Cara Mengatasi Fastboot Xiaomi Semua Tipe yang Ampuh

20
Cara Mengatasi Fastboot Xiaomi
Cara Mengatasi Fastboot Xiaomi

Cara Mengatasi Fastboot Xiaomi – HP Xiaomi terkenal dengan harganya yang terbilang sangat murah jika dibandingkan dengan HP android dari brand lainnya. Xiaomi memang tidka tanggung-tanggung dalam memberikan harga pada setiap produk smartphonenya. Meski begitu, harga yang murah tersebut tidak membuat Xiaomi menurunkan spesifikasi yang disematkan di dalam HP besutannya. Justru Xiaomi selalu menghadirkan smartphone dengan spesifikasi tinggi sehingga menghasilkan performa yang mumpuni. Dengan begitu, HP androidnya tersebut akan mampu melibas semua aplikasi maupun game berat dengan mudah.

Cara Mengatasi Fastboot Xiaomi
Cara Mengatasi Fastboot Xiaomi

Xiaomi selalu memberikan kejutan bagi para pecinta smartphonenya, bukan hanya dari segi harga melainkan juga desain serta fiturnya. HP Xiaomi hadir dengan mengusung desain bodi yang mewah dan elegan, bahkan beberapa ada yang mengusung desain layaknya HP flagship, hanya saja harganya yang lebih terjangkau. Fitur yang disematkan di dalamnya juga terbilang sangat lengkap, mulai dari fitur yang bisa diakses secara mudah hingga fitur yang tersembunyi. Fitur tersembunyi di HP Xiaomi ini biasanya dapat diakses dengan cara-cara tertentu. Baik itu, dengan menggunakan kode dial, kombinasi tombol, aplikasi tambahan dam lain sebagainya.

Baca Juga:

Salah satu fitur tersembunyi di Xiaomi dan juga bisa ditemukan di HP merek lainnya yakni Fastboot Mode. Ini merupakan salah satu mode di HP berbasis android yang memungkinkan pengguna dapat melakukan perintah pada HP tersebut melalui perangkat komputer. Bisa diibaratkan Fastboot Mode ini merupakan protokol komunikasi antara perangkat komputer dan HP android. Untuk mengaksesnya kita perlu menekan kombinasi tombol tertentu di HP Xiaomi khususnya. Namun, ada kalanya HP Xiaomi masuk ke Mode Fastboot secara otomatis, sehingga membuat pengguna tidak dapat menggunakannya seperti biasa. Lantas, bagaimana cara mengatasi Fastboot Xiaomi tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Apa Itu Fastboot Mode di HP Xiaomi?

Fastboot Mode merupakan salah satu mode yang bisa diakses di HP android demi memudahkan pengguna untuk memberikan perintah melalui perangkat komputer. Dalam hal ini HP android yang sudah masuk ke Fastboot Mode perlu dihubungkan ke perangkat komputer menggunakan kabel data atau kabel USB.

Setelah terhubung, kita bisa melakukan perintah dengan memanfaatkan software atau tool tambahan. Misalnya saja untuk melakukan flashing HP Xiaomi, maka kita bisa menggunakan yang namanya MI Flashtool. File firmware atau stock ROM perlu dipersiapkan terlebih dahulu sebelum melakukan pemasangan atau flashing tersebut.

Bagaimana Cara Masuk Mode Fastboot di HP Xiaomi

Karena merupakan salah satu fitur rahasia di HP Xiaomi khususnya, tentunya ada cara khusus yang harus dilakukan demi bisa masuk ke Fastboot Mode tersebut. Pada hampir semua tipe HP Xiaomi sama cara untuk ke Mode Fastboot tertsebut, yakni dengan menekan kombinasi tombol fisik pada HP Xiaomi. Untuk langkah-langkah masuk ke Fastboot Mode Xiaomi lebih jelasnya, yakni:

  1. Matikan dulu daya pada HP Xiaomi milikmu.
  2. Setelah itu, tekan dan tahan kombinasi tombol Power + Volume Down secara bersamaan selama beberapa detik.
  3. Kemudian saat muncul logo Fastboot (Robot Xiaomi) di layar, kamu bisa lepas tekanan pada kedua tombol tadi.
  4. Dengan begitu kamu sudah berhasil masuk ke Mode Fastboot Xiaomi.
  5. Selesai.

Beberapa tipe HP Xiaomi mungkin tidak bisa masuk ke Fastboot Mode menggunakan cara di atas. Tenang saja, ada alternatif lain untuk bisa masuk ke mode tersebut dengan menggunakan kombinasi tombol yang berbeda. Berikut ini langkah-langkah selengkapnya, yakni:

  1. Matikan dulu daya pada HP Xiaomi seperti biasa.
  2. Setelah itu, kamu tekan dan tahan kombinasi tombol Power + Volume Up secara bersamaan selama beberapa detik.
  3. Ketika muncul logo Xiaomi di layar, selanjutnya kamu lepaskan tekanan pada kedua tombol tadi.
  4. Selanjutnya arahkan pilihan ke opsi Fastboot menggunakan tombol Volume, lalu pilih dengan menekan tombol Power.
  5. Nantinya HP Xiaomi akan melakukan restart dan masuk ke Mode Fastboot.
  6. Selesai.

Kenapa HP Xiaomi Selalu Masuk ke Fastboot Mode?

Penyebab Fastboot Xiaomi
Penyebab Fastboot Xiaomi

Dari penjelasan di atas kita bisa tahu apa yang menyebabkan HP Xiaomi masuk ke Fastboot Mode otomatis atau dengan sendirinya, yakni tombol yang tidak sengaja tertekan. Bisa jadi HP Xiaomi yang sudah dimatikan, kemudian kamu tidak sengaja menekan tombol kombinasi (tombol Power + Volume Bawah) seperti di atas sehingga HP masuk ke Fastboot Mode.

Bisa juga tombol Volume Down pada HP yang error dan terus tertekan sendiri. Dan pada saat kamu menyalakan HP Xiaomi dengan menekan tombol Power saja, maka HP akan otomatis masuk Fastboot Mode secara terus-menerus. Hal ini bisa saja terjadi dan ada banyak faktor yang menjadi penyebabnya, seperti debu yang menempel di dalam tombol Volume, kerusakan komponen dan lain sebagainya.

Dan penyebab lainnya bisa juga karena adanya bug pada sistem operasi (MIUI) di HP Xiaomi milikmu. Data sistem yang rusak atau corrupt biasanya menjadi penyebab utama permasalahan tersebut.

Cara Mengatasi Fastboot Xiaomi All Series yang Harus Kamu Tahu

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa keluar dari Fastboot Mode dan masuk ke layar menu utama HP Xiaomi. Tentunya cara yang dibagikan ini sangat mudah diterapkan, bahkan bagi kalian yang masih awam.

Adapun cara mengatasi Fastboot Xiaomi yang paling ampuh dan mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Tekan dan Tahan Kombinasi Tombol Fisik Xiaomi

Cara yang pertama ini bisa dilakukan jika kamu tidak sengaja memasukkan HP Xiaomi ke Fastboot Mode. Misalnya, kamu tidak sengaja menekan kombinasi tombol Power + Volume Bawah saat HP Xiaomi dalam keadaan mati.

Untuk mengeluarkan HP Xiaomi dari Fastboot Mode, kamu juga bisa menggunakan tombol fisik pada HP. Caranya cukup dengan tekan tombol Power selama beberapa detik hingga HP Xiaomi mati dan melakukan restart. Tunggu sampai proses booting selesai, maka HP Xiaomi otomatis akan masuk ke layar menu utama.

Jika tidak bisa, maka kamu coba tekan dan tahan tombol Power + Volume Down pada HP Xiaomi yang masuk Fastboot Mode. Setelahnya HP Xiaomi akan melakukan restart dan masuk ke layar menu utama.

2. Keluar dari Fastboot Mode Via Komputer

Selain cara di atas, ada alternatif lainnya untuk bisa mengeluarkan HP dari halaman Fastboot Mode dan masuk ke layar menu utama, yakni dengan memanfaatkan perangkat komputer. Untuk langkah-langkah melakukannya, yakni:

  1. Hubungkan HP Xiaomi Fastboot Mode ke perangkat PC atau laptop menggunakan kabel USB.
  2. Kamu download dulu file ADB Fastboot dari internet, kemudian ekstrak jika masih berbentuk file ZIP atau RAR.
  3. Sekarang kamu buka file ADB Fastboot yang sudah diekstrak tersebut, kemudian masuk ke folder Fastboot.
  4. Selanjutnya klik kanan pada folder ADB Fastboot, lalu pilih opsi Open Command Windows Here.
  5. Jendela CMD akan ditampilkan di layar, kemudian ketik perintah “fastboot device” lalu Enter.
  6. Ketik lagi perintah “fastboot reboot” lalu tekan Enter. Dengan begitu HP Xiaomi yang terhubung tadi akan melakukan restart dan masuk ke layar menu utama HP.
  7. Selesai.

3. Periksa Tombol Volume di HP Xiaomi

Cara mengatasi Fastboot Xiaomi ini khusus dilakukan jika HP Xiaomi terus masuk ke Fastboot Mode meskipun sudah dilakukan cara pertama dan kedua di atas. Kemungkinan ini dikarenakan adanya error atau kerusakan pada tombol Volume HP Xiaomi, sehingga membuatnya terus masuk Fastboot Mode saat dinyalakan.

Dalam hal ini kamu perlu melakukan pembongkaran pada casing belakang HP, dan melepaskan beberapa komponennya. Setelah itu, kamu bersihkan bagian dalam tombol Volume, periksa juga adapakah ada kerusakan pada komponen tersebut. Jika perlu, kamu bisa mengganti komponen tombol Volume baru sesuai tipe HP Xiaomi milikmu.

4. Lakukan Flashing HP Xioami

Dan jika masih tetap tidak bisa, cara terakhir untuk mengatasi Fastboot Mode Xiaomi yakni dengan melakukan flashing. Untuk melakukannya kamu perlu menggunakan bantuan perangkat PC atau laptop yang digunakan untuk menjalankan Mi Flashtool. File firmware bisa kamu download sesuai dengan tipe HP Xiaomi milikmu.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi Fastboot Xiaomi beserta penyebabnya yang harus kamu ketahui. Jangan lupa bagikan informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat bagi orang lain.

Artikel SebelumnyaDownload Tema Xiaomi Tembus WhatsApp untuk Semua Tipe
Artikel SelanjutnyaCara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi Terbaru
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini