Cara Ampuh Mengatasi Fingerprint Xiaomi Yang Rusak

Cara Ampuh Mengatasi Fingerprint Xiaomi Yang Rusak – Kemunculan fitur canggih bernama Fingerprint Scanner memang lah di sambut baik oleh para pengguna smartphone android di seluruh dunia. Sebab dengan ada nya fitur ini para user smartphone akan merasa lebih terjaga dalam hal privasi serta penggunaan nya pun tidak lah terlalu sulit jika kita bandingkan dengan fitur keamanan berpola ataupun PIN. Dengan ada nya fitur Fingerprint tersebut pada hp kita maka untuk bisa membuka layar tampilan hp hanya perlu meletakkan jari pada sensor yang sebelum nya telah terdaftar di dalam sistem Fingerprint. Jadi para user smartphone tidak perlu repot lagi untuk menekan tombol power dan memasukkan pola agar layar tampilan mereka terbuka.

Cara Ampuh Mengatasi Fingerprint Xiaomi Yang Rusak

Perusahaan besar Xiaomi untuk pertama kali nya mengeluarkan fitur pemindai sidik jari ini pada smartphone redmi note 3 yang di letakkan pada bagian bawah kamera belakang. Akan tetapi pernahkah kamu mempikirkan suatu saat nanti ketika terdapat masalah pada fitur Fingerprint milik anda terjadi dan tidak bisa membuka layar tampilan, pasti lah hal ini akan sangat memusingkan. Sebab pada pasar smartphone di Indonesia sendiri kebanyakan hp merk Xiaomi yang beredar tersebut tidak lagi menggunakan ROM asli asal pabrik, melainkan banyak yang sudah di ganti oleh beberapa distributor nakal dengan ROM milik mereka. Yang mana dengan ada nya ROM distributor itu lah yang sering membuat hp yang mungkin kita miliki saat ini sering bermasalah, termasuk rusak nya sistem pada Fingerprint.

Baca Juga :

Oleh karena itu lah pada artikel kali ini mimin akan membahas seputar solusi atau cara yang ampuh untuk bisa kamu coba praktekkan supaya masalah tersebut dapat teratasi dengan cepat, benar, serta tidak mengeluarkan uang sepersen pun. Akan tetapi sebelum mencoba beberapa langkah di bawah ini, perlu untuk kalian mengecek ulang prangkat hp Xiaomi tersebut apakah ada kerusakan fisik, tercelup air, atau lain sebagai nya. Sebab jika itu nanti nya di sebabkan oleh kerusakan fisik maka dengan anda melakukan beberapa langkah di bawah ini akan sia – sia saja nantinya, oleh karena itu sebaik nya anda mengecek ulang body hp kalian. Jika sudah di cek dan masih dalam keadaan mulus, maka lanjut dengan mengikuti cara pada artikel ini, sebab besar kemungkinannya kerusakan tersebut terjadi karena disebabkan oleh ROM tidak stabil.

Cara Ampuh Mengatasi Fingerprint Xiaomi Yang Rusak

Ulasan di bawah ini berfungsi di semua seri Xiaomi yang telah di lengkapi fitur Fingerprint, seperti Redmi 3/pro, Redmi 3s prime, Redmi note 4, dan semua seri Xiaomi lainnya. Langsung saja simak berikut di bawah ini ulasan seputar cara ampuh mengatasi fingerprint pada ponsel Xiaomi.

1. Melakukan Flash

Banyak para pengguna smartphone Xiaomi di negara kita ini lebih memilih untuk membeli hp Xiaomi bergaransi distributor yang mempunyai ROM bukan asli pabrik, ketimbang membeli Xiaomi bergaransi resmi. Yang mana dengan hp bukan menggunakan ROM asli tersebut akan dapat menimbulkan error pada setiap fitur atau pun sistem operasi android nya. Kerusakan – kerusakan tersebut antara lain seperti telat nya pemberitahuan update versi ROM sehingga harus menunggu lebih lama, layar sentuh yang tidak berfungsi dengan baik atau cepet error, dan termasuk keluhan tentang masalah yang terjadi pada fitur Fingerprint.

Melakukan Flash

Oleh karena itu untuk mengatasi masalah ini kalian dapat melakukan flash dengan cara berikut :

  1. Langkah awal yang wajib di lakukan agar bisa melakukan flash kepada hp kita yaitu dengan cara mengikuti tutorial resmi dari MIUI, bisa kalian baca tutorial resmi tersebut disini.
  2. Lalu jika sudah selesai melakukan proses flashing tadi jangan lah terkejut apabila anda tidak melihat aplikasi Google Play Store yang di sebabkan karena anda telah berhasil memasang ROM baru resmi dari Xiaomi. Untuk memunculkan Play Store kamu bisa menginstall nya langsung disini.
  3. Kemudian masuk lah kedalam menu Setting yang terdapat pada hp, lalu pilih opsi Additional Settings.
  4. Lanjut dengan milih pilihan Bahasa Inggris, jika sudah maka selamat kamu telah berhasil memasang Google PlayStore dan memperbaiki Fingerprint pada smartphone Xiaomi.

2. Mengaktifkan Fingerprint

Apabila keamanan dan privasi menjadi prioritas kamu, maka ada baik nya untuk mengaktifkan fitur pemindai sidik jari atau Fingerprint sebagai sistem pengunci layar. Opsi ini bisa di pakai untuk membuka layar kunci, mengunci aplikasi tertentu, otentifikasi pembelian dan masih banyak lagi. Saran saya sebelum kalian menggunakan teknik flash yang ada di atas, ada baik nya untuk terlebih dulu mencoba cara ini, agar kalian tidak lagi repot – repot jika ternyata masalah yang sedang kalian hadapi saat ini cukup hanya menggunakan tips satu ini.

Mengaktifkan Fingerprint

Berikut di bawah ini tutorial langkah cara mengaktifkan fitur Fingerprint pada hp Xiaomi :

  1. Langkah pertama adalah masuk ke dalam menu Pengaturan smartphone, dan geser kebawah sampai anda menemukan opsi pilihan Lock Screen & Password.
  2. Kemudian lanjut dengan memilih Password dan Fingerprint, lalu klik Add Security Password.
  3. Maka setelah itu kamu akan melihat 3 opsi pilihan pada menu tersebut, yaitu PIN atau Password, dan Pola. Buat sesuai keinginan kamu, lalu ulangi lagi agar terkonfirmasi.
  4. Pada menu selanjutnya lakukan scan sidik jari dengan cara menaruh jari yang di inginkan pada Sensor Fingerprint yang terletak di bagian belakang hp.
  5. Gerakan sedikit jari ke kiri dan ke kanan untuk memastikan sudah menutupi seluruh sensor pemindai.
  6. Jika telah selesai pilih Add kalau anda ingin menambahkan jari lain, atau pilih Done untuk menyelesaikan proses.
  7. Lalu setelah itu sistem akan menanyai kamu apakah ingin mengaktifkan fingerprint, maka pilih Turn On, dan selesai.

3. Melakukan Pembersihan

Pembersihan yang saya maksud ini adalah pembersihan yang di tujukan kepada jari tangan dan hp Xiaomi kamu, hal ini kita lakukan karena pada dasar nya tidak setiap saat tangan kita itu bersih oleh minyak, debu, keringat, dan lain sebagai nya yang mana hal tersebut juga dapat mengganggu sensor Fingerprint jadi tidak berfungsi dengan baik ketika sedang melakukan pemindaian. Solusi untuk mengatasi masalah ini yaitu cobalah untuk membersihkan bagian hp Xiaomi yang terdapat debu, minyak, dan lain – lain dengan cara menyiapkan minyak kayu putih beserta tisu. Teteskan minyak kayu putih tadi pada bagian Fingerprint dan bersihkan sedikit demi sedikit dengan menggunakan tisu hingga bersih, dan sebelum melakukan itu pastikan terlebih dulu bahwa jari anda dalam keadaan bersih.

4. Upgrade ROM MIUI

Tujuan utama dari para developer yaitu untuk menciptakan versi ROM MIUI baru agar bisa meminimalisir suatu kerusakan secara sistem, bugs, dan error lain nya seperti ada nya error pada sistem Fingerprint Xiaomi. Lalu selain bisa mengatasi bugs pada saat kita melakukan update ROM MIUI juga maka secara tidak langsung kita sudah menambah fitur – fitur baru yang mungkin baru di tambahkan pada versi tersebut. Di sisi lain seperti yang sudah saya bilang tadi bahwa melakukan update ini akan memperbaiki sistem yang rusak, dimana siapa tau penyebab terjadi nya masalah pada Fingerprint tersebut di sebab kan oleh ada nya kerusakan sistem secara tidak kita ketahui. Oleh karena itu lah melakukan upgrade sistem seperti ini sangat lah di anjurkan.

Penutup

Sekian dari saya kali ini, semoga dengan ada nya artikel ini dapat membantu mengatasi masalah yang sedang kamu hadapi. Jangan lupa share atikel ini pada akun sosial media kamu ya, dengan cara menekan salah satu opsi share di bawah.