Cara Mengatasi Aplikasi Tokopedia Error di HP

96
Cara Mengatasi Aplikasi Tokopedia Error
Cara Mengatasi Aplikasi Tokopedia Error

Cara Mengatasi Aplikasi Tokopedia Error – Berbelanja online sudah menjadi rutinitas bagi sebagian besar masyarakat modern seperti sekarang ini. Kemudahan dalam hal berbelanja dan pengiriman barang belanjaan, menjadi alasan kenapa banyak orang lebih suka berbelanja secara online. Apalagi didukung dengan banyaknya promo dan diskon yang diberikan oleh toko dan marketplace, semakin membuat orang-orang tertarik untuk berbelanja online. Meski sebagian orang masih agak ragu untuk berbelanja online, nyatanya sistem keamanan yang dikembangkan oleh marketplace sudah semakin dikembangkan. Hal ini ditujukan untuk memastikan semua proses transaksi jual-beli dapat berjalan lancar dan sukses.

Cara Mengatasi Aplikasi Tokopedia Error
Cara Mengatasi Aplikasi Tokopedia Error

Memilih untuk berbelanja secara online, kita juga tidak perlu takut barang yang sampai nantinya tidak sesuai dengan yang kita beli di marketplace. Kalau pun barang yang diterima tidak sesuai, maka kita bisa melakukan refund atau pengembalian barang. Nantinya kita bisa memilih untuk diganti barangnya atau refund sepenuhnya, yang mana uang yang sudah dibayarkan nantinya akan dikembalikan ke dompet kita. Mengenai belanja online, sekarang ini sudah ada banyak platform jual-beli online yang tersedia. Salah satunya yang cukup populer di Indonesia yakni Tokopedia. Bukan hanya hadir dalam tampilan website saja, Tokopedia juga dihadirkan versi aplikasi mobile-nya. Kamu sebagai pengguna android bisa mengunduh dan menginstall aplikasi Tokopedia ini langsung dari Google Play Store.

Baca Juga:

Menggunakan aplikasi Tokopedia, kamu perlu membuat akun terlebih dahulu untuk bisa mulai berbelanja di dalamnya. Untuk pembuatan akun Tokopedia ini sendiri hanya membutuhkan nomor HP atau alamat email aktif. Saat pendaftaran akun, biasanya kita perlu melakukan verifikasi dengan memasukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor HP atau email yang terdaftar. Nantinya kalau akun sudah aktif, maka kamu bisa langsung berbelanja barang kebutuhan. Saat mengakses aplikasi Tokopedia di HP android, ada kalanya aplikasi tersebut mengalami error sehingga kita tidak bisa menggunakannya secara maksimal. Lantas, bagaimana cara mengatasi aplikasi Tokopedia error tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Aplikasi Tokopedia Error di HP

Penyebab Aplikasi Tokopedia Error
Penyebab Aplikasi Tokopedia Error

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki aplikasi Tokopedia yang error di HP android ini. Yang pasti cara-cara ini sangat mudah diterapkan, bahkan bagi kamu yang masih awam. Tentunya juga kamu bisa menyesuaikan cara mengatasi error pada aplikasi Tokopedia dengan penyebabnya.

Memang ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan aplikasi Tokopedia error, seperti aplikasi Tokopedia yang sudah usang, terdapat bug di aplikasi, file cache yang menumpuk, data corrupt, sistem android error dan lain sebagainya. Adapun cara mengatasi aplikasi Tokopedia error di android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Restart HP Android

Cara yang pertama untuk mengatasi error pada aplikasi Tokopedia di HP android yakni dengan melakukan Restart atau Mulai Ulang. Cara ini akan menghapus cache dan sampah yang tersimpan sementara di RAM, yang mana file cache yang menumpuk ini memang menjadi salah satu penyebab error saat menjalankan aplikasi.

Setelah dilakukan restart, biasanya masalah error pada aplikasi akan langsung teratasi, termasuk error pada aplikasi Tokopedia. Bukan hanya itu saja, performa kinerja HP juga akan lebih cepat dan responsive setelah dilakukan restart ini

2. Update Aplikasi Tokopedia ke Versi Terbaru

Bisa jadi aplikasi Tokopedia yang error dan tidak bisa dibuka dikarenakan belum diperbarui ke versi yang terbaru. Mungkin kamu telah mematikan fitur update aplikasi otomatis di Google Play Store, sehingga update aplikasi perlu dilakukan secara manual. Untuk cara update versi aplikasi Tokopedia di android sendiri, yakni:

  • Pertama kamu buka Google Play Store di HP android.
  • Kemudian klik Foto Profil di pojok kanan atas tampilan.
  • Selanjutnya pilih opsi Kelola Aplikasi & Perangkat.
  • Klik pada tab Kelola, lalu pilih opsi Update Tersedia yang ada dibawa tab Kelola tadi.
  • Cari dan klik pada aplikasi Tokopedia, kemudian klik tombol Update yang ada di sana.
  • Tinggal menunggu hingga proses update selesai. Kemudian kamu sudah bisa menjalankan aplikasi Tokopedia lagi seperti biasa.
  • Selesai.

Catatan: Jika di daftar Update Tersedia kamu tidak menemukan aplikasi Tokopedia, itu artinya aplikasi Tokopedia yang kamu gunakan sudah merupakan versi terbaru.

3. Periksa Koneksi Internet

Karena aplikasi Tokopedia merupakan aplikasi mobile yang berbasis online, jadi untuk mengaksesnya HP harus sudah terhubung ke jaringan internet. Jika tidak, maka bukan tidak mungkin aplikasi Tokopedia tidak bisa diakses. Terkadang kita sudah mengaktifkan Data Seluler di HP, akan tetapi aplikasi Tokopedia tetap saja error tidak bisa diakses.

Mungkin saja hal ini dikarenakan jaringan di HP sedang tidak stabil atau bermasalah. Untuk mengatasinya bisa dengan mengaktifkan Mode Pesawat. Kemudian tunggu beberapa saat dan matikan lagi Mode Pesawat di HP. Sekarang aktifkan lagi Data Seluler di HP dan gunakan Tokopedia seperti biasa. Jika masih tetap, kamu bisa mencoba kartu SIM lain atau menghubungkan HP ke jaringan wifi.

4. Hapus Cache dan Data Aplikasi Tokopedia

File cache aplikasi yang menumpuk juga bisa menjadi penyebab aplikasi Tokopedia error sehingga tidak bisa digunakan seperti biasanya. Untuk itu, kamu perlu melakukan penghapusan cache atau sampah yang tersimpan di dalam aplikasi tersebut. Caranya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Tokopedia.
  • Kemudian masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Lanjutkan dengan klik tombol Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Selesai.

Jika sudah dihapus cache tetapi aplikasi Tokopedia masih tetap error, maka kamu bisa lanjut menghapus data aplikasi. Perlu diingat, menghapus data aplikasi ini akan membuat aplikasi Tokopedia kembali ke mode dafault seperti saat baru pertama kali diinstall.

  • Pertama buka menu Pengaturan di HP.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari dan klik pada pada aplikasi Tokopedia.
  • Kemudian klik pada opsi Penyimpanan.
  • Lanjutkan dengan klik tombol Hapus Data.
  • Selesai.

Catatan: Sebelum menjalankan lagi aplikasi Tokopedia, sebaiknya kamu lakukan restart HP terlebih dahulu setelah penghapusan cache dan data.

5.  Uninstall dan Install Ulang Aplikasi Tokopedia

Mungkin saja masalah error ini sudah terbilang parah dan harus dilakukan tindakan lanjutan. Kali ini kamu perlu menghapus aplikasi Tokopedia di HP androidmu. Untuk cara menghapus aplikasi Tokopedia di HP android tersebut, yakni:

  • Buka layar menu utama di HP android.
  • Sekarang tekan dan tahan pada ikon aplikasi Tokopedia sampai muncul beberapa opsi di atasnya.
  • Selanjutnya pilih opsi Hapus Instalasi atau Uninstall.
  • Konfirmasi dengan klik Hapus atau Uninstall.
  • Selesai.

Jika sudah, selanjutnya kamu lakukan restart HP terlebih dahulu. Kemudian lakukan penginstalan ulang aplikasi Tokopedia melalui Google Play Store.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi aplikasi Tokopedia error di HP android yang mudah dan ampuh bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Cek Keaslian Akta Kelahiran Online Lewat HP
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Aplikasi Lazada Error di Android
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini