Cara Mengatasi HP OPPO Sering Mati Paling Ampuh

Cara Mengatasi HP OPPO Sering Mati – OPPO merupakan satu dari beberapa vendor smartphone asal China yang cukup terkenal saat ini. HP OPPO menjadi pilihan favorit bagi banyak pecinta gadget, termasuk juga di Indonesia. Alasannya karena HP android OPPO dibekali dengan dukungan spesifikasi yang mumpuni. Komponen hardware yang diusungnya bisa dibilang berkualitas tinggi sehingga akan mampu menghasilkan performa yang mumpuni. Berbagai aktivitas berat memungkinkan bisa dilibas dengan cepat oleh HP OPPO tersebut.

Cara Mengatasi HP OPPO Sering Mati
Cara Mengatasi HP OPPO Sering Mati

Tidak hanya itu saja, HP dari OPPO juga terkenal dengan dukungan fitur fotografinya yang berkualitas bagus. Baik kamera depan maupun kamera belakang HP OPPO memiliki resolusi tinggi sehingga mampu menghasilkan foto atau video yang bekualitas. Gambarnya sangat jernih dan tajam sehingga cocok untuk kalian para pecinta fotografi. Spesifikasi mumpuni yang diusungnya, tidak membuat HP dari OPPO dibanderol dengan harga mahal. Justru OPPO menjual produknya dengan harga yang cukup terjangkau.

Baca Juga:

Meski demikian, bukan berarti HP OPPO tidak pernah mengalami masalah error. Beberapa pengguna mengeluhkan berbagai jenis error yang dialami di HP androidnya. Salah satu masalah error tersebut yakni HP sering mati sendiri. Saat enak-enaknya mengoperasikan HP, tiba-tiba HP mati. Pastinya hal seperti ini akan membuat kita kesal sendiri. Lantas, bagaimana cara mengatasi HP OPPO sering mati sendiri tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengatasi HP OPPO Sering Mati Paling Ampuh

Cara Mengatasi OPPO Sering Mati
Cara Mengatasi OPPO Sering Mati

HP OPPO yang sering mati sendiri ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari komponen hardware bermasalah, sistem android bermasalah, atau juga faktor lainnya. Adapun beberapa penyebab HP OPPO sering mati sendiri selengkapnya, yakni:

  • Terlalu banyak file cache. File cache atau sampah yang dibiarkan menumpuk dalam waktu lama, hal ini bisa membuat error pada sistem. Termasuk juga bisa menyebabkan HP sering mati atau restart.
  • Masalah pada sistem android. Kerusakan pada sistem android sering dialami di berbagai merek HP, termasuk HP OPPO.
  • Aplikasi atau game. Terkadang banyak pengguna yang menginstall aplikasi dari luar Google Play Store. Padahal, langkah ini bisa memperbesar risiko terjadinya kerusakan pada sistem HP. Salah satunya bisa menyebabkan HP sering mati.
  • Overload. Overload disebabkan karena komponen dapur pacu HP bekerja terlalu keras, seperti RAM, GPU dan juga prosesor.
  • Overheat. Selain overload, overheat atau HP terlalu panas juga bisa menyebabkan HP error, bahkan bisa restart atau mati dengan sendirinya.
  • Rooting HP. Melakukan root HP akan membuat pengguna memiliki hak akses penuh terhadap sistem android. Tetapi, cara ini juga bisa membuat HP melakukan masalah error, termasuk HP mati sendiri.

Setelah mengetahui beberapa penyebab HP OPPO mati sendiri di atas, sekarang kita lanjut ke cara bagaimana untuk mengatasinya. Adapun cara mengatasi HP OPPO sering mati yang mudah dan ampuh selengkapnya, sebagai berikut:

1. Membersihkan File Cache yang Menumpuk

Cara yang pertama untuk mengatasi HP sering restart atau mati yakni dengan menghapus cache atau file sampah. File cache yang sudah terlalu lama dibiarkan menumpuk juga bisa menyebabkan error pada sistem android. Karena itulah, kamu harus rutin menghapusnya agar masalah error bisa teratasi.

Untuk menghapus file cache di HP android paling mudah dengan melakukan restart. Agar lebih maksimal, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menghapusnya. Salah satunya yang paling direkomendasikan yakni Ccleaner. Tidak hanya file cache, file yang tersembunyi juga memungkin dihapus dengan aplikasi ini.

2. Menghapus Aplikasi dan Game

Sebaiknya kamu hapus atau uninstall aplikasi dan game yang diinstall tidak melalui Google Play Store. Umumnya aplikasi dari luar Google Play Store ini tidak melewati filter yang ketat. Bisa saja aplikasi tersebut sudah disisipi oleh virus atau malware yang bisa menyebabkan error pada HP.

Selain itu, kamu juga harus menghapus aplikasi dan game yang masih dalam versi Beta. Versi Beta merupakan versi yang masih belum 100% selesai dan umumnya masih ditemukan banyak bug di dalamnya. Dan yang penting lagi, kamu harus menghapus aplikasi dan game yang tidak kompatibel dengan perangkat HP OPPO-mu.

3. Istirahatkan HP OPPO

Sama saja seperti manusia, perangkat HP juga perlu yang namanya istirahat. HP yang selalu bekerja akan membuat sistem software dan hardware HP kelelahan. Alhasil, HP mengalami berbagai masalah error, mulai dari lemot, hang, bahkan bisa mati dengan sendirinya.

Sebaiknya kamu istirahatkan HP beberapa saat hingga kondisinya kembali normal. Saat mengistirahatkan HP, disarankan untuk mencabut baterai, SIM Card dan juga microSD. Hal ini akan membuat HP beristirahat secara penuh. Dan saat digunakan lagi nantinya HP akan lebih cepat dan maksimal performanya.

4. Melakukan Unroot HP

Jika HP OPPO yang sering mati terjadi saat kamu selesai melakukan root, maka langkah unroot adalah yang paling tepat dilakukan. Langkah ini akan membuat HP kembali normal dan masalah HP mati sendiri tidak akan terjadi lagi.

Seperti yang kita tahu, rooting HP android akan memberikan hak akses penuh terhadap penggunanya. Jadi, kita bisa lebih leluasa untuk melakukan oprek sistem android. Hanya saja, root HP cukup berisiko. Akan ada banyak bahaya yang bisa terjadi jika HP sudah di-root. Untuk melakukan unroot HP sangat mudah, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Salah satunya yang paling direkomendasikan yakni aplikasi KingRoot.

5. Melakukan Factory Reset

Cara lain untuk mengatasi masalah HP OPPO mati sendiri yakni dengan melakukan factory reset. Cara ini diklaim sangat ampuh untuk mengatasi error pada HP, termasuk masalah HP sering mati.

Untuk melakukan fatory reset sangat mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Langkah yang pertama pastikan HP OPPO dalam keadaan mati.
  • Sekarang hidupkan lagi HP dengan cara tekan dan tahan tombol Power + Volume Down agak lama. Setelah HP bergetar dan muncul tampilan di layar, maka kamu lepaskan tekanan pada kedua tombol tersebut.
  • Nantinya kamu akan dibawa ke Recovery Mode. Pada mode tersebut kamu navigasikan ke opsi Wipe All Data. Gunakan tombol volume untuk navigasi dan tombol Power untuk eksekusi pilihan.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu pilih opsi Reboot.

Catatan: Factory reset akan membuat data di HP akan terhapus secara permanen. Sebaiknya lakukan backup data terlebih dahulu sebelum melakukannya.

6. Install Ulang Firmware

Mengganti firmware ke versi custom memang bisa membuat tampilan HP menjadi lebih menarik. Selain itu, fitur-fitur keren juga memungkinkan untuk kamu temukan di dalamnya. Hanya saja, jika salah melakukannya bisa membuat HP menjadi error.

Apalagi jika firmware yang kamu gunakan tidak cocok atau tidak kompatibel dengan tipe HP OPPO, maka akan membuat HP semakin error.

Catatan: Hindari menggunakan custom ROM dan sebaiknya tetap gunakan firmware bawaan dari OPPO.

Penutup

Itulah tadi cara mengatasi HP OPPO sering mati yang paling mudah dan ampuh bisa coba kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini