Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka Paling Ampuh

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka – Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang sangat digandrungi sekarang ini. Tidak hanya diminati oleh kalangan remaja saja, bahkan dewasa hingga lansia juga banyak yang memiliki akun Instagram pribadi. Tidak lain karena Instagram memang menyediakan banyak fitur menarik. Yang tidak hanya menjadi sarana berbagi foto dan video, melainkan juga bisa menjadi sarana hiburan bagi beberapa pengguna. Di dalamnya kita memungkinkan untuk melihat foto atau video unik dan menarik dari pengguna lain di seluruh dunia.

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka
Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka

Melalui Instagram kita juga memungkinkan untuk berbagi cerita melalui fitur Instagram Story yang ada di dalamnya. Di InstaStory tersebut kamu bisa membagikan cerita dalam bentuk foto ataupun video. Namun, cerita yang dibagikan tersebut hanya bersifat sementara yakni hanya dalam waktu 24 jam saja. Setelah melewati waktu 24 jam, maka cerita tersebut akan dihapus secara permanen. Namun, jika kamu ingin menyimpannya juga bisa sehingga tidak akan dihapus oleh pihak Instagram.

Baca Juga:

Meskipun dibekali dengan kaya fitur, namun Instagram terkadang mengalami beberapa masalah. Salah satu masalah error yang sering dialami oleh para penggunanya yakni aplikasi instagram yang tidak bisa dibuka. Hal seperti ini bisa saja disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari aplikasi yang error atau corrupt, sistem android yang bermasalah, hingga koneksi di HP android yang kurang stabil. Lantas, bagaimana cara mengatasi Instagram tidak bisa dibuka tersebut? Informasi selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini!

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka Paling Ampuh

Cara Mengatasi IG Tidak Bisa Dibuka
Cara Mengatasi IG Tidak Bisa Dibuka

Aplikasi Instagram yang tidak bisa dibuka biasanya akan menampilkan pesan khusus, seperti Sayangnya, aplikasi telah berhenti atau Unfortunately, Instagram has stopped. Terkadang juga aplikasi Instagram akan langsung keluar sendiri tanpa memberikan pesan sama sekali. Apapun kondisinya, yang jelas masalah seperti ini akan membuat pengguna merasa kesal. Apalagi jika saat itu pengguna sangat membutuhkan aplikasi Instagram tersebut.

Adapun cara mengatasi Instagram tidak bisa dibuka selengkapnya, sebagai berikut:

1. Cek koneksi internet di HP android

Cara yang pertama untuk mengatasi aplikasi Instagram telah berhenti atau tidak bisa dibuka yakni dengan memeriksa koneksi internetnya. Kemungkinan masalah error tersebut disebabkan oleh jaringan internet di perangkat HP yang tidak stabil atau bermasalah. Pastikan juga kuota data selulermu masih ada, atau lebih baik gunakan jaringan Wifi agar koneksinya lebih stabil.

Jika memang tidak ada jaringan Wifi yang tersedia, cobalah untuk menggunakan kartu SIM dari provider lain. Coba juga mengakses browser atau aplikasi online lainnya, apakah berjalan dengan normal atau tidak. Jika memang semua aplikasi berbasis online normal saat di jalankan, berarti yang bermasalah memang aplikasi Instagram tersebut.

2. Lakukan restart HP android

Jika ternyata koneksi internet tidak ada masalah, cobalah untuk melakukan restart HP android. Biasanya dengan melakukan restart HP maka akan memperbaiki berbagai masalah ringan yang terjadi, termasuk juga aplikasi Instagram yang tidak bisa dibuka.

Selain bisa mengatasi masalah error ringan di HP, melakukan restart juga akan membuat performa HP menjadi lebih cepat dan lancar. Pasalnya, semua file cache yang tersimpan di RAM akan dihapus sehingga ruang RAM menjadi kosong kembali. Seperti yang kita tahu, RAM merupakan salah satu komponen HP yang berperan penting dalam hal kecepatan kinerja HP.

3. Menghapus file cache aplikasi Instagram

Cara mengatasi aplikasi Instagram telah berhenti berikutnya yakni dengan menghapus file cache yang tersimpan di dalamnya. Seperti yang kita tahu, file cache atau file sampah aplikasi yang menumpuk juga bisa menadi salah satu penyebab aplikasi mengalami error. Jadi, untuk mengatasi masalah tersebut kamu perlu melakukan penghapusan file cache aplikasi Instagram.

Untuk cara menghapus file cache aplikasi Instagram cukup mudah, yakni:

  • Masuk ke menu Pengaturan di HP android.
  • Klik pada opsi Aplikasi Terinstall.
  • Cari dan klik pada aplikasi Instagram.
  • Klik pada opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik tombol Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Selesai.

4. Hapus data aplikasi Instagram

Jika cara di atas masih balum bisa mengatasi Instagram berhenti tiba-tiba, maka cara satu ini bisa dijadikan alternatif. Sama halnya file cache, data di dalam aplikasi Instagram juga bisa menyebabkan error pada aplikasi. Termasuk juga bisa menyebabkan aplikasi tidak bisa dijalankan sebagaimana mestinya.

Namun yang perlu diingat, menghapus data aplikasi maka akan mengembalikan aplikasi ke mode default alias seperti baru pertama kali menginstallnya. Adapun langkah-langkah menghapus data aplikasi Instagram selengkapnya, sebagai beritkut:

  • Masuk ke menu Pengaturan di HP android.
  • Pilih opsi Aplikasi Terinstall.
  • Cari dan pilih aplikasi Instagram.
  • Sekarang kamu klik tombol Paksa Berhenti.
  • Setelah itu, scroll ke bawah lalu pilih opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik tombol Hapus Data.
  • Selesai.

5. Uninstall dan install ulang aplikasi Instagram

Mungkin saja aplikasi Instagram yang tidak bisa dibuka disebabkan oleh aplikasi yang corrupt. Untuk mengatasi masalah tersebut kamu perlu melakukan penghapusan atau uninstall aplikasi Instagram tersebut. Caranya sangat mudah, tekan dan tahan pada aplikasi Instagram lalu pilih tombol Uninstall.

Setelah berhasil diuninstall, kamu jangan terburu-buru untuk melakukan re-install aplikasi Instagram. Lakukan restart HP android terlebih dahulu agar semua data Instagram dihapus secara permanen. Jika sudah, sekarang kamu bisa mencoba menginstall aplikasi Instagram kembali. Lakukan Penginstalan aplikasi Instagram langsung dari Google Play Store. Jangan sekali-kali menginstall aplikasi Instagram dari luar Google Play Store, karena belum terjamin keamanannya.

6. Factory Reset HP Android

Dan cara mengatasi Instagram tidak bisa dibuka yang terakhir yakni dengan melakukan factory reset. Cara ini bisa kamu lakukan jika bukan hanya aplikasi Instagram saja yang tidak bisa dibuka, melainkan diikuti pula oleh aplikasi lainnya. Kemungkinan masalah ini disebabkan oleh sistem android yang bermasalah. Jadi, melakukan factory reset HP android menjadi cara terbaik untuk mengatasi masalah tersebut.

Perlu diingat, melakukan factory reset HP android akan membuat semua data di HP terhapus dan HP akan kembali ke pengaturan awal pabrik. Jadi, sebelum melakukan factory reset pastikan kamu sudah melakukan backup data terlebih dahulu. Untuk melakukan factory reset sendiri, yakni:

  • Buka menu Pengaturan HP android.
  • Scroll ke bawah, lalu pilih Manajemen umum.
  • Klik opsi Reset.
  • Dan terakhir klik Reset data pabrik.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi Instagram tidak bisa dibuka paling ampuh dan mudah bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?