Cara Mudah Mengatasi HP Realme Bootloop

Cara Mudah Mengatasi HP Realme Bootloop Normalnya jika sebuah smartphone yang dalam kondisi mati, dan ketika di nyalakan maka tidak lama setelahnya akan langsung masuk ke homescreen. Akan tetapi, terdapat beberapa pengguna smartphone terutama pada Realme. Yang mengalami kasus di mana ketika HP di nyalakan malah tidak kunjung masuk ke dalam menu utama. Masalah ini sendiri biasa di kenal dengan istilah Bootloop. Yaitu masalah yang terdapat pada piranti lunak android yang gagal masuk ke dalam sistem. Yang mana proses masuk perangkatnya hanya akan mengulang logo vendor android saja secara terus-menerus.

Cara Mudah Mengatasi HP Realme Bootloop

Tapi teanng, jika kalian sekarang ini sedang mengalami masalah bootloop tersebut, jangan dulu panik. Apalagi terburu-buru untuk mengantarkan HP ke service handphone. Ya sangat sekali bukan untuk mengeluarkan uang kalau nyatanya kamu bisa memperbaikinya sendiri. Hal pertama yang mesti anda ketahui bahwa bootloop ini sendiri terdiri dari 2 jenis lho, yang berdasarkan oleh tingkat kerusakannya. Yang pertama itu jenis Light Bootloop, atau bootloop ringan. Biasanya bootloop ini cuma bersifat sementara, dengan kata lain ia terkadang bisa saja kumat lagi. Dan kalau di coba restart kembali masih bisa masukke homescreen.

Baca Juga:

Lanjut ke jenis yang ke 2, yaitu Hard Bootloop, nah ini merupakan bootloop yang parah. Karena walaupun kita sudah mengulangi restart HP berkali-kali namun hasilnya tetap saja tidak bisa masuk ke homescreen. Atau kegagalan masuk ke sistem secara permanen. Setelah kalian mengetahui kedua jenis tadi, maka cobalah untuk restart terlebih dulu HP kamu ya. Mungkin saja masih bisa masuk ke sistem androidnya dan tidak lagi berulang. Kalau tetap masih tidak bisa, kamu perlu menyimak isi artikel kita kali ini yang ngebahas lengkap cara mudah mengatasi HP Realme bootloop.

Cara Mudah Mengatasi HP Realme Bootloop

Seperti kata pepatah ya, tidak ada asap kalau tak ada api. Begitu juga dengan kemunculan dari permasalahan ini. Bootloop sering kali terjadi di sebabkan oleh flashing curom ROM yang tak sesuai, restore system backup, menginstall mod yang tidak sesuai dengan ROM dan masih banyak lagi. Jadi, jika kamu baru saja melakukan beberapa hal yang sudah saya sebutkan tadi, maka ya itu sudah pasti biang masalahnya.

1. Mengatasi Light Bootloop atau Bootloop Ringan

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa, light bootloop adalah salah satu masalah bootloop pada ponsel android yang termasuk ringan gejalanya. Walaupun begitu, terkadang masih saja bootloop ini timbul setelah di restart, maka dari itu butuh penanganan lainnya namun tidak di perlukan langkah-langkah teknis. Perlu anda ketahui kalau, light bootloop sendiri sering terjadi pada saat smartphone sedang di gunakan untuk bermain game. Maupun ketika sedang menonton video dan memasang aplikasi yang secara tiba-tiba saja melakukan restart dengan sendirinya. Dan setelah HP menyala maka hanya menampilkan logo HP saja tidak masuk ke homescreen.

Nah, supaya light bootloop ini tidak terjadi terus meneur maka ada langkah yang harus kamu lakukan. Cara nya yaitu melepas semua perangkat keras yang terpasang seperti mencabut memori, baterai (jika baterai removable) dan juga SimCard HP. Setelah tercabut semua, kita hanya perlu membiarkannya selama 30 menit sampai dengan 24 jam. Setelah itu lanjut memasang kembali semua perangkat keras yang di lepas dan, dan coba hidupkan kembali ponsel tersebut.

2. Menginstall Ulang Software

Jika sebelumnya anda melakukan custom ROM atau memasang MOD yang tak sesuai sama ROM yang mengakibatkan terjadinya bootloop pada smartphone Realme milik anda. Maka itu sudah jelaskan ya bahwa terdapat kerusakan pada salah satu sistem perangkat androidnya. Untuk dapat mengatasi kasus seperti ini kita perlu melakukan install ulang perangkat software dari android tersebut. Untuk melakukannya sendiri terdapat 2 macam cara ya, yang pertama melalui recovery tanpa memerlukan perangkat tambahan PC atau laptop. Nah, yang kedua yaitu tanpa menggunakan perangkat tambahan seperti PC tadi.

  1. Untuk tutorial melakuakn recovery tanpa PC sendiri bisa kamu simak langkah-langkahnya berikut ini:

    Pertama kita perlu mengunduh ROM HP Realme langsung dari situs resmi Realme nya melalui link disini. Gunakan HP lain untuk mengunduhnya ya, karenakan HP Realme tadi sedang bermasalah
  2. Kalau sudah berhasil terdownload, kita pindahkan file ROM download tadi ke dalam SDcard atau memory eksternal HP lain tadi
  3. Setelah itu kita masukan SDcard dari HP lain tadi kedalam smartphone Realme yang mengalami bootloop
  4. Lanjut kita tekan tombol Volume bawah dan Power secara bersamaan. Tahan beberapa detik dan lepas
  5. Maka akan tampil menu ColorOS Recovery, dan kita tekan opsi Install Form Storage Devices
  6. Lalu pilih From SDcard dan tekan file ROM yang telah di unduh tadi
  7. Langkah terakhir kita tekan tombol Yes. Proses installasi akan mulai secara otomatis dan tunggu hingga prosesnya selesai.

3. Melakukan Hard Reset System

Jika memang bootloop yang kalian alami saat ini cukup parah, di sarankan untuk melakukan hard reset saja. Namun perlu di ingat, kalau memang terkadang masih bisa masuke homescreen segera untuk melakukan backup data terlebih dulu ya. Sebab, sejatinya dengan melakukan hard reset ini kita akan menghapus semua file dan sistem pada memori internal HP. Dan kemudian mengembalikannya sewaktu baru keluar dari pabrikannya. Hanya saja, semua file pada memori eksternal akan tetap utuh ya jadi ga perlu khawatir.

Sebelum memulai ke langkah-langkahnya pastikan dulu kalau daya baterai dari HP kamu sudah terisi di atas 60% ya. Hal ini di perlukan untuk mengantisipasi kalau saja proses resetnya bakal membutuhkan waktu yang cukup lama. Jika sudah siap yuk simak langkah-langkah hard reset HP Realmenya berikut di bawah ini:

  1. Matikan terlebih dulu HP Realme milikmu, kemudian tekan tombol Volume bawah dan Power secara bersamaan, tekan beberapa detik dan lepas
  2. Kalau berhasil maka kamu akan di arahkan ke dalam menu colorOS Recovery, terlebih dulu kita pilih bahasa English
  3. Setelah itu kita tekan opsi Wipe Data
  4. Lanjut dengan memilih Wipe Data (Keep SMS, Contacts and Photos)
  5. Klik tombol OK untuk segera melakukan eksekusi
  6. Jika proses wipe data tadi telah selesai, maka akan tampil sebuah notifikasi Wipe Succesfully
  7. Tekan tombol OK
  8. Langkah terakhir yaitu memilih menu Reboot dan tunggu hingga HP menyala.

Penutup

Baik mungkin itu saja informasi yang dapat saya sampaikan mengenai pembahasan kita Cara Mudah Mengatasi HP Realme Bootloop. Jangan lupa untuk share artikel kita ke sosial media kamu ya, dan jangan lupa untuk cek terus update dari kami di setiap harinya. Terimakasih dan sampai jumpa.

Eren Yeager
Hello people 🙂 Perkenalkan nama saya Eren, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber 🙂 this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini