Cara Mudah Mengatasi HP Android Sulit Di Cas Atau Tidak Menyala

Cara Mudah Mengatasi HP Android Sulit Di Cas Atau Tidak Menyala – Kebanyakan pengguna android pasti lah pernah merasakan suatu kendala terhadap smartphone androidnya, yang mana masalah tersebut beranekaragam dan punya banyak faktor penyebab kenapa hal itu bisa terjadi. Serta di setiap permasalahan tersebut juga memiliki cara yang berbeda dalam hal mengatasi nya. Seperti hal nya dengan masalah smartphone yang sulit di charge atau tidak menyala pasti akan sangat membuat pemiliknya panik untuk mencari solusi menyelesaikan error tersebut.

Cara Mudah Mengatasi HP Android Sulit Di Cas Atau Tidak Menyala

Hal ini tidak hanya terjadi pada perangkat hp android, secara umum juga dapat terjadi di beberapa perangkat elektronik lainnya seperti laptop, iPhone, dan notebook. Ada beberapa masalah umum yang sering terjadi saat mengecas, hp tidak mengecas, baterai cepat lowbat, dan baterai lama terisi. Error seperti itu bisa saja di sebabkan oleh ada nya penggunaan daya dari sebuah aplikasi yang berlebihan atau bisa juga dikarenakan oleh perangkat hardware pada hp sudah usang.

Baca Juga :

Terlebih lagi situasi yang akan menyulitkan sekali bagi kita yaitu ketika smartphone yang kita punya memakai jenis baterai tanam atau No Removable. Tapi tidak usah cemas jika anda sedang mengalami permasalahan error seperti ini, sebab pada artikel kali ini saya akan membagikan beberapa trik and tips ampuh untuk kalian gunakan memperbaiki masalah tersebut dengan cepat tanpa harus bingung dan mengeluarkan uang ke tukang service hp.

Cara Mudah Mengatasi HP Android Sulit Di Cas Atau Tidak Menyala

Berikut di bawah ini beberapa ulasan yang bisa kalian coba untuk menyelesaikan masalah tersebut yang terjadi pada hp maupun tablet tidak bisa menyala dan sulit untuk di charge.

1. Lepas Baterai atau Tekan Tombol Power

Seperti kebanyakan sistem operasi lainnya, android juga terkadang bisa mengalami hard freeze di saat ia sudah tidak kuat menahan kinerja ponsel dan menolak untuk merespon. Jika perangkat sudah membeku seperti ini maka bisa saja sistem nya masih berjalan tapi layar tidak akan menampilkan apa – apa, karena sistem pengoperasian telah mengalami pembekuan kinerja. Pada kondisi sudah stuck ini juga biasa nya perangkat hp tidak akan merespon tombol Power.

Lepas Baterai atau Tekan Tombol Power

Jadi solusi termudah yang bisa anda lakukan ialah dengan cara mencopot baterai ponsel, jika sudah anda copot maka biarkan saja atau tunggu hingga beberapa saat kemudian barulah kalian pasang kembali dan jangan lupa untuk menekan tombol Power agar perangkat menyala. Cara ini akan memutus semua power dari baterai dan akan menyegarkan kinerja android, atau biasa disebut dengan kata Power Cycle. Langkah ini akan sangat mudah di lakukan oleh mereka yang mempunyai hp dengan baterai bisa dilepas, akan tetapi bagai mana dengan hp yang baterai nya tidak dapat di lepas ?.

Pada perangkat ponsel atau tablet yang mempunyai baterai tanam, maka bisa melakukan cara lain, yaitu dengan cara menekan tombol Power dengan tempo yang cukup lama. Namun tidak semua smartphone yang membutuh kan waktu penekanan selama 10 detik baru melakukan booting, akan tetapi semua nya berbeda – beda dimana berapa lama nya kalian menekan tombol Power akan disesuaikan dengan perintah dari brand smartphone tersebut, bisa 15 detik, 30 detik, maupun 1 menit.

2. Cek Adapter Charger dan Port Charger

Selain harus memerhatikan kondisi hp, kamu juga perlu memperhatikan kondisi dari adapter pada casan dan juga port charger pada hp jika sedang mengalami kesusahan ketika melakukan pengisian daya baterai. Ada kalanya terkadang kita memakai adapter yang kurang cocok pada spesifikasi anjuran hp. Contoh nya saja seperti ini jika hp yang anda miliki mampu mendukung fast charging 2A tapi malah menggunakan adaptor charger berukuran 760mA maka akan terjadi masalah di kemudian hari. Maka dari itu cobalah memakai adaptor lain atau usahakan beli adaptor original hp kita jika sebelum nya rusak dan kalian malah membeli casan abal – abal.

Cek Adapter Charger dan Port Charger

Setelah melakukan pengecekan terhadap adaptop lalu tidak menemukan kejanggalan, maka lanjut dengan memeriksa keadaan pada bagian port usb ponsel. Seringkali terjadi kebengkokan pada bagian konektor (sebuah logam kecil di port USB) yang tidak kita sadari, sehingga tidak tersambung dengan baik terhadal kabel. Akan tetapi di beberapa kejadian kasus juga bisa di sebabkan oleh ada nya suatu benda atau kotoran yang tersangkut di dalam port usb. Jika benar ada pembengkokan pada pin di port dalam usb, maka hal pertama yang harus kamu lakukan ialah mematikan hp, mengeluarkan baterai, lalu mengambil benda kecil yang berkemungkinan untuk bisa meluruskan pin yang bengkok tersebut dengan berhati – hati.

3. Lakukan Factory Reset Dari Recovery Mode

Kalau kendala yang kamu hadapi yaitu keadaan hp bisa hidup serta boot masih normal, namun mempunyai masalah pada proses boot freeze, gagal, maupun mati setelah nyala, kemungkinan ada masalah yang terdapat pada sistem android nya. Maka untuk kasus ini solusi di atas sebelum nya sudah saya berikan tidak akan berguna jika di pakai pada kasus ini, cara satu – satu nya yaitu memakai jalan factory reset. Resiko kalau anda menggunakan cara ini adalah akan kehilangan data pada memory internal hp, oleh karena itu sebelum mempraktekkan nya lebih baik kamu lakukan backup terhadap data penting yang ada di memory internal.

Lakukan Factory Reset Dari Recovery Mode

Berikut di bawah ini cara melakukan factory reset :

  • Masuk ke dalam mode recovery dengan cara mematikan hp, lalu saat logo hp muncul sebelum booting maka langsung saja tekan tombol Volume Up + Volume Down + Power, atau Home + Volume Up + Power. Jika tombol tersebut tidak ada yang berfungsi di hp kamu, maka bisa kamu cari sendiri tombol nya di google sesuaikan dengan merk hp.
  • Jika berhasil maka akan booting yang menampilkan sebuah gambar robot android dengan panel yang terbuka. Gunakan tombol Volume sebagai alat untuk pemilihan Recovery mode.
  • Selanjutnya tekan tombol Volume Up dan Power, kemudian pilih Factory Reset atau Wipe Data dengan memakai tombol Volume Down dan Up sebagai alat pemilih.
  • Dan pilih Yes atau tap Power.

4. Restore Stock Firmware

Jika ternyata penyebab error pada hp anda terletak pada perangkat lunak nya rusak, maka dengan cara menggunakan factory reset saja tidak lah cukup. Perlu dilakukan peresetan kembali pada sistem operasi ponsel seperti awal pabrik, error tersebut bisa terjadi di sebabkan mungkin karena sebelumnya kalian telah melakukan tweak rendah pada perangkat sistem atau mengutak – atik bagian custom ROM, dan masih banyak penyebab lainnya. Untuk melakukan pengemmbalian awal sistem firmware dapat mudah di lakukan tapi bisa juga sulit, tergantung dari pihak brand hp kamu terapkan.

Restore Stock Firmware

Untuk bisa mengetahui firmware yang kamu gunakan silahkan searching di google dengan kata firmware dan nama merk hp kamu, ikuti semua instruksi install nya sampai selesai secara manual. Perlu ingat carilah frimware yang yang cocok pada hp kamu, contoh seperti hp oppo maka carilah di google dengan kata firmware oppo, yang sulit adalah mencari firmware yang komplit. Tapi jika kamu sedang beruntung maka pabrikan merk hp tersebut akan memberikan cara yang cukup mudah untuk di lakukan.

Penutup

Sedikit catatan dari saya jika kalian sudah melakukan semua cara di atas tapi masalah tersebut tak kunjung sembuh, maka penyebab terbesar error itu timbul di karenakan ada nya perangkat keras smartphone yang rusak, dan mau tidak mau harus kalian antarkan ke tempat tukang service hp untuk bisa menyelesaikan nya. Seperti biasa jangan lupa share artikel ini ke dalam akun sosmed kamu yaa, dengan cara menekan tombol share di bawah, terimakasih sudah membaca, see you next time guyss.