Cara Mengatasi Google Play Terus Berhenti Paling Mudah

Cara Mengatasi Google Play Terus Berhenti – Sebagai pengguna android, kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan Google Play. Ya, Google Play merupakan layanan resmi dari google yang sudah tersedia secara default di HP android. Google Play berguna saat kamu ingin mengunduh berbagai jenis aplikasi dan juga game. Tidak hanya saat akan mengunduh, melakukan update aplikasi yang sudah diinstall juga bisa dilakukan melalui Google Play.

Cara Mengatasi Google Play Terus Berhenti
Cara Mengatasi Google Play Terus Berhenti

Fungsinya yang sangat penting membuat Google Play menjadi perhatian utama. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan kali Google Play mengalami berbagai masalah. Salah satu masalah yang paling sering dialami banyak pengguna adalah Google Play Terus Berhenti.

Baca Juga:

Masalah Google Play Telah Berhenti atau Google Play Terus Berhenti disebabkan oleh banyak faktor. Cara mengatasi Google Play Terus Berhenti sebenarnya cukup mudah dilakukan. Untuk cara selengkapnya bisa kamu lihat di bawah ini.

Cara Mengatasi Google Play Terus Berhenti Paling Mudah

Cara Mengatasi Google Play Terus Berhenti

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara mengatasi Google Play Terus Berhenti, ketahui terlebih dahulu penyebabnya. Untuk penyebab munculnya masalah “Layanan Google Play Terus Berhenti” atau “Layanan Google Play Telah Berhenti” cukup bervariasi. Beberapa penyebab tersebut, seperti:

  • Layanan Google Play yang terjadi crash atau corrupt
  • Terjadi masalah pada koneksi internet
  • Pengaturan waktu dan tanggal yang tidak sesuai. Ini biasanya terjadi jika kamu mengaturnya secara manual

Layanan Google Play yang bermasalah tentu akan membuatmu tidak bisa mengunduh aplikasi baru ataupun saat akan melakukan update. Karena itulah, cara mengatasi Google Play Terus Berhenti perlu kamu terapkan. Berikut ini adalah langkah-langkah selengkapnya:

1. Hapus Cache dan Hapus Data Google Play

Cara mengatasi Google Play terus berhenti yang pertama adalah dengan melakukan hapus cache dan hapus data Google Play. Umumnya masalah tersebut disebabkan karena terjadi crash di layanan Google Play-nya. Untuk cache sendiri merupakan data sementara dari aplikasi yang sudah dibuka, dan ketika akan membukanya kembali kamu bisa lebih cepat dengan cache tersebut.

Untuk menghapus cache Google Play kamu cukup masuk ke menu Pengaturan >> pilih Aplikasi >> lalu cari dan klik Google Play Store >> pilih Penyimpanan >> dan terakhir Hapus Cache. Jika cara tersebut ternyata belum berhasil, maka kamu bisa melakukan hapus data Google Play. Caranya tidak beda jauh, cukup masuk ke menu Pengaturan >> pilih Aplikasi >> cari dan klik Google Play Store >> pilih Penyimpanan >> dan klik Hapus Data.

2. Lakukan Force Stop Google Play

Jika cara di atas masih belum berhasil mengatasi “Layanan Google Play Telah Berhenti”, maka bisa menerapkan cara satu ini yakni Force Stop Google Play. Menerapkan cara ini berarti kamu akan menghentikan Google Play yang sedang berjalan. Menghentikan Layanan Google Play secara paksa juga cukup rawan dilakukan.

Cara melakukannya juga sangat mudah, hampir sama dengan cara sebelumnya. Masuk ke menu Pengaturan >> kemudian pilih Aplikasi >> cari dan klik Google Play Store >> terakhir klik Paksa Berhenti atau Force Stop.

3. Melakukan Reset Akun Google

Cara mengatasi Google Play terus berhenti selanjutnya adalah dengan melakukan reset akun Google di smartphone kamu. Cara ini diklaim sangat efektif dan ampuh mengatasi masalah Google Play yang membandel. Tidak hanya ampuh, cara ini bisa dibilang sangat mudah bahkan bisa dilakukan oleh pemula sekalipun.

Untuk melakukan reset akun Google sendiri pertama kamu harus masuk ke menu Pengaturan >> pilih opsi Cluoud dan Akun >> selanjutnya pilih Akun >> lalu pilih akun Google yang ingin di reset >> dan terakhir klik Hapus Akun. Setelah di hapus akun, maka semua aplikasi yang terintegrasi dengan akun tersebut akan melakukan reset. Lakukan login ulang dengan klik Tambah Akun. Dengan melakukan cara ini biasanya masalah Layanan Google Play Telah Berhenti bisa diatasi.

4. Melakukan Update Google Play

Jika cara-cara sebelumnya masih belum bisa mengatasi masalah yang terjadi di Layanan Google Play, cara satu ini bisa kamu lakukan. Mengupdate Google Play ke versi terbaru diklaim bisa mengatasi masalah yang terjadi pada layanan tersebut. Sebenarnya kamu bisa mengatur aplikasi Google Play melakukan update secara otomatis dengan mengaktifkan auto update aplikasi. Tetapi biasanya, fitur auto update akan membuat kuota data seluler cepat habis.

Untuk cara mengaktifkan fitur auto update aplikasi ini sendiri juga cukup mudah. Pertama kamu buka aplikasi Google Play, lalu klik pada ikon 3 strip yang ada di pojok kiri atas tampila. Selanjutnya klik Setelan, lalu pilih opsi Update aplikasi secara otomatis. Dan terakhir pilih opsi Melalui jaringan apa pun atau Melalui Wi-Fi saja.

5. Melakukan Factory Reset HP Android

Dan cara mengatasi Google Play Terus Berhenti yang terakhir adalah dengan melakukan Restart atau Factory Reset pada HP android. Cara ini biasanya memang bisa mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada sistem android. Salah satunya adalah masalah pada layanan Google Play. Tapi sebelum melakukan factory reset, sebaiknya lakukan restart HP seperti biasa terlebih dahulu. Dan jika masalah tersebut belum bisa mengatasi masalah Google Play, barulah melakukan factory reset.

Cara factory reset sendiri cukup mudah, cukup masuk ke menu Pengaturan >> pilih Manajemen umum >> terakhir pilih Reset. Perlu kamu tahu, melakukan reset HP akan membuat semua data terhapus secara permanen. Sebaiknya kamu lakukan backup data terlebih dahulu sebelum melakukan reset HP.

Penutup

Itulah tadi 5 cara mengatasi Google Play Terus Berhenti paling mudah dan ampuh bisa kamu terapkan. Jangan lupa share ke akun media sosial kamu agar juga bermanfaat untuk orang lain.