Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Android

136
Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang
Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang – Salah satu daya tarik HP android yakni kebebasan bagi pengguna untuk menginstall aplikasi apapun di dalamnya. Mulai dari media sosial, aplikasi bisnis, hingga hiburan seperti game atau yang lainnya. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa ditemukan dengan mudah melalui Google Play Store yang merupakan gudangnya aplikasi android. Hampir semua aplikasi yang disediakan di dalamnya bisa kamu install secara gratis di HP android. Namun, biasanya ada beberapa item dalam aplikasi yang hanya bisa diakses oleh pengguna berbayar.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang
Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang

Berbicara mengenai aplikasi di Google Play Store, ada banyak sekali jenisnya. Jumlahnya bahkan mungkin mencapai angka jutaan. Terlebih lagi Google membebaskan para developer untuk membuat aplikasi untuk nantinya dimasukkan ke dalam Google Play Store. Namun, tidak semua aplikasi bisa lolos masuk ke Google Play Store. Pasalnya, Google menerapkan filter yang ketat untuk semua aplikasi yang ingin didaftarkan ke Google Play Store. Meskipun lolos, terkadang jika ternyata aplikasi melanggar kebijakan Google maka tidak lama akan langsung diblokir.

Baca Juga:

Namun, kali ini bukan aplikasi yang akan saya bahas, melainkan mengenai masalah penginstalan aplikasi android yang sering dialami oleh pengguna. Pada kondisi tertentu HP android tidak bisa melakukan penginstalan suatu aplikasi. Hal ini sendiri bisa disebabkan oleh banyak faktor. Baik itu aplikasi itu sendiri yang corrput, aplikasi tidak kompatibel, sistem android error dan lain sebagainya. Yang terpenting di sini adalah bagaimana cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di HP android tersebut. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Android

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Android
Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Android

Bagi pengguna awam, saat mengalami kendala pada penginstalan aplikasi seperti ini biasanya mereka akan langsung panik. Padahal, hal seperti ini merupakan masalah ringan yang tentunya bisa diperbaiki dengan mudah dan cepat. Adapun cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di smartphone android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Melakukan Restart HP Android

Cara pertama untuk mengatasi masalah aplikasi tidak berhasil terinstall yakni dengan melakukan restart. Cukup restart HP android, dan ketika HP sudah hidup kamu bisa mengulang langkah penginstalan aplikasinya. Umumnya setelah melakukan restart, masalah aplikasi tidak bisa terpasang tadi sudah bisa diatasi.

Biasanya aplikasi tidak terpasang di android disebabkan oleh file cache yang menumpuk di RAM sehingga membuatnya penuh. Alhasil kinerja HP kurang maksimal sehingga tidak bisa melakukan penginstalan aplikasi baru.

2. Menghapus File Cache Google Play Store

Mungkin juga masalah aplikasi tidak terpasang di android disebabkan oleh file cache Google Play Store yang terlalu menumpuk. Hampir sama seperti sebelumnya, file cache di Google Play Store juga bisa menyebabkan berbagai masalah error. Namun, untuk membersihkan cache aplikasi tidak bisa dengan cara restart HP android.

Ada langkah khusus untuk menghapus file cache di Google Play Store tersebut. Lebih jelasnya simak langkah-langkah berikut ini:

  • Langkah pertama masuk ke menu Pengaturan di HP android.
  • Selanjutnya pilih opsi Aplikasi Terinstall.
  • Sekarang kamu cari dan pilih aplikasi Google Play Store.
  • Masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik tombol Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Selesai.

Jika memang masih belum bisa, maka kamu coba klik pada tombol Uninstall Pembaruan yang ada di halaman tadi. Biasanya cara ini cukup efektif untuk mengatasi masalah aplikasi tidak terinstall.

