Cara Mengatasi HP Sering Restart Sendiri

Cara Mengatasi HP Sering Restart – Smartphone android merupakan salah satu perangkat gadget yang paling canggih dan menjadi favorit banyak orang. Tidak lain karena kecanggihan dari smartphone android inilah yang akhirnya membuat banyak orang tertarik memilikinya. Seperti yang kita tahu, HP android dibekali dengan beragam fitur yang akan memudahkan aktivitas para penggunanya. Fungsinya bisa dibilang fleksibel, berbagai akivitas bisa dibantu dengan penggunaan HP android tersebut.

Cara Mengatasi HP Sering Restart
Cara Mengatasi HP Sering Restart

Hingga sekarang ini sudah ada banyak sekali tipe atau seri smartphone android yang dihadirkan oleh para vendor. Mulai dari Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, Huawei, Asus, dan masih banyak lagi brand smartphone android ternama lainnya. Masing-masing seri smartphone dibekali dengan spesifikasi yang berbeda-beda, sehingga performa yang dihasilkannya pun juga tidak sama. Yang pasti, hampir semua perangkat smartphone android keluaran terbaru sudah dibekali dengan spesifikasi mumpuni. Serta juga dengan banderol harga yang sangat kompetitif antar masing-masing brand.

Baca Juga:

Meskipun terbilang canggih, namun ada saja masalah error yang tidak jarang dialami oleh pengguna. Salah satu masalah pada HP android tersebut yakni HP sering restart sendiri. Masalah seperti ini tentunya akan membuat pengguna kesal. Bagaimana tidak? Saat enak-enak mengoperasikan HP, tiba-tiba HP restart sendiri tanpa diketahui penyebabnya. Apalagi saat kita melakukan aktivitas penting pada HP android, tentunya semakin membuat kesal. Lantas, bagaimana cara mengatasi HP sering restart tiba-tiba tersebut? Informasi selengkapnya bisa disimak di bawah ini!

Cara Mengatasi HP Sering Restart Paling Ampuh

Cara Mengatasi HP Android Sering Restart
Cara Mengatasi HP Android Sering Restart

Sebelum lanjut ke pembahasan cara mengatasi HP android sering restart, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebabnya. Adapun penyebab HP sering restart sendiri, seperti RAM yang penuh, memori internal penuh, HP android terlalu panas atau overheat, crash pada sistem android, dan juga akibat bug pada sistem. Dengan mengetahui beberapa penyebabnya tersebut, nantinya kamu bakal lebih mudah untuk mengatasinya.

Adapun cara mengatasi HP sering restart sendiri selengkapnya, sebagai berikut:

1.  Mengistirahatkan HP Android

Cara yang pertama untuk mengatasi HP android yang sering restart yakni dengan mengistirahatkan HP. Sama halnya manusia, perlu yang namanya istirahat agar tenaganya kembali pulih dan siap menjalani aktivitas harian. Begitu juga dengan HP android, jangan dioperasikan secara terus-menerus. Beri jeda sejenak dengan mengistirahatkannya.

Agar lebih maksimal, sebaiknya kamu matikan HP android dan lepaskan komponen luar, seperti baterai (khusus baterai bisa dilepas), kartu SIM, dan juga memori card. Diamkan hingga kurang lebih 15 menit atau lebih. Jika sudah, coba pasang kembali dan hidupkan HP.

2. Menghapus Aplikasi yang Terakhir Kali Diinstall

Mungkin saja HP yang sering restart disebabkan oleh sebuah aplikasi yang pernah kamu install. Hal ini sering terjadi jika kamu sering menginstall aplikasi dari luar Google Play Store. Sesaat setelah selesai menginstall aplikasi tertentu dan HP mengalami masalah sering restart, maka sudah bisa dipastikan penyebabnya memang aplikasi tersebut.

Agar HP kembali normal, sebaiknya kamu hapus atau uninstall aplikasi yang terakhir kali diinstall tadi. Caranya yakni dengan masuk ke menu Pengaturan >> pilih Aplikasi Terinstall >> cari dan pilih aplikasi yang ingin diuninstall >> klik Hapus Instalasi.

3. Aktifkan Aplikasi yang Dinonaktifkan

Salah satu cara menghemat ruang memori di android yakni dengan melakukan disable pada beberapa aplikasi bawaan atau bloatware yang tidak bisa diuninstall. Cara ini memang cukup ampuh dalam hal memperluas ruang RAM. Tetapi, terkadang hal ini menimbulkan masalah baru pada HP android. Salah satunya yakni membuat HP android sering restart sendiri.

Agar masalah tersebut segera teratasi, sebaiknya kamu aktifkan kembali aplikasi bloatware yang di-disable tadi. Caranya dengan masuk ke menu Pengaturan >> pilih Aplikasi Terinstall >> cari dan pilih aplikasi yang ingin diaktifkan >> dan klik Aktifkan.

4. Bersihkan Memori Internal

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu penyebab HP sering restart yakni memori internal yang terlalu penuh. Memori internal yang penuh bisa membuat sistem android mengalami crash dan tidak berjalan dengan stabil. Hasilnya, jika ini dibiarkan maka akan membuat HP sering restart sendiri.

