Cara Mengatasi HP Android Terendam Air, Anti Rusak!

Cara Mengatasi HP Android Terendam Air – Saat ini sudah hadir berbagai macam jenis dan tipe smartphone canggih yang juga dibekali dengan fitur handal. Tidak hanya itu saja, fitur handal tersebut juga diimbangi dengan spesifikasi hardware yang juga sangat mumpuni. Perpaduan keduanya akan mampu menghasilkan HP dengan performa kinerja yang cepat dan memuaskan penggunanya.

Cara Mengatasi HP Android Terendam Air

Salah satu fitur canggih yang sudah banyak diterapkan oleh berbagai vendor adalah fitur anti air atau water resistant. Dengan fitur tersebut memungkinkan pengguna memainkan HP di dalam air sekalipun. Meski begitu, fitur tersebut tidak sepenuhnya melindungi HP dari air. Kemampuan tersebut masih punya batasan waktu dan kedalaman air tersendiri yang harus diketahui oleh penggunanya.

Baca Juga:

Tetapi, apa jadinya jika HP tanpa fitur anti air terendam atau terkena air? Kemungkinan terbesarnya adalah HP mengalami konslet sehingga tidak bisa dihidupkan kembali. Jika HP terendam air, sebenarnya kamu masih bisa melakukan pencegahan agar HP tidak rusak. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi HP android terendam air agar tidak rusak bisa kamu terapkan.

Cara Mengatasi HP Android Terendam Air Supaya Tidak Rusak

Saat terkena air hujan atau terjatuh ke dalam air, sebenarnya harapan untuk mencegah HP rusak masih tetap ada. Hanya saja, tindakan yang dilakukan harus benar. Jiksa melakukan tidakan yang salah, kemungkinan besar HP tidak bisa lagi terselamatkan karena komponen di dalamnya sudah rusak.

Cara Mengatasi HP Terendam Air

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam cara mengatasi HP android terendam air paling mudah, di antaranya:

1. Jangan Menyalakan HP Dulu

Cara mengatasi HP android terendam air yang pertama adalah dengan memastikan HP dalam keadaan mati. Tetap menghidupkan HP hanya akan membuat komponen di dalam HP menjadi rusak karena air yang sudah masuk. Hal ini tidak hanya berlaku untuk HP saja, melainkan juga pada alat atau produk teknologi lainnya.

Kebanyakan pengguna akan langsung menyalakan HP saat pertama kali jatuh atau terendam air. Ini karena kepanikan yang dialami yang membuatnya ingin mengecek apakah HP masih menyala atau tidak. Sebaiknya jangan lakukan hal yang salah ini jika HP terkena atau terendam air, baik disengaja ataupun tidak.

2. Melepaskan Komponen Luar HP Android

Langkah selanjutnya yakni dengan melepaskan semua komponen luar HP seperti SIM Card, microSD, dan juga baterainya. Cara ini dilakukan untuk meminimalisir kerusakan yang bisa dialami oleh HP android. Selain itu, jika kamu cukup mahir dalam hal bongkar pasang HP android, sebaiknya lepas satu per satu komponen HP tersebut.

Setelah itu, letakkan komponen HP di atas sehelai kain kering agar airnya bisa terserap. Jangan mencoba mengelap komponen sensitif HP, karena bisa jadi kamu tidak sengaja membuat kerusakan yang semakin parah. 

3. Mengeringkan bagian luar HP

Berbeda dengan komponen dalam HP, bagian luar HP bisa kamu bersihkan atau keringkan menggunakan kain lembut. Misalnya saja bagian bodi dan layar LCD HP lap menggunakan kain lembut atau tisu. Khusus untuk layar HP biasanya tidak terlalu tahan terhadap kelembapan air. Hal ini dikarenakan layar LCD berisi filament lunak, yang mana jika terkena air terlalu lama maka akan menimbulkan flek hitam. 

Mengelap bagian luar HP dengan kain sebaiknya dilakukan dengan hati-hati dan perlahan. Karena jika terlalu banyak menggerakkan HP akan membuat air semakin masuk ke dalam komponen HP dan ini bisa memperbesar risiko HP rusak.

4. Menimbun HP di dalam Beras

Cara mengatasi HP android terendam air berikutnya adalah dengan menimbun HP di dalam beras. Memang terkesan aneh, tetapi cara ini sangat efektif untuk mengeringkan HP dari air yang masuk. Beras sendiri memiliki kemampuan untuk menyerap kelembapan di dalam HP dengan lebih cepat serta efektif. Timbun HP terendam air tadi di dalam beras selama kurang lebih 2 hingga 3 hari.

Selain menggunakan beras, cara untuk mengeringkan HP terendam air lainnya adalah menggunakan silica gel. Namun cara ini dianggap tidak lebih baik daripada beras dalam mengeringkan HP android terkena air.

5. Hindari Meniup HP Android

Ketika HP terendam atau terkena air, sebaiknya hindari untuk meniup HP android. Meniup HP terendam air hanya akan membuat air semakin masuk ke dalamnya. Dan jika hal ini terjadi maka akan membuat risiko HP rusak semakin besar.

Sebagai alternatif lain untuk mengeluarkan air dari dalam HP adalah dengan memanfaatkan alat penyedot atau vacuum cleaner. Dengan alat ini akan membuat air di dalam HP tersedot keluar dengan lebih mudah dan efektif dibandingkan dengan meniupnya.

Jika sudah melakukan cara-cara di atas dan HP sudah dipastikan kering, cobalah untuk memasang kembali komponen luar HP seperti SIM card, microSD, dan baterai. Coba hidupkan HP android tersebut kembali. Biasanya setelah melalukan cara di atas, HP yang terendam air bisa dihidupkan kembali.

Selain melakukan beberapa cara di atas, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan agar HP terendam air tidak semakin rusak. Beberapa hal tersebut di antaranya:

  • Sebaiknya hindari langsung menyalakan HP saat pertama kali terendam air.
  • Jangan menekan tombol-tombol HP, kecuali tombol Power untuk menonaktifkan HP.
  • Hindari menyambungkan HP dengan tenaga listrik agar tidak semakin rusak bahkan membahayakan penggunanya.
  • Sebaiknya jangan terlalu sering menggerakkan HP agar air tidak semakin masuk dan merusak komponen dalam HP.
  • Jangan menggunakan hairdryer atau alat pemanas lain untuk mengeringkan HP.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi HP android terendam air paling mudah bisa kamu terapkan. Ketahui apa saja hal yang disarankan dan dilarang ketika HP terendam air agar kerusakan tidak semakin parah.