3. Mengaktifkan Fitur Unknown Resource

Cara satu ini khusus dilakukan jika ternyata kamu menginstall aplikasi dari luar Google Play Store. Pada beberapa HP android biasanya memiliki fitur keamanan, di mana tidak menyarankan pengguna untuk menginstall aplikasi dari luar Play Store. Karena itulah, kamu perlu mengaktifkan fitur Install Apliksai yang Tidak Dikenal agar HP bisa menginstall aplikasi dari luar Play Store.

Untuk mengaktifkan fitur Install Aplikasi yang Tidak Dikenal atau Unknown Resource tersebut, yakni:

  • Pertama kamu masuk ke menu Pengaturan HP android.
  • Kemudian pilih opsi Pengaman atau Keamanan.
  • Klik pada opsi Install aplikasi yg tdk dikenal.
  • Kemudian aktifkan fitur tersebut satu per satu pada masing-masing aplikasi.
  • Selesai.

Jika sudah mengaktifkan fitur Unknown Resource, maka kamu bisa install kembali aplikasi yang tidak terpasang tadi.

4. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Penyebab aplikasi tidak dapat terpasang di HP android mungkin juga dikarenakan kapasitas memori internal yang tidak memadai. File yang tersimpan di dalamnya sangat banyak sehingga membuat memori internal penuh. Karena itulah, sebaiknya kamu pindahkan semua file media ke microSD agar ruang kosong di memori internal lebih luas.

Atau bisa juga dengan melakukan uninstall pada beberapa aplikasi yang tidak digunakan, khususnya aplikasi yang punya kapasitas cukup besar. Beberapa aplikasi yang sekiranya tidak diperlukan juga bisa kamu uninstall.

5. Cek Kompatibilitas Aplikasi

Masalah aplikasi android yang tidak dapat terpasang bisa juga disebabkan karena aplikasi yang tidak kompatibel dengan versi android. Mungkin saja kamu mengunduh aplikasi yang sudah terlalu usang, alias versi lama. Pada kasus lain, terkadang aplikasi versi terbaru juga memungkinkan tidak kompatibel dengan perangkat HP android.

Tidak hanya itu saja, aplikasi biasanya juga memiliki syarat spesifikasi agar sebuah perangkat HP bisa menjalankannya. HP yang tidak memiliki spesifikasi yang memadai untuk menginstall sebuah aplikasi berat, jika dipaksakan tentunya akan muncul notifikasi error. Terkadang juga muncul pesan yang menyatakan aplikasi tidak dapat diinstall di perangkat HP android tersebut.

6. Melakukan Factory Reset

Cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di HP android berikutnya yakni dengan melakukan factory reset. Cara satu ini diklaim sangat ampuh mengatasi berbagai masalah error pada HP android, termasuk juga masalah aplikasi tidak terpasang. Melakukan reset ulang HP android, itu artinya akan mengembalikannya ke pengaturan awal pabrik. Dengan demikian, semua data yang ada di dalamnya akan dihapus secara permanen.

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk melakukan factory reset, yakni melalui menu Pengaturan dan juga melalui menu Recovery. Namun, yang paling mudah melakukan factory reset melalui menu Pengaturan HP. Untuk langkah-langkahnya, sebagai berikut:

  • Langkah pertama masuk ke menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian pilih opsi Manajemen Umum.
  • Selanjutnya klik opsi Reset.
  • Dan terakhir klik opsi Reset data pabrik.
  • Tunggu sampai proses reset selesai.

7. Melakukan Flashing HP Android

Dan cara terakhir untuk mengatasi aplikasi tidak bisa terpasang di HP android yakni dengan melakukan flashing. Cara satu ini terbilang sangat ampuh untuk mengatasi masalah berat yang terjadi di HP android.

Namun, melakukan flashing memerlukan pengetahuan yang lebih. Pasalnya langkah-langkah untuk melakukannya terbilang rumit. Jika melakukan kesalahan dalam langkahnya, maka bisa membuat sistem android error. Sebaiknya pikirkan lagi jika kamu ingin melakukan cara satu ini.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di android yang paling mudah dan ampuh bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Koneksi Indihome Lemot dan Penyebabnya
Artikel Selanjutnya4 Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini