Cara Mudah Mengatasi Error “Oppo Launcher Telah Berhenti”

Cara Mudah Mengatasi Error “Oppo Launcher Telah Berhenti” – Oppo merupakan satu dari sekian banyak vendor smartphone di dunia ini yang bisa di bilang cukup baik dalam hal memberikan harga dan spesifikasi. Mulai dari kamera, performa, desain, yang mana memang hal tersebut pantas di sandingkan dengan vendor – vendor ternama lainnya. Akan tetapi, walaupun seperti itu, produk yang di keluarkan oleh brand Oppo tersebut juga tak luput akan timbul nya kesalahan sistem. Dimana seperti yang kita lihat sekarang bahwa tak sedikit pengguna hp Oppo mengeluhkan ada nya suatu kesalahan sistem atau error pada smartphone Oppo mereka. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat keluhan pengguna Oppo di dalam group – group sosial media atau bahkan melalui website resmi mereka sendiri, yang menjadi pokok permasalahan bagi pihak Oppo ialah cuman satu permasalahan yang sering terjadi bagi penggunanya.

Cara Mudah Mengatasi Error “Oppo Launcher Telah Berhenti”

Error yang sering terjadi yaitu pada saat ponsel sedang digunakan tiba – tiba malah tampil sebuah notif error yang bertuliskan “Oppo Launcher Telah Berhenti” dan di sertakan layar ngeblank atau juga ketika sedang membuka aplikasi maka akan otomatis terkeluar serta menimbulkan lag yang sangat parah. Masalah Oppo Launcher ini sendiri error yang tiba – tiba saja muncul entah dari mana asal nya memang bisa di sebabkan oleh beberapa faktor yang mungkin kita sendiri tidak menyadari nya, terutama sering kali penyebab ia muncul berasal dari suatu masalah pada software di dalam smartphone Oppo itu sendiri juga.

Baca Juga :

Perlu kalian ketahui terlebih dulu secara pasti, kalau Oppo Launcher adalah bagian terpenting dari sistem android keluaran brand Oppo, yang mana biasa nya setiap vendor hp memiliki tipe Launcher mereka masing – masing. Fungsi nya sendiri adalah untuk memaksimalkan kinerja dari pemakai user interface ketika sedang beraktifitas menjalankan multitasking pada layar ponsel. Atau dengan kata lain, Launcher merupakan sistem yang bekerja seperti layaknya tema hp yang dapat mengatur semua jalannya sistem operasi pada layar tampilan. Jadi, kalau Launcher tersebut memiliki masalah, maka hal itu akan berdampak besar juga kepada semua aplikasi yang sedang berjalan atau mempengaruhi jalannya aktifitas smartphone.

Cara Mudah Mengatasi Error “Oppo Launcher Telah Berhenti”

Untuk kamu yang sedang menghadapi masalah ini, dan kesulitan menyelesaikan error pada launcer Oppo tersebut, tidak usah khawatir lagi. Sebab pada kesempatan kali ini bukandroid akan memberikan beberapa tips jitu yang bisa anda gunakan untuk menyelesaikan launcher yang error pada hp Oppo. Walaupun persoalan itu tidak begitu serius memang, namun sebuah launcher yang error harus tetap di perbaiki, karena hal tersebut tidak akan sembuh dengan sendiri nya tanpa ada suatu tindakan yang serius. Untuk bagaimana cara memperbaiki nya, kalian bisa dapat langsung memerhatikan beberapa tips di bawah ini.

Cara Mudah Mengatasi Error “Oppo Launcher Telah Berhenti”

1. Wipe Data Melalui Recovery Mode

Cara pertama yang wajib anda coba adalah dengan cara wipe data pada smartphone Oppo anda untuk dapat mengatasi error dari launcher sistem operasi yang berupa blank dan tidak merespon apapun. Penting kamu ketahui sebelum melakukan langkah ini yaitu, dengan mempratekan langkah ini maka artinya kalian sudah menyetujui kalau semua data pada memory internal hp akan hilang, terkecuali pesan SMS, Kontak, dan data pada memory eksternal. Nah oleh karena itulah, sebelum menggunakan cara ini, alangkah baiknya untuk kalian melakukan backup terlebih dulu terhadap semua data penting yang ada di dalam memory internal. Jika sudah, lanjut dengan menyimak langkah demi langkah bagaimana cara untuk wipe data melalui opsi recovery mode di bawah ini.

Berikut langkah – langkah wipe data melalui opsi recovery mode pada handphone Oppo :

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mematikan hp seperti biasa.
  2. Kemudian menekan tombol Power dan Volume Down secara bersamaan, hingga Logo Oppo muncul. Dan setelah itu baru lah kita akan di bawa ke dalam menu Recovery Mode.
  3. Lalu akan tampil sebuah opsi bahasa, pilih saja Bahasa Inggris, agar kita nanti nya lebih mengerti dengan instruksi yang akan di berikan oleh sistem operasi tersebut.
  4. Selanjutnya pilih opsi Wipe Data, setelah itu tunggu sesaat sampai proses pembersihan (Wipe) selesai.
  5. Jika sudah, lakukan restart pada smartphone tersebut. Dan setelah hidup kembali, segera pastikan apakah error nya masih sama atau sudah tidak muncul lagi.

2. Melakukan Factory Reset

Langkah selanjutnya yaitu dengan cara melakukan factory reset pada ponsel Oppo kita, dimana cara yang satu ini sendiri cukup ampuh untuk di gunakan menyelesaikan masalah ini. Akan tetapi resiko memakai langkah ini sama saja halnya dengan cara pertama tadi, yaitu kehilangan semua data pada memory internal kecuali data default hp tersebut. Oleh karena itulah, sebelum memperagakan langkah ini ada baiknya untuk anda melakukan backup terlebih dahulu agar semua file maupun data penting anda sudah beres dan tidak akan hilang dengan cuma – cuma.

Berikut langkah – langkah melakukan factory reset pada handphone Oppo :

  1. Langkah awal yaitu membuka menu Settings pada hp kamu, lalu tekan opsi Setelan Tambahan.
  2. Kemudian tekan lagi opsi Buat Cadangan & Setel Ulang.
  3. Lanjut dengan memilih pilihan Kembali ke Setelan Pabrik.
  4. Setelah itu klik menu Setel Ulang Telepon, dan tekan tombol Hapus jika muncul.
  5. Sampai disini kalian sudah berhasil melakukan factory reset, hanya saja menunggu proses hingga selesai, yang mana jika sudah selesai hp akan secara otomatis terestart dengan sendiri nya.

3. Service Center Oppo

Kalau kalian sudah melakukan kedua cara di atas dan belum juga membuahkan hasil, maka cara terakhir yang wajib di lakukan adalah membawa hp tersebut ke service center Oppo. Bawalah hp Oppo kamu beserta lengkap dengan kotak dan kartu garansi nya ke service center Oppo di kota kamu, sebab dengan ada nya kartu garansi tersebut, maka biaya penanganan service tersebut akan gratis atau tidak di pungut biaya. Kenapa langkah terakhir ini penting dilakukan ketimbang mencoba cara lain ? Karena penanganan lebih lanjut ini akan mengetahui pasti apa penyebab timbulnya masalah itu dan akan di perbaiki langsung oleh pihak service Oppo, dimana hal ini tidak akan membuat kita keropotan lagi untuk mencoba berbagai macam cara. Nah, untuk kamu yang memiliki ponsel Oppo dengan massa garansi yang sudah habis, maka nantinya akan di kenakan biaya sesuai dengan kerusakan hp tersebut.

Penutup

Nah itulah tadi 3 cara ampuh yang harus kalian lakukan jika memilih masalah terhadap hp Oppo yang anda miliki, karena memang akan sulit sekali menyelesaikan suatu masalah tanpa kita tau dengan pasti bagaimana cara nya. Jangan lupa share artikel ini ke dalam medsos kamu jika merasa terbantu dengan ada nya artikel ini.