Cara Mengatasi HP Hang dan Nge-Lag Paling Ampuh

658
Cara Mengatasi HP Hang
Cara Mengatasi HP Hang

Cara Mengatasi HP Hang – Smartphone android sudah menjadi salah satu perangkat yang paling dibutuhkan di era modern seperti sekarang ini. Tidak hanya sebagai alat komunikasi saja, smartphone android punya fungsi yang lain. Mulai dari sebagai alat browsing internet, sarana bisnis, hingga sebagai sarana hiburan bagi penggunanya. Dibekali dengan beragam fitur keren nan canggih, HP android semakin banyak dicintai oleh banyak orang. Tidak hanya kalangan atas saja, kalangan menengah ke bawah pun sudah bisa membeli yang namanya HP android.

Cara Mengatasi HP Hang
Cara Mengatasi HP Hang

Hingga sekarang ini sudah ada banyak sekali tipe atau seri HP android yang dihadirkan oleh para vendor. Namun, meski terbilang canggih dan punya banyak kegunaan, tetap saja HP android terkadang punya beberapa permasalahan. Salah satu masalah yang dirasakan oleh pengguna pada HP androidnya adalah hang atau macet. Kesal banget pastinya saat seru-serunya melakukan suatu aktivitas di HP, tiba-tiba HP mengalami hang atau macet.

Baca Juga:

Selain hang, awal mula yang dialami HP biasanya mengalami lag atau patah-patah. Masalah hang dan nge-lag ini sendiri sering dialami pada HP android yang berspesifikasi standar hingga rendah. Pengguna memaksanya melakukan banyak aktivitas dalam satu waktu, serta menginstall banyak aplikasi di dalamnya. Alhasil, HP tidak mampu lagi menerima beban tersebut sehingga mengalami hang. Lantas, bagaimana cara mengatasi HP hang dan sering ngel-lag tersebut ? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Mengatasi HP Hang dan Nge-Lag Paling Ampuh

Cara Mengatasi HP Macet
Cara Mengatasi HP Macet

Mengatasi HP yang suka hang dan lag sebenarnya sangat mudah, bahkan kamu yang masih pemula pun bisa melakukannya. Tidak perlu melakukan rooting HP android atau bahkan membongkar isi komponen di dalamnya. Cukup dengan trik simple, masalah hang atau macet dan lag tersebut bisa segera teratasi.

1. Menghapus Cache di HP

Cara mengatasi HP hang dan suka nge-lag yang pertama adalah dengan melakukan penghapusan cache atau file sampah di memori android. File cache yang memenuhi memori akan membuat kinerja HP menurun. Dan kondisi paling parahnya HP android akan macet alias hang. Selain masalah tersebut, cache yang dibiarkan tersimpan di memori internal bisa juga bisa menyebabkan HP lemot, tidak bisa membuka aplikasi tertentu, dan lain sebagainya.

Tidak banyak yang tahu bagaimana cara menghapus file cache yang tersimpan di memori internal. Kamu bisa memanfaatkan fitur penghapus cache yang biasanya disematkan di setiap HP. Jika memang tidak ada, maka alternatif lainnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi penghapus cache yang ada di Google Play Store. Salah satu aplikasi yang paling direkomendasikan adalah CCleaner.

2. Menghapus Data Aplikasi dan Game

Hampir sama seperti sebelumnya, data aplikasi dan game biasanya juga akan tersimpan di memori HP. Semakin banyak data aplikasi dan game yang tersimpan, tentunya membuat memori HP penuh. Akibatnya HP akan mengalami lemot, sering nge-lag, dan terparahnya mengalami hang atau macet.

Agar HP tidak mengalami lag dan nge-hang terus, sebaiknya lakukan penghapusan data aplikasi dan game. Khususnya untuk aplikasi dan game yang jarang digunakan. Namun perlu diingat, menghapus data game akan membuat aplikasi dan game kembali ke kondisi default (seperti baru pertama kali menginstallnya). Untuk menghapus data aplikasi dan game terbilang sangat mudah, yakni:

  • Buka menu Settings atau Pengaturan.
  • Pilih opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi yang ingin dihapus datanya.
  • Pilih opsi Penyimpanan.
  • Klik tombol Hapus Cache dan Hapus Data.

3. Hindari Penggunaan Live Wallpaper

Menggunakan Live Wallpaper memang akan membuat tampilan layar HP android tampak lebih menarik dan indah. Apalagi sekarang ini sudah ada banyak sekali pilihan live wallpaper HP android yang disediakan secara gratis. Namun sayangnya, penggunaan live wallpaper ternyata berpengaruh terhadap kinerja smartphone. Apalagi jika smartphone androidmu memiliki spesifikasi standar atau rendah. Yang terjadi adalah kinerja HP menjadi lemot  dan lebih parahnya mengalami lag hingga nge-hang.

Jadi, sebaiknya hindari penggunaan live wallpaper di HP androidmu. Sebagai gantinya, gunakan wallpaper biasa yang simple namun terlihat keren. Kamu bisa mengunduhnya secara gratis di internet.

4. Menghapus atau Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan

Terlalu banyak aplikasi dan game yang tersintall di HP android, hal ini tentu akan membuat beban kinerja HP menjadi lebih berat. Jika ini dibiarkan, bisa jadi HP akan mengalami lag dan hang. Karena itulah, untuk cara mengatasi HP hang dan lag berikutnya yakni dengan meminimalkan jumlah aplikasi yang terinstall di HP android.

Mula-mula kamu lakukan uninstall aplikasi yang sekiranya jarang atau bahkan tidak digunakan. jika kamu sudah melakukan rooting HP, maka bisa juga menghapus aplikasi bawaan HP android yang tidak terpakai. Untuk menghapus atau uninstall aplikasi di android, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka menu Pengaturan atau Settings.
  • Kemudian pilih opsi Aplikasi.
  • Setelah itu, cari dan pilih aplikasi yang ingin dihapus atau uninstall.
  • Dan terakhir klik Hapus Aplikasi atau Uninstall.

5. Mengupgrade Sistem Operasi Android

Dan cara untuk mengatasi HP hang atau sering lag yang terakhir adalah dengan upgrade OS ke versi terbari. Cara satu ini terbilang ampuh dan tentunya memungkinkan kamu menerima fitur-fitur canggih terbaru yang disematkan di dalamnya. Setiap vendor biasanya akan memberikan notif secara berkala jika terdapat pembaruan OS untuk setiap produknya. Kamu cukup mendownload dan menerapkan OS versi terbaru yang diberikan oleh vendor.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi HP hang dan sering nge-lag yang paling ampuh bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?

Artikel SebelumnyaFungsi Lain Tombol Volume HP Android Belum Orang Tahu
Artikel Selanjutnya4 Aplikasi Penurun Performa HP Android
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini