Cara Mengatasi Gboard Telah Berhenti Paling Mudah

Cara Mengatasi Gboard Telah Berhenti – Yang namanya perangkat elektronik pasti punya usia tersendiri. Jika sudah waktunya, perangkat tersebut akan mengalami berbagai masalah atau kerusakan. Misalnya saja smartphone android, yang mana di waktu mendatang pasti akan mengalami masalah atau kerusakan. Kerusakan pada HP android bisa terjadi bagian hardware maupun software HP (sistem HP). Namun kamu tidak perlu khawatir, HP android yang mengalami masalah error umumnya masih bisa diperbaiki.

Cara Mengatasi Gboard Telah Berhenti
Cara Mengatasi Gboard Telah Berhenti

Mengatasi masalah error pada HP android tidak melulu bisa dilakukan oleh tenaga profesional. Kamu yang masih pemula pun bisa mengatasinya dengan mudah, asalkan tahu cara tepat yang harus dilakukan. Berbagai masalah error memang bisa dialami pada perangkat HP android. Salah satunya yang baru-baru ini sering dialami para pengguna yakni masalah Gboard yang error atau berhenti sendiri. Gboard error seperti ini kebanyakan dialami di HP dari vendor China, seperti Xiaomi, Oppo, Vivo dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Masalah pada Gboard yang telah berhenti seperti ini tentunya akan membuat pengguna resah. Bagaimana tidak, mereka tidak bisa lagi mengetik tulisan karena papan ketik yang selalu error dan muncul tulisan Gboard telah berhenti. Dan bagi mereka yang mengunci layar smartphone dengan kata sandi, tentunya juga tidak bisa lagi masuk karena papan ketik yang tidak muncul. Lantas, bagaimana cara mengatasi Gboard telah berhenti tersebut? Berikut ini ulasan selengkapnya!

Cara Mengatasi Gboard Telah Berhenti yang Ampuh

Cara Mengatasi Aplikasi Gboard Telah Berhenti
Cara Mengatasi Aplikasi Gboard Telah Berhenti

Beberapa waktu yang lalu Google telah melakukan pembaruan terhadap semua aplikasi besutannya secara serentak, termasuk juga aplikasi Gboard. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan aplikasi Gboard khususnya mengalami error pada beberapa perangkat HP android. Meski demikian, ada pula beberapa smartphone android yang sama sekali tidak mengalami masalah pada Gboard di HP androidnya.

Sebenarnya tidak sulit untuk mengatasi aplikasi Gboard telah berhenti atau tidak muncul seperti ini. Hanya saja, mungkin karena panik atau memang tidak tahu sama sekali membuat pengguna kesulitan untuk mengatasi masalah error pada papan ketiknya tersebut. Berikut ini cara mengatasi Gboard telah berhenti selengkapnya bisa coba kamu terapkan, yakni:

1. Melakukan Restart HP Android

Cara untuk mengatasi Gboard error yang pertama yakni dengan melakukan restart HP android. Cara ini diklaim ampuh dan efektif mengatasi permasalahan pada papan ketik milik Google ini. Tidak hanya masalah Gboard telah berhenti atau tidak muncul, melakukan restart HP android juga bisa mengatasi masalah error ringan lainnya dengan lebih efektif.

Dengan melakukan restart HP android, nantinya sistem HP akan kembali normal dan performanya pun menjadi lebih cepat dan enteng. Cara ini juga bisa kamu lakukan jika ingin mengatasi HP android yang lemot karena terlalu banyak file cache yang tersimpan.

2. Menghapus Cache dan Data Gboard

Jika memang dengan merestart HP android belum bisa mengatasi error pada Gboard, langkah satu ini bisa dijadikan alternatif. Gboard yang error bisa saja disebabkan oleh data cache yang menumpuk. Cache sendiri umumnya dibutuhkan untuk mempercepat loading aplikasi di momen kedua.

Meski cukup berguna, tetapi di lain waktu file cache juga bisa membuat aplikasi error saat dijalankan, termasuk juga aplikasi Gboard ini. Untuk menghapus cache aplikasi Gboard cukup mudah, yakni:

  • Langkah yang pertama buka menu Pengaturan atau Setelan di HP android.
  • Selanjutnya pilih opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Gboard.
  • Langkah selanjutnya pilih opsi Penyimpanan.
  • Sekarang kamu klik tombol Hapus Cache / Hapus Memori, kemudian klik juga tombol Hapus Data.
  • Selesai.

3. Melakukan Pembaruan Aplikasi Gboard

Selain melakukan hapus cache aplikasi, cara lain untuk mengatasi aplikasi Gboard tidak muncul atau berhenti selanjutnya yakni dengan mengupdate aplikasi tersebut. Cara ini bisa dilakukan jika memang di HP androidmu masih menggunakan aplikasid Gboard versi lawas. Kemungkinan aplikasi tersebut sudah tidak kompatibel dengan sistem android sehingga mengalami error tersebut.

Cukup kunjungi Google Play Store lalu cari aplikasi Gboard – Keyboard Google melalui menu Aplikasi dan Game Saya. Tekan tombol Update dan tunggu prosesnya hingga selesai. Jika sudah, cobalah kembali membuka chat atau SMS untuk memunculkan papan ketik Gboard. Umumnya masalah Gboard telah berhenti atau tidak muncul sudah bisa teratasi.

4. Melakukan Update Sistem Android

Hampir sama masalahnya dengan cara kedua di atas, kali ini kamu perlu melakukan update OS Android ke versi terbaru. Dengan alasan kompatibilitas, mengupdate sistem dan aplikasi ke versi terbaru menjadi hal terpenting yang harus dilakukan oleh pengguna. Dengan demikian, maka masalah seperti error sistem, aplikasi tidak bisa dibuka atau yang lainnya bisa teratasi dengan lebih efektif.

Mengupdate sistem android tidak hanya bisa mengatasi aplikasi error saja, melainkan juga membuat sistem dan fitur HP berjalan dengan lebih maksimal. Namun, umumnya update sistem android ini hanya bisa dilakukan jika kamu sudah mendapat notifikasi untuk update sistem dari vendor. Untuk mengeceknya, kamu bisa masuk ke menu Pengaturan >> Update perangkat lunak >> Unduh dan install >> tunggu proses update sampai selesai.

5. Menggunakan Aplikasi Keyboard Lainnya

Sejatinya aplikasi papan ketik atau keyboard di HP android tidak hanya Gboard saja. Masih banyak aplikasi keyboard lain yang bisa kamu gunakan di HP android kesayangan. Jika memang dengan cara di atas masih belum bisa mengatasi masalah Gboard error, mengganti aplikasi keyboard lain merupakan cara yang paling tepat untuk dilakukan.

Ada banyak pilihan aplikasi keyboard di Google Play Store yang bisa kamu install secara gratis dan mudah. Beberapa aplikasi bahkan juga dibekali dengan fitur lebih menarik yang tidak ditemukan di aplikasi Gboard.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi Gboard telah berhenti paling mudah dan ampuh bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?