Cara Mengatasi Baterai HP Kembung Paling Ampuh

Cara Mengatasi Baterai HP Kembung – Hampir semua orang di jaman sekarang ini pasti punya yang namanya HP android. Ini karena semakin banyak vendor yang merilis HP barunya dengan harga murah dan sangat kompetitif. Apalagi kalau sudah berbalel HP second, pasti harga yang ditawarkan akan semakin murah. Meskipun murah, tapi beberapa HP low-end ini juga punya performa yang sangat bagus.

Cara Mengatasi Baterai HP Kembung
Cara Mengatasi Baterai HP Kembung

Di balik semua kecanggihan dari HP android, pasti ada saja kekurangan yang dimiliki. Salah satunya adalah masalah baterai. Entah itu karena faktor penggunaan, kerusakan hardware ataupun faktor usia, baterai seringkali mengalami masalah. Masalah yang paling banyak dialami pengguna adalah baterai kembung.

Baca Juga:

Masalah baterai HP kembung sering dialami pada baterai jenis removable atau bisa dilepas. Baterai HP yang kembung membuatnya tidak bisa digunakan seperti biasanya. Selain itu, biasanya juga baterai kembung seperti ini tidak bisa dicas, kalaupun biasa pasti dayanya tetap nol. Lantas, bagaimana cara mengatasi baterai HP kembung tersebut? Informasi selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Baterai HP Kembung Paling Ampuh

Cara Mengatasi Baterai HP Kembung Paling Ampuh

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, masalah pada baterai termasuk juga baterai kembung bisa disebabkan oleh banyak faktor. Kamu perlu mengetahui beberapa penyebabnya tersebut agar nantinya kamu bisa melakukan pencegahan. Adapun beberapa penyebab baterai HP kembung tersebut, antara lain:

1. Mencharge terlalu lama

Penyebab baterai HP mengalami kembung dan error yang pertama bisa disebabkan oleh kebiasaan pengguna yang membiarkan HP dicas dalam waktu yang cukup lama. Biasanya sebagian dari kita membiarkan HP tetap dicharge selama semalaman ketika tidur. Pada HP keluaran lama masih belum disematkan teknologi khusus yang membuat HP tetap dialiri listrik meskipun baterai sudah penuh. Jika ini terus dilakukan, pastilah membuat komponen-komponen dalam baterai menjadi rusak dan membuatnya membengkak.

Untuk HP android keluaran baru mungkin ini tidak terlalu bermasalah. Tetapi, alangkah lebih amannya kamu perlu mencopot charge jika daya baterai sudah penuh.

2. Menggunakan HP sambil dicharge

Faktor lain yang menyebabkan baterai HP android kembung adalah kebiasaan pengguna mengoperasikan HP sambil mencharge. Baik itu saat teleponan, menjalankan aplikasi atau bahkan bermain game. Kebiasaan ini hanya akan membuat baterai HP menjadi sangat panas. Jika ini dilakukan secara terus-menerus maka akan membuatnya bermasalah, termasuk mengalami kembung.

Selain itu, kondisi paling parahnya akan membuat HP bisa meledak jika suhunya terlalu panas. Jadi, sebaiknya hindari kebiasaan memainkan HP sambil mencharge seperti ini.

3. Membiarkan baterai sering panas

Hampir sama dengan penyebab sebelumnya, tapi disini baterai panas bukan dikarenakan mengecas sambil memainkannya. Tetapi penyebabnya adalah menaruh HP di tempat yang panas sehingga membuat suhunya meningkat. Hindarkan HP terpapar sinar matahari secara langsung untuk mencegah terjadinya overheat. Selain itu, saat mengecas HP sebaiknya jangan menaruhnya di tempat yang bersuhu panas pula.

4. mengecas HP bukan dengan charger bawaan

Dan penyebab baterai HP kembung yang terakhir adalah karena pengguna sering mengecas HP dengan menggunakan charger KW atau bukan bawaan dari HP tersebut. Setiap charger bawaan pastinya sudah disetting dan disesuaikan dengan kebutuhan tegangan dari sebuah HP. Sementara charger abal-abal atau bukan bawaan HP biasanya punya tegangan yang dihasilkan terkadang tidak stabil dan juga tidak sesuai dengan kebutuhan baterai. Bisa saja tegangan yang diterima terlalu besar ataupun terlalu rendah.

Jika hal ini dilakukan secara terus-menerus maka tidak heran jika baterai mengalami masalah, termasuk baterai kembung.

Setelah mengetahui beberapa penyebab baterai HP kembung di atas, selanjutnya adalah cara mengatasi baterai HP kembung. Caranya sangat mudah, dan saya sendiri pernah membuktikannya. Baterai yang semula kembung bisa kembali normal dan bisa digunakan kembali. Meskipun kualitas daya yang diberikan sudah tidak sebagus seperti awal kali membelinya.

Adapun cara mengatasi baterai HP kembung paling mudah dan ampuh bisa kamu terapkan, antara lain:

  1. Pertama kamu perlu mencopot baterai dari HP androidmu. Cara ini hanya berlaku untuk HP yang mengusung baterai jenis removable alias baterai bisa dilepas. Matikan terlebih dahulu HP android sebelum kamu mencopot bagian baterainya.
  2. Setelah itu, Kamu letakkan baterai HP kembung tersebut di dalam kulkas atau freezer. Untuk mencegah baterai terkena air dalam kulkas atau freezer, kamu bisa membungkusnya dengan plastik kecil agar lebih aman. Biarkan baterai berada di dalam kulkas atau freezer selama kurang lebih 24 jam. Setelah mencapai waktu 24 jam, silahkan kamu ambil atau keluarkan baterai dari dalam kulkas atau freezer.
  3. Setelah diambil, jangan langsung kamu pasangkan baterai ke HP, melainkan mengeringkannya terlebih dahulu dengan cara mendiamkan diruang teduh atau di depan kipas. Hindari mengeringkan baterai dengan menaruhnya di bawah sinar matahari langsung, karena hal ini akan sangat berbahaya.
  4. Jika dirasa sudah kering, barulah kamu bisa memasangkan baterai ke HP. Pasangkan dengan benar lalu tutup kembali baterai dengan casing. Baterai yang kembung tadi sudah kembali normal dan pas di bodi HP.
  5. Selanjutnya adalah dengan mengecas HP dengan menggunakan charger bawaan hingga dayanya penuh. Jangan gunakan charger abal-abal atau bukan bawaan HP, karena ini hanya akan membuat baterai kembali kembung. Saat mengecas, sebaiknya jangan dulu menghidupkan HP.

Penutup

Itulah tadi cara mengatasi baterai HP kembung paling mudah dan kembung. Cara di atas ternyata juga bisa kamu terapkan pada baterai tanam kembung. Caranya sama, yang membedakan mungkin hanya dari segi cara melepas atau mencopot baterainya.