Cara Mengatasi Error Code 5 Pada Aplikasi Zoom

59
Cara Mengatasi Error Code 5 Pada Aplikasi Zoom
Cara Mengatasi Error Code 5 Pada Aplikasi Zoom

Cara Mengatasi Error Code 5 Pada Aplikasi Zoom Zoom juga menerapkan sistem seperti layanan digital pada umumnya. Yang mana apabila terjadi suatu kesalahan akan tampil sebuah sistem diagnosa berdasarkan kode-kode tertentu sesuai dengan permasalahan yang sedang terjadi. Salah satu kode error yang tak jarang di jumpai para pengguna ialah Error Code 5. Mungkin, dari kalian yang sedang mengalami permasalahan ini sedang bertanya-tanya di mana letak masalah dan solusi mengatasi kode error tersebut.

Cara Mengatasi Error Code 5 Pada Aplikasi Zoom

Yang perlu kamu ketahui dahulu adalah, Error Kode 5 ini biasanya muncul ketika koneksi data di antara aplikasi atau web ke server sedang terganggu. Maka kesalahan ini cukup sering terjadi pada para pengguna. Dengan kata lain Error Kode 5 ini muncul di karenkan koneksi internet pengguna yang sedang tidak stabil. Tidak stabil di sini bukan berarti jika anda menonton video Youtube beresolusi 720p dengan lancar, tetapi angka Ping dari internet kamu yang tidak stabil. Apabila kedapatan angka Ping internet yang semula 26ms lalu tiba-tiba melonjok ke angka 70ms atau bahkan 200+. Maka dapat di pastikan koneksi internet kamu sedang tidak stabil untuk melakukan video tatap muka dengan aplikasi Zoom.

Baca Juga:

Untuk mengatasi hal tersebut tentunya perlu melihat alasan-alasan tertentu yang mengganggu koneksi data Zoom ke server layanan. Secara umum, ada beberapa faktor teknis yang dapat menyebabkan terputusnya koneksi ke server Zoom, beberapa di antaranya adalah pengaturan seperti firewall, pengaturan antivirus, kualitas jaringan internet yang digunakan, dan proxy internet. Kalau Anda belum mengetahui penyebab terjadinya Error Code 5 error pada layanan Zoom Anda, maka tentunya Anda perlu mencoba untuk memperbaikinya.

Cara Mengatasi Error Code 5 Pada Aplikasi Zoom

Pada artikel kita kali ini akan membahas lengkap beberapa cara yang dapat kalian coba untuk menyelesaikan Error Code 5 pada aplikasi Zoom milikmu. Ok langsung saja simak rangkumannya berikut di bawah ini.

1. Mencoba Menggunakan Jaringan Internet Lain

Cara pertama yang dapat Anda coba yaitu mencoba koneksi internet lainnya. Hal ini berguna untuk memastikan bahwa internet yang di pakai perangkat Anda benar-benar bisa menghubungkan aplikasi klien ke server Zoom. Untuk mencobanya, pengguna bisa menggunakan kartu SIM operator lain, pindah ke tempat dengan dukungan jaringan internet yang lebih stabil, ataupun mencoba beralih ke koneksi WiFi yang lebih cepat dan stabil. Kenapa saya sarankan cara ini? Karena seperti yang sudah kita bahas tadi biasanya penyebab utama dari Error Code 5 biasanya sering di karenakan oleh koneksi yang buruk.

2. Mengecek Pengaturan Firewall dan Proxy

Meskipun awalnya ditujukan untuk melindungi diri Anda sendiri saat mengakses berbagai layanan, pengaturan firewall pada perangkat atau jaringan Anda juga dapat mengganggu koneksi data dari klien ke server Zoom sendiri. Dalam hal ini, pengguna tentu saja harus menyesuaikan pengaturan Zoom agar berfungsi dengan baik di perangkat mereka. Namun, pengaturan yang lebih spesifik untuk masing-masing perangkat biasanya dapat ditemukan di halaman perusahaan yang meluncurkannya.

Untuk mendapatkan jaringan Internet yang berkualitas tinggi, seperti koneksi yang cepat untuk bermain game online, banyak pengguna yang sering menggunakan proxy tambahan sebagai jembatan. Sayangnya, bagaimanapun, banyak pengaturan di server atau klien sering berisiko mengganggu koneksi tertentu ke beberapa layanan internet, termasuk amplifikasi salah satunya. Jika hal ini terjadi, menghubungi administrator jaringan mungkin merupakan langkah yang bijaksana untuk mengatasi masalah tersebut. Terutama jika Anda tidak mengetahui pengaturan proxy perangkat Anda sama sekali.

3. Restart Ulang Smartphone

Dengan memulai ulang sistem operasi Android, maka perangkat akan berjalan lebih segar. Ini tidak hanya mengurangi beban pada perangkat keras smartphone tersebut, langkah ini biasanya juga memperbarui pengaturan koneksi. Pilihan muat ulang biasanya tersedia berdasarkan sistem yang digunakan pada setiap perangkat, tetapi jika tidak ada, pengguna dapat mematikan dan menghidupkannya secara manual.

Kesalahan dalam sebuah sistem Android yang sedang berjalan terkadang juga dapat memengaruhi kualitas koneksi layanan itu sendiri. Untuk alasan ini, memuat ulang perangkat Android dapat menjadi solusi yang ampuh untuk banyak masalah teknis yang dialami pengguna aplikasi seperti Zoom.

4. Mengatur Pengaturan Jaringan di Aplikasi Antivirus

Perlu kalian ketahui sebelumnya bahwa beberapa aplikasi Antivirus juga berusaha melindungi pengguna dengan mengimplementasikan proteksi tambahan ke jaringan internet. Meski demikian, hal tersebut kadang kala malah memblokir akses ke layanan penting seperti Zoom misalnya. Apabila perangkat memakai sebuah antivirus, maka pengguna dapat menemukan pengaturannya secara langsung di dalam aplikasi. Setelah itu barulah Anda pastikan untuk mematikan setelan pemblokiran jaringan Zoom.

5. Melakukan Update Pada Zoom dan Sistem Android

Kesalahan dalam pengembangan sistem operasi perangkat seperti bug dan aplikasi Zoom itu sendiri juga dapat menjadi faktor yang mengganggu akses server. Untuk memperbaiki hal ini, Anda tentu perlu memperbarui sistem Android atau aplikasi Zoom milik Anda ke versi terbaru. Yang mana update terbaru akan memperbaiki bug lama yang membuat pengguna terganggu dalam mengakses aplikasinya.

6. Menginstall Ulang Aplikasi Zoom

Selain melakukan restart dan memperbarui perangkat, kamu dapat mencoba menyegarkan data dan pengaturan dalam layanan dengan menghapus lalu menginstal ulang aplikasi terkait. Banyak data aplikasi yang menumpuk biasanya juga dapat menyebabkan banyak masalah teknis, termasuk mempengaruhi kinerja aplikasi dan mencegahnya berfungsi dengan baik.

Penutup

Baik mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada artikel kita kali ini yang berjudul Cara Mengatasi Error Code 5 Pada Aplikasi Zoom. Jika artikel kita bermanfaat bagi kamu jangan lupa untuk membagikannya ke akun sosial media kamu yaa.

Artikel SebelumnyaPenyebab dan Cara Mengatasi Bluetooth Yang Menyala Sendiri
Artikel SelanjutnyaBegini Cara Menggunakan Voice Botika Pada WhatsApp
Hello people :) Perkenalkan nama saya Jimi, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber :) this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini