Cara Mengatasi HP Android Sering Mati Sendiri

Cara Mengatasi HP Android Sering Mati Sendiri – HP Android menjadi salah satu perangkat elektronik yang paling banyak digandrungi sekarang ini. Dengan HP android, seseorang bisa melakukan banyak hal. Tidak hanya bisa digunakan untuk alat komunikasi, tetapi juga untuk sarana mencari informasi, bisnis, hingga hiburan seperti main game. Dewasa ini HP android juga dilengkapi dengan fitur keamanan yang lebih baik. Didukung pula dengan fitur canggih lain yang membuat HP semakin diminati.

Cara Mengatasi HP Android Sering Mati Sendiri

Meskipun sudah dibekali berbagai fitur canggih, tidak jarang HP android juga mengalami masalah. Salah satu masalah yang banyak dialami pengguna adalah HP android yang sering mati sendiri. Masalah seperti ini tentu bukan terjadi tanpa sebab. Penyebabnya bisa dari pengguna atau kerusakan pada komponen HP itu sendiri.

Baca Juga:

Sangat menyebalkan memang, lagi asyik-asyiknya main HP dan malah tiba-tiba mati tanpa sebab. Coba dihidupkan kembali, dan saat digunakan kembali ternyata mati lagi. Sebelum membawanya ke service center, sebaiknya lakukan beberapa cara mengatasi HP android mati sendiri ini terlebih dahulu. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Cara Mengatasi HP Android Sering Mati Sendiri

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, HP android mati sendiri bisa disebabkan oleh beberapa hal. Penyebab tersebut seperti, HP overheat, terjadi kerusakan sistem android, baterai yang error, terlalu lama menjalankan aktivitas (main game), atau juga kerusakan komponen hardware.

Cara Mengatasi HP Android Sering Mati Tiba-tiba

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi HP android sering mati sendiri paling mudah, di antaranya:

1. Mengistirahatkan HP Android

HP android sejatinya sama dengan manusia, jika terlalu diforsir tenaganya akan semakin menurun dan tidak jarang mengalami masalah seperti restart atau mati sendiri. Hal ini akan sering terjadi pada HP yang berspesifikasi standar, misalnya HP dengan RAM 2GB ke bawah. Ketika HP tersebut terlalu banyak menjalankan aplikasi dan game, ruang di RAM akan semakin penuh dan bisa menyebabkan lag, crash, atau bahkan HP merestart sendiri.

Sebaiknya istirahatkan terlebih dahulu HP jika dirasa suhunya sudah agak panas. Mengistirahatkan HP bisa dengan membiarkannya dalam keadaan hidup atau dalam keadaan mati.

2. Menghapus File Cache atau Sampah

Cara selanjutnya yaitu dengan membersihkan file cache atau file sampah yang menumpuk di RAM. Hampir sama dengan kasus sebelumnya, ruang RAM yang sudah penuh membuatnya tidak bisa lagi menjalankan aplikasi atau game lain. Alhasil jika dipaksakan maka akan membuat HP tidak kuat sehingga mati sendiri.

Beberapa merek HP keluaran terbaru biasanya sudah dibekali fitur yang berfungsi untuk membersihkan RAM. Tetapi, jika dirasa kurang maksimal kamu bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga seperti, CCleaner, SD Maid, Greenify dan lain sebagainya. Kamu bisa menginstall aplikasi tersebut secara gratis melalui Google Play Store.

3. Uninstall Aplikasi dan Game yang Tidak Diperlukan

Terlalu banyak aplikasi dan game yang diinstall di HP android juga bisa menjadi salah satu penyebab HP android sering mati sendiri. Hal ini karena aplikasi dan game yang diinstall pasti akan memakan ruang di memori sebagai penyimpanan datanya. 

Semakin banyak aplikasi dan game terinstall di HP android maka akan membuat memori cepat penuh. Walhasil HP akan semakin terbebani dan bisa saja mengalami berbagai masalah, salah satunya HP mati sendiri. Agar hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya uninstall aplikasi dan game yang dirasa tidak diperlukan.

4. Menggunakan ROM Official

Menggunakan custom ROM memang bisa membuat performa HP menjadi lebih baik. Selain itu, custom ROM biasanya juga punya tampilan serta fitur yang lebih keren dibandingkan dengan ROM official. Tetapi ternyata, sembarangan memilih custom ROM akan membuat HP mengalami masalah, salah satunya HP sering mati sendiri.

Bisa saja custom ROM yang kamu gunakan terdapat bug sehingga merusak sistem HP android. Jadi, sebaiknya gunakan saja ROM official agar HP android tetap terjamin keamanan dan performanya.

5. Melakukan Pembaruan Sistem

Setiap brand HP android pasti sangat memperhatikan kenyamanan pengguna dalam menggunakan produknya. Seperti Samsung misalnya, mereka selalu rutin memberikan update sistem terbaru untuk setiap produknya agar tidak ada lagi masalah yang terjadi. Sejatinya pembaruan sistem ini memang bertujuan untuk mengatasi dan mengurangi bug yang dialami pada versi sistem sebelumnya.

Untuk mengetahui apakah smartphone androidmu mendapatkan pembaruan sistem atau tidak, bisa dengan mengunjungi menu Pengaturan >> pilih opsi Sistem >> Pembaruan Sistem.

6. Melakukan Flashing atau Reset Pabrik

Cara mengatasi HP android sering mati sendiri berikutnya adalah dengan melakukan factory reset atau dikenal juga dengan flashing HP. Cara ini diklaim sangat ampuh mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada sistem android, salah satunya HP yang sering mati sendiri.

Dengan melakukan flashing HP android, semua data yang ada di dalamnya akan hilang atau dihapus sehingga HP kembali seperti baru lagi. Pengaturannya akan kembali ke kondisi pabrik layaknya HP baru beli. Agar datanya tidak hilang, kamu bisa melakukan backup data terlebih dahulu.

7. Memasang Aplikasi Antivirus

HP yang sering mati sendiri bisa juga disebabkan oleh virus atau malware yang menyerang. Virus atau malware sendiri bisa menyelundup ke sistem android melalui banyak jalan, baik dari sebuah situs khusus, aplikasi ilegal dan lain sebagainya.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, sebaiknya kamu install aplikasi antivirus di HP androidmu. Ada banyak pilihan aplikasi antivirus untuk android, kamu bisa menginstallnya melalui Google Play Store dengan mudah dan gratis pastinya.

8. Mengganti Baterai HP

Baterai yang sudah usang karena pemakaian yang sudah bertahun-tahun, membuatnya tidak lagi bisa menyimpan daya secara optimal. Alhasil, berbagai masalah bisa dialami oleh HP android dan salah satunya adalah HP mati secara tiba-tiba.

Masalah ini biasanya disebabkan karena baterai yang sudah drop dan tidak lagi bisa digunakan secara normal. Solusinya adalah dengan mengganti baterai tersebut dengan baterai baru yang sejenis pastinya.

9. Mengganti Komponen Hardware HP

Dan cara mengatasi HP tiba-tiba mati yang terakhir adalah dengan mengganti komponen hardware yang mengalami kerusakan. Ya, selain karena kerusakan pada software, HP yang tiba-tiba mati bisa juga disebabkan oleh kerusakan yang terjadi pada hardware HP seperti pada bagian EMMC atau komponen lainnya.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi HP android sering mati sendiri bisa kamu coba terapkan. Jangan lupa share informasi di atas ke akun media sosial pribadimu ya?