4 Cara Mengatasi HP Mati Sendiri Paling Ampuh

Cara Mengatasi HP Mati Sendiri – HP android merupakan salah satu perangkat teknologi yang paling digandrungi sekarang ini. Hampir semua orang punya yang namanya HP android tersebut. Tidak heran, karena banyak vendor HP yang berlomba-lomba menghadirkan produk HP canggih dengan harga kompetitif. Meskipun murah, namun spesifikasi yang diusungnya cukup tinggi, sehingga mampu menghasilkan performa kinerja yang mumpuni. Performa yang apik ini tentunya akan sangat memanjakan para penggunanya.

Cara Mengatasi HP Mati Sendiri
Cara Mengatasi HP Mati Sendiri

Selain itu, beberapa HP android keluaran terbaru sekarang ini dibekali dengan fitur-fitur canggih. Dengan adanya fitur tersebut akan semakin memanjakan para pengguna saat mengoperasikannya. Seperti yang kita tahu, fitur di android semakin beragam dengan inovasi-inovasi baru yang dihadirkan. Tidak hanya dari brand ternama saja, beberapa brand pendatang baru juga sudah banyak yang bereksperimen dengan menghadirkan fitur canggih terbaru tersebut.

Baca Juga:

Meskipun canggih, namun tidak jarang HP android mengalami beberapa masalah error. Salah satunya yakni HP android yang sering mati dan hidup sendiri alias restart otomatis. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu kenyamanan pengguna saat mengoperasikan HP android. Masalah HP android mati sendiri tersebut bisa disebabkan oleh banyak faktor. Baik itu karena faktor komponen HP yang rusak, sistem HP bermasalah atau faktor lainnya. Berikut ini cara mengatasi HP mati sendiri paling mudah dan ampuh bisa kamu terapkan.

Cara Mengatasi HP Mati Sendiri Paling Ampuh

Cara Mengatasi HP Android Mati Sendiri
Cara Mengatasi HP Android Mati Sendiri

HP android mati sendiri memang tidak hanya dialami oleh satu orang saja, melainkan beberapa pengguna. Menyebalkan tentunya jika saat enak-enak mengoperasikan HP, justru tiba-tiba mati tanpa sebab. Misalnya saja saat seru-serunya mabar, tiba-tiba HP mati dengan sendirinya. Tentunya hal ini sangat menyebalkan dan membuat teman satu tim menganggap kita penganut AFK.

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab HP mati sendiri dan hidup sendiri secara berulang-ulang. Adapun beberapa penyebab HP mati sendiri tersebut, antara lain:

  • OS Android error. Penyebab utama HP android yang sering mati dan hidup sendiri tersebut yakni karena Sistem Operasi Android bermasalah. Pada kondisi tertentu terkadang OS Android tidak bekerja dengan maksimal. Alhasil membuat HP mengalami masalah mati sendiri tersebut.
  • Suhu HP terlalu tinggi. HP yang mengalami overheat atau terlalu panas juga bisa menyebabkan HP mati sendiri. Dalam hal ini chipset sebagai pemroses kinerja seluruh komponen HP, jika terlalu panas akhirnya membuat semua komponen berhenti.  Dan akhirnya membuat HP android mati sendiri.
  • Baterai error. Baterai merupakan komponen utama yang berfungsi untuk menyuplai daya listrik. Apabila baterai mengalami error, hal ini tentunya juga akan mempengaruhi semua komponen di HP android. Terkadang indikator baterai yang muncul tidak sesuai dengan aslinya. Misalnya indikator baterai menunjukkan angka 75%, tetapi sisa baterai aslinya hanya 5% saja.
  • Memori internal HP penuh. Memori internal HP juga bisa menjadi penyebab HP android mati sendiri. Misalnya saja saat memori internal HP yang terlalu penuh, bisa saja membuat HP tidak bekerja dengan maksimal. Dan kondisi terparahnya bisa membuat HP berhenti bekerja dan sistem android melakukan restart.
  • Rooting HP android. Me-root HP android memungkinkan pengguna mendapat hak akses penuh terhadap sistem android. Tetapi, nyatanya hal ini bisa menjadi salah satu penyebab HP mati sendiri.

Setelah mengetahui beberapa penyebab HP mati sendiri di atas, sekarang lanjut ke cara untuk mengatasinya. Ada beberapa langkah mudah untuk memperbaiki masalah yang terjadi pada HP android tersebut. Adapun beberapa cara mengatasi HP mati sendiri selengkapnya, sebagai berikut:

1. Melakukan Update Sistem Operasi Android

Seperti yang dijelaskan di atas, OS Android bisa menjadi penyebab utama HP mati sendiri. Hal ini mungkin saja disebabkan oleh OS Android yang sudah usang, sehingga harus dilakukan update ke versi terbaru. Biasanya setiap vendor akan memberikan update OS Android secara rutin.

Untuk mengetahui apakah HP android mendapatkan update Sistem Operasi Android terbaru atau tidak, kamu bisa mengeceknya melalui menu Pengaturan HP.  Untuk langkah-langkah lebih jelasnya, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu masuk ke menu Pengaturan HP android.
  • Selanjutnya scroll ke bawah, kemudian pilih opsi Update Perangkat Lunak.
  • Cek di halaman tersebut apakah sudah tersedia update Sistem Operasi Android terbaru atau tidak.
  • Jika memang ada, selanjutnya kamu klik Unduh dan Install.
  • Proses update sistem operasi biasanya akan butuh waktu yang agak lama. Kamu tingga menunggu hingga prosesnya selesai.

2. Mengecek Kondisi Baterai HP Android

Berikutnya yakni dengan melakukan pengecekan pada kondisi baterai HP android. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, terkadang indikator baterai menunjukkan angka berbeda dengan sisa baterai aslinya. Karena itulah, pengguna sering terkecoh dengan hal tersebut sehingga HP mati sendiri.

Untuk mengatasi masalah ini bisa dengan melakukan kalibrasi baterai HP android. Untuk melalukannya kamu perlu menggunakan yang namanya aplikasi Battery Calibration. Aplikasi satu ini bisa kamu unduh dan install melalui Google Play Store. Cara untuk menggunakannya sangat mudah, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu install aplikasi Battery Calibration di HP android.
  • Setelah itu lakukan charger HP android hingga penuh 100%.
  • Jangan dicabut dulu, sekarang kamu jalankan aplikasi kalibrasi baterai yang sudah diinstall tadi.
  • Mulailah melakukan kalibrasi baterai dengan aplikasi tersebut.
  • Jika sudah selesai, sekarang kamu bisa mencabut kabel charger. Alhasil indikator sudah menunjukkan angka sesuai sisa baterai yang sebenarnya.
  • Selesai.

3. Membersihkan RAM dan Memori Internal

Cara lain untuk mengatasi HP android mati sendiri yakni dengan membersihkan RAM dan memori internal HP. RAM HP android yang terlalu penuh bisa menyebabkan HP mati atau restart sendiri. Karena itulah, kamu perlu mengosongkan ruang RAM agar masalah tersebut tidak terjadi lagi. Caranya dengan menggunakan aplikasi pembersih RAM di Google Play Store.

Selain RAM, memori internal juga harus punya ruang kosong agar tidak menyebabkan masalah mati sendiri tersebut. Sama seperti tadi, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pembersih file cache dan file tersembunyi yang menyebabkan memori internal penuh. Salah satu aplikasi yang paling direkomendasikan yakni Ccleaner.

4. Melakukan Unroot HP Android

Jika ternyata HP android yang mati sendiri terjadi ketika kamu selesai melakukan rooting HP, maka kemungkinan rooting tersebutlah yang menjadi penyebabnya. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu harus melakukan unroot agar masalah HP mati sendiri tersebut bisa diatasi.

Untuk melakukan unroot HP android, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Salah satu satu aplikasi yang paling direkomendasikan yakni KingRoot. Aplikasi satu ini tidak hanya bisa digunakan untuk rooting saja, melainkan juga menyediakan fitur untuk unroot HP android.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi HP mati sendiri paling ampuh dan mudah bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat untuk orang lain.