Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Follow dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Follow – Sejak diakuisisi oleh Facebook Inc, Instagram berkambang semakin pesat. Berbagai fitur baru dan keren dihadirkan guna untuk memanjakan para penggunanya. Fitur keamanan khususnya juga dibuat lebih baik, sehingga ini akan meminimalkan risiko akun dihack atau dicuri orang. Selain itu, Instagram juga mulai membersihkan konten-konten yang berbau negatif sehingga lebih aman untuk semua umur.

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Follow
Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Follow

Selain keunggulan itu semua, ternyata ada saja masalah yang dialami oleh pengguna Instagram. Salah satunya adalah akun Instagram mereka yang tidak bisa melakukan follow terhadap akun Instagram lain. Akun Instagram tidak bisa follow seperti ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, baik itu karena kesalahan sistem, aplikasi Instagram bermasalah, koneksi, dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Masalah seperti ini bahkan tidak hanya dialami oleh 1 pengguna saja, melainkan banyak pengguna Instagram di luaran sana. Saat mengalami masalah seperti ini, kebanyakan dari mereka bingung harus melakukan tindakan apa. Karena memang tidak semua pengguna paham dengan masalah sistem aplikasi. Tidak perlu khawatir, di bawah ini sudah saya rangkumkan bagaimana cara mengatasi IG tidak bisa follow sekaligus apa saja yang menjadi penyebab dari masalah tersebut. Yuk simak ulasan selengkapnya!

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Follow dan Penyebabnya

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara mengatasi Instagram tidak bisa follow, ketahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebabnya. Dengan mengetahui penyebab dari masalah tersebut, tentu nantinya akan mempermudah kamu untuk mengatasinya.

Penyebab Instagram Tidak Bisa Follow Akun Lain

Penyebab Instagram Tidak Bisa Follow
Penyebab Instagram Tidak Bisa Follow

Setidaknya ada empat penyebab yang menjadi faktor akun Instagram tidak bisa mem-follow akun IG lain. Adapun beberapa penyebab tersebut, di antaranya:

1. Memposting hal berbau negatif di feed

Penyebab akun Instagram tidak bisa follow akun lain yang pertama adalah karena pengguna telah mamposting sesuatu yang terlarang di feed pribadinya. Entah itu foto atau video SARA, bersifat dewasa, bersifat profokatif atau pencemaran nama baik dan lain sebagainya. Jika kamu pernah memposting beberapa foto atau video yang termasuk dalam kategori tersebut, tidak heran jika akun Instagram-mu dibatasi.

Bahkan yang lebih parahnya lagi, akun Instagram kamu bisa saja diblokir secara permanen oleh pihak Instagram. Ini sudah sesuai dengan peraturan yang dilampirkan dalam kebijakan Instagram.

2. Berkomentar mengandung hal negatif

Sama halnya seperti memposting foto atau video negatif di feed, berkomentar dengan kata-kata tidak pantas juga bisa menyebabkan akun Instagram diblokir sementara atau bahkan blokir permanen. Jika sudah seperti ini, tentunya kamu tidak bisa lagi melakukan berbagai hal sebagaimana akun yang normal.

Hal ini juga sudah tertulis pada halaman kebijakan Instagram, di mana kelakuan baik saat bersosial media harus dimiliki oleh semua penggunanya.

3. Aktifitas follow akun Instagram yang tidak wajar

Follower menjadi hal yang sangat penting bagi sebagian besar pengguna. Semakin banyak follower Instagram, maka akan membuat mereka lebih percaya diri. Selain itu, banyaknya followers juga bisa menjadi ladang untuk mendapatkan tawaran endorse atau promosi.

Salah satu cara mendapatkan follower yang banyak adalah dengan mem-follow akun sebanyak-banyaknya dengan harapn difollback. Tetapi ternyata mengikuti banyak akun dalam waktu singkat membuat pihak Instagram curiga. Dampaknya akun Instagram akan dibatasi sehingga tidak bisa melakukan follow lagi. Biasanya ini hanya bersifat sementara, sesuai kebijakan dari Instagram.

4. Malakukan spam like

Sama halnya seperti tindakan follow banyak akun, spam like dilakukan banyak pengguna untuk harapan mendapat boom like dari akun yang di-like tadi. Tetapi melakukan spam like berlebihan juga dianggap melanggar kebijakan Instagram. Sebagai hukumannya akun Instagram tidak bisa lagi melakukan like atau mem-follow akun Instagram lain.

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Follow

Cara Mengatasi Akun Instagram Tidak Bisa Follow
Cara Mengatasi Akun Instagram Tidak Bisa Follow

Setelah mengetahui apa saja penyebab akun Instagram tidak bisa follow, sekarang lanjut ke cara mengatasi masalah tersebut. Cara mengatasi Instagram tidak bisa follow tidak begitu sulit, berikut langkah-langkahnya:

1. Hapus cahe aplikasi Instagram

Cara mengatasi Instagram tidak bisa follow yang pertama adalah dengan melakukan pembersihan file cache atau file sampah di aplikasi Instagram. File cache atau file sampah ini bisa saja menjadi salah satu penyebab aplikasi error, termasuk Instagram tidak bisa follow.

Untuk menghapus cache aplikasi Instagram tidaklah sulit, simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Sebelum menghapus cache, sebaiknya kamu logout terlebih dahulu dari akun Instagram yang error tadi.
  • Jika sudah, sekarang buka menu Pengaturan atau Setelan di HP android.
  • Pilih opsi Aplikasi, kemudian cari dan klik aplikasi Instagram.
  • Setelah itu masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik tombol Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Jika sudah, cobalah masuk ke akun Instagram kembali dan lakukan follow akun seperti biasa.

2. Lakukan unfollow akun Instagram

Selain menghapus cache, kamu juga bisa melakukan unfollow akun Instagram yang dirasa kurang penting. Tetapi yang perlu kamu ingat, lakukan unfollow secara wajar. Artinya jangan langsung lakukan unfollow banyak akun Instagram sekaligus dengan singkat.

Cara ini biasanya akan cukup ampuh mengatasi masalah akun Instagram yang tidak bisa follow akun lain. Caranya juga sangat mudah, sebagai pemula pasti sudah tahu bagaimana untuk melakukannya.

3. Menambahkan nomor HP atau alamat email

Cara mengatasi instagram tidak bisa follow akun lain berikutnya adalah dengan melengkapi data atau informasi akun agar lebih terpercaya. Misalnya saja menambahkan alamat email atau  nomor HP pribadi.

Alamat email dan nomor HP tidak hanya berguna untuk pelengkap akun Instagram saja, melainkan juga diperlukan untuk melakukan verifikasi ataupun tidakan lanjutan lainnya. Untuk menambahkan alamat email dan nomor telepon bisa dengan mengunjungi menu profil >> Edit Profil >> tambahkan email / tambahkan nomor telepon.

4. Meminta bantuan pihak Instagram

Jika memang cara diatas masih belum ampuh mengatasi Instagram tidak bisa follow, cara terakhir yag bisa dilakukan adalah dengan meminta bantuan pihak Instagram. Pihak Instagram pasti lebih tahu apa penyebab dan cara mengatasi akun IG tidak bisa follow tersebut. Fitur Pusat Bantuan atau Help Center Instagram ini bisa kamu temukan pada menu Option.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi Instagram tidak bisa follow akun lain yang paling mudah dan ampuh bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?