Cara Mengatasi Black Screen di HP Xiaomi dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Black Screen di HP Xiaomi – Xiaomi merupakan salah satu brand HP yang terkenal dengan produk HP-nya yang dibanderol dengan harga murah. Harganya memang masih di bawah harga HP dari brand lain, seperti Samsung, Apple, Lenovo dan lain sebagainya. Meskipun murah, Xiaomi tetap memastikan kalau spesifikasi dan performa kinerja yang diberikan berkualitas bagus.

Cara Mengatasi Black Screen di HP Xiaomi
Cara Mengatasi Black Screen di HP Xiaomi dan Peyebabnya

Tapi yang namanya produk teknologi, pasti sekali dua kali pernah mengalami masalah. Mungkin itu masalah yang ringan atau bahkan masalah serius yang butuh penanganan yang lebih lanjut. Salah satu masalah pada HP Xiaomi yang cukup sering dialami pengguna adalah layar black screen atau layar hitam. Entah apa penyebabnya, layar tiba-tiba blank dan berubah menjadi warna hitam.

Baca Juga :

Masalah black screen di HP Xiaomi bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa dikarenakan komponen HP yang rusak khususnya layar, atau bisa juga karena kelalaian dari pengguna saat mengoperasikannya. Pada artikel kali ini akan saya jelaskan apa saja penyebab dan cara mengatasi black screen di HP Xiaomi paling mudah. Caranya yang mudah bahkan bisa diterapkan oleh kamu yang masih pemula atau pengguna baru Xiaomi sekalipun.

Penyebab dan Cara Mengatasi Black Screen di HP Xiaomi

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara mengatasi black screen di HP Xiaomi, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa penyebab dari masalah tersebut. HP Xiaomi black screen atau layar hitam disebabkan oleh beberapa faktor. Di bawah ini sudah saya rangkumkan setidaknya ada 4 faktor yang menjadi penyebab black screen di HP Xiaomi, antara lain :

1. Terjadi Crash atau bug pada frimware

Penyebab layar hitam pada HP Xiaomi yang pertama adalah karena terjadinya crash pada frimware HP. Selain itu, bugs pada frimware juga bisa menjadi penyebab dari masalah serius tersebut. Crash atau bug pada  frimware memang akan berdampak langsung pada bagian hardware smartphone. Salah satunya yang terkena dampaknya adalah bagian layar, dimana tampilannya menjadi tidak sempurna atau bahkan tidak muncul tampilan sama sekali.

Salah satu penyebab dari crash pada frimware ini sendiri adalah kesalahan saat pemasangan custom ROM. Atau bisa juga karena kamu jarang melakukan upgrade sistem saat ada permbaruan sistem.

2. Bagian konektor atau penghubung layar ke monitor bermasalah

Selain penyebab di atas, black screen pada HP Xiaomi lainnya adalah karena konektor layar yang menyambung ke motherboard bermasalah atau bahkan rusak. Hal ini mungkin sangat jarang terjadi, tapi tidak menutup kemungkinan juga hal tersebut bisa terjadi. Karena rusaknya penghubung layar ke motherboard, maka sudah pasti layar tidak bisa menampilkan gambar apapun.

Konektor atau IC layar yang rusak atau gosong salah satunya disebabkan oleh aliran listrik yang tidak stabil masuk ke komponen HP. Mungkin karena pengguna charge yang tidak sesuai atau bisa juga karena hal lainnya.

3. HP berada dalam kondisi mode EDL

Mode EDL merupakan kondisi wajar yang mana layar tidak akan menampilkan gambar apapun selain layar berwarna hitam. Kondisi ini bukanlah sebuah masalah serius, karena ini hanyalah mode semata. Untuk masuk ke mode EDL biasanya kita perlu menekan kombinasi tombol. Dan untuk keluar dari mode tersebut juga tidak terlalu sulit, karena ini bukanlah suatu masalah di HP Xiaomi.

Oh ya, perlu kamu tahu juga, mode EDL ini hanya ada pada HP yang mengusung chipset Qualcomm Snapdragon saja. Untuk chipset lain seperti MediaTek tidak memiliki mode ini. Jadi, jangan sampai salah menyangkan HP masuk mode EDL jika HP-mu mengusung chipset  selain Qualcomm Snapdragon.

4.  Fitur brightness di Xiaomi terjadi error

Dan penyebab layar hitam di HP Xiaomi yang terakhir adalah karena terjadinya error pada fitur brightness. Seperti yang kita tahu, fitur ini memungkinkan kita mengatur kecerahan layar sesuai dengan kenyamanan kita saat menatapnya. Pada satu kasus pernah terjadi error pada fitur ini, dimana level kecerahannya tiba-tiba berubah menjadi 0%. Pada kondisi seperti ini sudah pasti layar tidak bisa menampilkan gambar apapun. Solusinya adalah dengan mengembalikan presentase kecerahannya sesuai kenyamanan kamu.

Cara Mengatasi Black Screen di HP Xiaomi

Setelah mengetahui beberapa penyebab black screen di atas, selanjutnya adalah cara mengatasi black screen di HP Xiaomi. Caranya sebenarnya sangat mudah, kamu hanya perlu menganalisis penyebabnya dan temukan solusinya. Secara garis besar, cara mengatasi black screen di HP Xiaomi ada 2, antara lain :

1. Reset  atau flas ulang HP Xiaomi

Cara mengatasi layar hitam di HP Xiaomi yang pertama adalah dengan melakukan reset pada HP Xiaomi. Atau kalau masih belum bisa juga, kamu bisa melakukan flash ulang pada HP Xiaomi. Cara ini bisa kamu pilih jika black screen di HP Xiaomi disebabkan oleh crash frimeware, error sistem, atau juga settingan yang salah. Dengan cara ini akan membuat semua data di HP akan hilang. HP nantinya juga akan menggunakan versi ROM yang baru sehingga performanya lebih mumpuni. Untuk caranya sendiri bisa dilihat DISINI atau DISINI.

2. Membawa ke service center

Dan cara yang kedua adalah dengan membawanya ke service center Xiaomi. Ini menjadi satu-satunya cara jika langkah di atas tidak bisa mengatasinya. Atau juga jika masalah black screen disebabkan oleh komponen atau hardware HP yang rusak. Kalau kamu bisa memperbaikinya sendiri sih itu lebih bagus. Karena biaya perbaikan komponen HP lumayan mahal.

Penutup

Itulah tadi beberapa penyebab dan cara mengatasi black screen di HP Xiaomi paling mudah. Ketahui terlebih dahulu penyebab layar hitam, baru kamu bisa menerapkan cara untuk mengatasinya. Jangan lupa share artikel ini ke akun media sosial kamu agar juga bermanfaat untuk orang banyak.