Sebaiknya kamu segera membersihkan ruang di memori internal HP tersebut. Salah satu caranya yakni dengan menggunakan aplikasi tambahan, misalnya saja Avast Cleaner. Aplikasi ini akan membantu kamu mencari file cache yang tersembunyi di memori internal HP. Setelah ditemukan, kamu bisa langsung menghapusnya.

5. Bersihkan RAM Android

Sama halnya dengan yang di atas, ruang RAM yang sudah penuh juga membuat performa kinerja HP menjadi lambat dan tidak stabil. Bahkan paling parahnya HP akan mengalami hang atau stuck, dan akhirnya melakukan restart dengan sendirinya. Seperti yang kita tahu, RAM merupakan salah satu komponen dalam HP android yang berperan penting dalam hal memaksimalkan kinerja multitaskingnya.

Untuk membersihkan ruang di RAM android, bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur bawaan dari HP android. Hampir semua seri atau tipe HP android sudah dibekali dengan fitur seperti ini. Jika memang tidak tersedia, maka kamu bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Misalnya saja aplikasi Ccleaner Mobile, Clean Master, Avast Cleaner dan lain sebagainya.

6. Melakukan Update Sistem Android

Setiap vendor smartphone android selalu rutin memberikan update terbaru pada sistem android miliknya. Update sisteme android ini sendiri sangat dianjurkan untuk dilakukan jika memang sudah disediakan oleh vendor masing-masing. Pasalnya, selain bisa mendapatkan fitur-fitur terbaru, juga bakal mengatasi bug yang sering terjadi pada HP android.

Jika tidak dilakukan update sistem, beberapa masalah error biasanya akan sering dialami. Termasuk juga masalah HP android yang sering restart sendiri. Untuk mengupdate sistem android sangatlah mudah, yakni dengan cara masuk ke menu Pengaturan >> klik opsi About >> pilih System Update >> cek apakah ada pembaruan sistem atau tidak. Kalau memang ada, maka kamu bisa langsung melakukan update sistem.

7. Lakukan Factory Reset HP Android

Dan cara mengatasi HP sering rerstart secara tiba-tiba yang terakhir yakni dengan melakukan factory reset. Cara satu ini bisa dibilang menjadi cara terakhir untuk berbagai masalah yang terjadi pada HP android, khususnya yang berhubungan dengan sistem. Meski demikian, perlu kamu tahu kalau melakukan reset HP berarti kamu akan mengembalikannya ke setelan awal pabrik.

Memori di HP android akan kembali kosong layaknya HP yang masih baru pertama kali dibeli. Jika memang ada beberapa file penting yang tersimpan di dalamnya, sebaiknya kamu lakukan backup data terlebih dahulu. Untuk melakukan reset HP android caranya sangat mudah, yakni masuk ke menu Pengaturan >> pilih Manajemen umum >> pilih opsi Reset >> klik Reset data pabrik

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi HP sering restart yang paling ampuh bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Cara Dapat Ribuan Kontak WhatsApp Paling Mudah

Cara Dapat Ribuan Kontak WhatsApp - Kalian pasti sudah sangat tahu dengan yang namanya aplikasi WhatsApp. Menjadi salah satu aplikasi chatting online...

Situs Download Lagu MP3 Legal dan Gratis

Situs Download Lagu MP3 Legal dan Gratis - Mendengarkan musi zaman sekarang bisa menghilangkan stres dan bisa juga sebagi hiburan diri. Saat...

Ciri-ciri Pinjaman Uang Online Terpercaya

Ciri-ciri Pinjaman Uang Online Terpercaya - Di masa pandemi Covid-19 ini, banyak dari kita yang mengalami kesusahan dalam mencari rezeki. Banyak pekerja...

Cara Cek Saldo E-Toll di HP Android Paling Mudah

Cara Cek Saldo E-Toll di HP - Dunia teknologi sudah berkembang dengan sangat pesatnya dan berbagai alat canggih sudah dihadirkan. Salah satu...

Related news

Cara Dapat Ribuan Kontak WhatsApp Paling Mudah

Cara Dapat Ribuan Kontak WhatsApp - Kalian pasti sudah sangat tahu dengan yang namanya aplikasi WhatsApp. Menjadi salah satu aplikasi chatting online...

Situs Download Lagu MP3 Legal dan Gratis

Situs Download Lagu MP3 Legal dan Gratis - Mendengarkan musi zaman sekarang bisa menghilangkan stres dan bisa juga sebagi hiburan diri. Saat...

Ciri-ciri Pinjaman Uang Online Terpercaya

Ciri-ciri Pinjaman Uang Online Terpercaya - Di masa pandemi Covid-19 ini, banyak dari kita yang mengalami kesusahan dalam mencari rezeki. Banyak pekerja...

Cara Cek Saldo E-Toll di HP Android Paling Mudah

Cara Cek Saldo E-Toll di HP - Dunia teknologi sudah berkembang dengan sangat pesatnya dan berbagai alat canggih sudah dihadirkan. Salah satu...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini