda atau bahkan sama ya untuk anda tipe Xiaomi yang berbeda, jadi gak perlu khawatir. Sebelumnya, yuk kita pahami dulu apasih Kalibrasi itu? Kalibrasi adalah sebuah proses yang dimana kita nantinya akan dapat mengetahui bahwa sensor pada perangkat tersebut masih berfungsi baik atau tidak. Dan selain itu, kita dapat mengatasinya semua masalah terhadap sensor kalibrasi jika sudah melakukan langkah dibawah.

Melakukan Kalibrasi Sensor
Melakukan Kalibrasi Sensor

Berikut ini langkah-langkah dalam melakukan kalibrasi sensor pada perangkat Xiaomi khususnya Redmi Note 4, dan mungkin langkahnya akan sama pada tipe xiaomi lainnya :

  1. Langkah pertama yaitu membuka menu Pengaturan pada HP
  2. Lalu geser sedikit kebawah dan tekan pilihan About Phonsel atau Tentang Ponsel
  3. Klik tulisan Versi Kernel sebanyak 3x
  4. Setelah itu maka kamu akan ditujukan pada mode CIT, tekan Accelerator
  5. Lanjut dengan meletakkan smartphone kamu di Bidang Datar atau Lantai juga gpp, dan klik Kalibrasi
  6. Tunggu proses nya hingga Selesai, dan cek hasilnya. Kamera kamu sudah kembali normal.

2. Pengaturan Kamera

Nah kasus kamera terbalik atau layaknya mirror ketika di jepret tak hanya hinggap pada pengguna Xiaomi yang udah lumayan lama lo. Buat kamu yang baru saja membeli HP xiaomi pasti ada juga yang mendapatkan kasus serupa pada kamera bagian depan atau selfie tentunya. Gak perlu kaget dan panik ya, hal itu merupakan wajar dimana mengingat pada settingan kamera bagian depan memang fitur mirror nya secara otomatis telah aktif. Maka dari itu harus kita matikan secara manual fitur mirror bagian depan tersebut melalui langkah yang sudah saya susun dibawah ini. Setelah berhasil melakukan langkah tersebut, maka semua permasalah anda itu akan selesai kok.

Pengaturan Kamera

Berikut ini langkah-langkah dalam mematikan features mirror pada smartphone Xiaomi :

  1. Buka lah Aplikasi Kamera pada perangkat milikmu, lalu rubah ke bagian Kamera Depan atau Selfie
  2. Jika sudah maka lanjut masuk ke menu Pengaturan Kamera melalui klik logo Gerigi di sudut kanan atas atau semacamnya
  3. Selanjutnya tekan pilihan Mirror Front Camera dan rubah menjadi Off
  4. Selesai, cobalah untuk melakukan selfie kembali dan lihat hasilnya.

3. Hapus Data Aplikasi Kamera

Cara ketiga yaitu mengatasi hasil jepretan mirror dengan menghapus data dari perangkat lunak kamera tersebut. Tidak usah khawatir akan kehilangan semua foto maupun video yang ada pada perangkat Android Xiaomi kalian ya, sebab melalui langkah ini tidak akan menghapus file selain data aplikasinya saja. Data tersebut seperti pengaturan kamera, cache sistem, dan sampah lainnya yang mengakibatkan perangkat lunak menjadi error. Dimana dengan memakai cara ini maka nantinya apl kamera kamu akan kembali ke setelan pabrik atau seperti waktu pertama kali membelinya.

Hapus Data Aplikasi Kamera

Tanpa perlu basa-basi lagi, yuk simak tutorialnya dibawah ini ya :

  1. Silahkan kamu masuk kedalam menu Pengaturan HP
  2. Lalu klik pilihan Aplikasi
  3. Pada menu tersebut carilah aplikasi Kamera milikmu
  4. Jika sudah dipilih, maka tekan tombol Hapus Data
  5. Tunggu hingga proses Selesai, dan cobalah untuk jepret kembali dan lihat hasilnya.

4. Gunakan Aplikasi Kamera lain

Gunakan Aplikasi Kamera lain
Gunakan Aplikasi Kamera lain

Jika kamu berpikir ribet untuk melakukan berbagai cara di atas, mungkin langkah yang satu ini wajib juga untuk kamu gunakan pertama kali. Yaitu dengan mencoba menggunakan aplikasi kamera lain yang bisa kalian unduh secara gratis di dalam Google Play Store atau klik disini. Untuk semua datanya sendiri akan berbeda dari aplikasi bawaan pada HP kita ya. Oleh karena itu seharusnya masalah kamera terbalik tersebut akan hilang kalau memang masalahnya terletak pada sistem itu sendiri. Yang kerennya lagi, tentu melalui aplikasi dari Play Store ini akan sangat membantu kamu dalam mempercantik hasil jepretan ya kan. Melihat fitur yang terdapat pada apl kamera di Play Store tidak lah main-main dalam memberikan layanannya.

Penutup

Itu dia tadi isi pembahasan kita pada kali ini yang berjudul Cara Mengatasi Kamera HP Xiaomi yang Terbalik. Setelah membaca isi artikel ini, di harapkan dapat membantu kamu dalam menyelesaikan masalah tersebut. Jangan lupa juga share artikel kita ke temen-temen ok, terimakasih.

Eren Yeager
Hello people 🙂 Perkenalkan nama saya Eren, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber 🙂 this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Konten Terbaru

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini