Cara Mengatasi Game Close Tiba-tiba di HP Android

Cara Mengatasi Game Close Tiba-tiba – Bermain game di mobile menjadi salah satu kegiatan yang paling menyenangkan dan banyak digemari pengguna saat ini. Apalagi di android, lebih tepatnya di Google Play Store sudah tersedia beragam game mobile yang seru dan menarik untuk dimainin. Game-game tersebut sebagian besar disediakan secara gratis dan ada pula yang berbayar.

Cara Mengatasi Game Close Tiba-tiba

Bermain game di HP android perlu juga menyesuaikan dengan spesifikasi perangkat yang kamu miliki. Jika memang HP android milikmu dibekali dengan spesifikasi standar, sebaiknya pilih game yang ringan-ringan saja. Hal ini dilakukan sebagai tindak pencegahan agar smartphone tidak mengalami masalah saat digunakan untuk bermain game. Misalnya saja nge-lag saat main game, hang atau bahkan game keluar secara tiba-tiba.

Baca Juga:

Untuk masalah yang terakhir ini tidak sepenuhnya disebabkan oleh spesifikasi HP yang kurang memadai. Terkadang masalah game keluar sendiri seperti ini diakibatkan oleh kesalahan sistem atau justru game-nya yang error. Jika terjadi hal semacam ini, ada beberapa langkah mudah untuk mengatasinya. Berikut adalah cara mengatasi game close tiba-tiba di android yang bisa kamu terapkan.

Cara Mengatasi Game Close Tiba-tiba di HP Android

Cara Mengatasi Game Keluar Tiba-tiba

Sangat menyebalkan memang ketika seru-serunya bermain game di android, justru game keluar dengan sendirinya. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, game yang keluar tiba-tiba ini bisa disebabkan beberapa faktor. Ketahui penyebab tersebut agar keseruan bermain tidak terganggu akan masalah game close sendiri. Adapun cara mengatasi game close tiba-tiba di android, di antaranya:

1. Memeriksa Koneksi Internet

Cara pertama untuk mengatasi game keluar sendiri di android adalah dengan memeriksa sambungan atau koneksi internet. Bisa saja game close tiba-tiba disebabkan oleh sinyal internet yang buruk, sehingga hal ini akan lebih memberatkan kinerja HP android. Sama halnya seperti manusia, HP android jika diforsir terlalu keras akan menyebabkan masalah, salah satunya keluar dari game seperti ini.

Untuk mengatasinya, sebaiknya matikan terlebih dahulu sambungan internet di HP androidmu. Setelah itu, cari lokasi yang punya kualitas sinyal lebih bagus dan kuat. Menghubungkan dengan jaringan wifi juga lebih disarankan, dikarenakan sinyal wifi lebih stabil dibandingkan dengan jaringan seluler. Dengan begitu, masalah game close sendiri akibat koneksi internet bisa terselesaikan.

2. Menonaktifkan koneksi internet

Jika game sebelumnya berlaku untuk game berbasis online, cara berikutnya ini khusus game offline. Kamu yang sedang main game offline dengan tetap menghidupkan data seluler, tentu ini akan memberatkan kinerja smartphone. Karena itulah, sebaiknya matikan saja koneksi internet saat memainkan game berbasis offline.

Bermain game offline di android dengan keadaan HP masih tersambung ke internet hanya akan memakan banyak ruang di RAM. Jika terlalu penuh, hasilnya adalah HP mengalami masalah dan salah satunya game keluar dengan sendirinya. Terlebih lagi, main game offline gratis dengan tetap tersambung ke internet, hal ini akan memunculkan iklan yang tentunya cukup mengganggu saat bermain.

3. Menghapus Cache Game

Cache merupakan file sampah yang secara otomatis tersimpan di RAM, dan biasanya file cache ini akan dihapus secara otomatis pula saat HP android direstart. Kegunaan file cache sendiri adalah menyimpan data aplikasi atau game sehingga nanti jika pengguna ingin membuka aplikasi atau game tersebut kembali, maka loadingnya bisa lebih cepat. Hal ini karena data aplikasi atau game masih tersimpan di RAM.

Tetapi, terkadang file cache ini membuat ruang di RAM semakin sesak sehingga mempengaruhi kinerjanya. Alhasil, ada berbagai masalah yang bisa saja terjadi jika ruang RAM penuh, salah satunya game keluar sendiri. Sebaiknya hapus cache game jika ingin masalah tersebut bisa terselesaikan. Untuk menghapus file cache game bisa dengan masuk ke menu Setelan >> pilih Aplikasi >> pilih Game yang error >> pilih Penyimpanan >> klik Hapus Cache / Hapus Memori. Dan jika ingin menghapus cache secara keseluruhan, bisa dengan melakukan Restart HP android.

4. Menghapus Data Game

Cara mengatasi game close tiba-tiba paling ampuh berikutnya adalah dengan menghapus data game. Hampir sama dengan cara sebelumnya, namun kali ini kamu diharuskan menghapus data dari game. Itu artinya, segala pengaturan, histori, dan bookmark game akan dihapus dan direset ulang sehingga kembali ke tahap awal permainan.

Tetapi biasanya beberapa game online sudah bisa terhubung ke Google Play sehingga data game bisa dibackup terlebih dahulu sebelum menghapus datanya. Jika sudah, kamu bisa langsung menghapus data game. Caranya adalah dengan masuk ke menu Setelan >> pilih Aplikasi >> cari dan pilih game yang error >> pilih Penyimpanan >> klik Hapus Data. Dengan begitu, game akan kembali ke mode default atau layaknya game baru diinstall.

5. Melakukan Update atau Perbarui Game

Masalah game close tiba-tiba mungkin disebabkan oleh game yang sudah usang. Karena itulah, perlu melakukan update atau memperbarui game ke versi terbaru. Pihak developer game biasanya memang akan secara rutin melakukan update versi terbaru pada game besutannya. Pembaruan game tersebut biasanya membawa perubahan, seperti mengatasi bug, menghadirkan mode baru, dan juga mengatasi masalah yang sering terjadi sebelumnya.

Bisa dibilang game versi terbaru lebih disempurnakan lagi dibandingkan dengan versi lawas. Jika game sering mengalami masalah, game keluar sendiri misalnya, maka sebaiknya lakukan upgrade game ke versi terbarunya.

6. Uninstall Game

Jika dengan cara mengupdate game tidak bisa menyelesaikan permasalahan game keluar secara tiba-tiba, uninstall game mungkin menjadi cara terbaik. Ya, uinstall sekarang game yang error tersebut, kemudian bersihkan cache game hingga tanpa sisa. Hal ini bertujuan agar game tidak mengalami masalah yang sama seperti sebelumnya. Lakukan restart HP android bila perlu.

Jika sudah, install kembali game melalui Google Play Store langsung. Game error sendiri biasanya juga disebabkan oleh file game yang corrupt. Maka dari itu, dengan uninstall dan menginstallnya kembali biasanya bisa mengatasi masalah tersebut.

7. Melakukan Update OS Android

Cara mengatasi game close tiba-tiba berikutnya bisa dengan melakukan update OS Android. Bisa saja game yang error tersebut hanya support dengan OS Android versi terbaru, sementara OS Android yang kamu gunakan merupakan versi lawas. OS Android paling baru sekarang ini adalah OS Android v.9 Pie.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi game close tiba-tiba paling ampuh bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi di atas ke akun jejaring sosial pribadimu ya?