Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Diuninstall di Android

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Diuninstall – Aplikasi android sekarang ini ada banyak sekali jumlahnya. Masing-masing aplikasi tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda, pastinya fungsi utamanya yakni untuk mempermudah aktivitas harian pengguna android. Aplikasi android ini sendiri bisa ditemukan dengan mudah di Google Play Store yang merupakan gudangnya. Selain di Play Store, kamu juga memungkinkan untuk menemukan dan menginstall aplikasi android di situs penyedia aplikasi lainnya di internet.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Diuninstall
Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Diuninstall

Tetapi, jangan sembarangan menginstall aplikasi di HP android. Karena bisa saja aplikasi sudah disisipi malware, sehingga akan merugikan pengguna tentunya. Misalnya saja pencurian data pribadi, kerusakan komponen HP, dan masih banyak lagi yang lainnya. Hal seperti ini akan semakin besar terjadi jika kamu sering menginstall aplikasi dari luar Google Play Store. Sebaiknya hanya menginstall aplikasi dari Play Store saja, karena sudah terjamin keamanannya pastinya.

Baca Juga:

Berbicara mengenai aplikasi android, terkadang pengguna mengalami masalah error. Misalnya saja aplikasi tidak bisa di-uninstall atau dihapus dari perangkat HP android. Sudah berkali-kali menekan tombol hapus aplikasi, namun tetap saja aplikasi tersebut tidak dapat diuninstall. Selain itu, ada pula beberapa jenis aplikasi bawaan HP android yang memang tidak disertakan tombol uninstall di dalamnya. Lantas, bagaimana cara mengatasi aplikasi tidak bisa diuninstall tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Diuninstall Paling Mudah

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Diuninstall di Android
Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Diuninstall di Android

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa aplikasi bawaan HP android yang tidak bisa dihapus atau diuninstall. Aplikasi semacam ini disebut juga dengan bloatware. Aplikasi tersebut tidak dapat diuninstall mungkin karena fungsinya yang cukup fital. Atau bisa juga karena aplikasi tersebut merupakan aplikasi resmi dari brand HP android yang membuatnya. Meski demikian, terkadang kita tidak merasakan fungsi apa-apa pada beberapa aplikasi bawaan HP android tersebut sehingga ingin menghapusnya.

Tidak hanya aplikasi bawaan saja, ada pula beberapa jenis aplikasi android lain yang juga tidak bisa dihapus. Mungkin saja karena pengaturan di dalamnya yang tidak memperbolehkan pengguna melakukan uninstall aplikasi tersebut. Untuk kedua masalah tersebut, setidaknya ada 3 cara yang bisa kamu lakukan agar aplikasi dapat dihapus atau diuninstall. Adapun cara mengatasi aplikasi tidak bisa diuninstall selengkapnya, sebagai berikut:

1. Melakukan Restart HP Android

Cara yang pertama untuk menghapus aplikasi android yang tidak bisa diuninstall yakni dengan melakukan restart. Cara satu ini sangat ampuh untuk mengatasi berbagai masalah error ringan di android. Biasanya di sistem android terjadi kesalahan sehingga tidak mampu menjalankan perintah dari penggunanya. Termasuk juga saat pengguna ingin melakukan uninstall pada sebuah aplikasi terinstall.

Cukup kamu lakukan restart HP android seperti biasa. Jika HP sudah menyala, selanjutnya kamu coba ulang melakukan uninstall pada aplikasi yang tidak bisa diuninstall tadi. Biasanya cara ini akan mampu mengatasi masalah tersebut.

2. Mematikan Fitur Device Administrator

Jika dengan cara merestart HP android masih belum mampu mengatasi aplikasi tidak dapat diuninstall, cara kedua ini bisa dijadikan alternatif. Kamu perlu melakukan penonaktifan fitur Device Administrator atau Administrator Perangkat di HP androidmu. Setelah melakukan penonaktifan, maka kamu bisa dengan mudahnya menghapus aplikasi mana saja yang kamu inginkan.

Untuk langkah-langkah menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus dengan melalui fitur Device Administrator selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu buka menu Pengaturan atau Setelan di HP androidmu.
  • Jika sudah, sekarang kamu klik pada opsi Keamanan dan Privasi atau Security and Privacy.
  • Lalu, lanjut dengan masuk ke opsi Administrator Perangkat atau Device Administrator.
  • Di halaman ini kamu akan melihat list aplikasi android yang tidak dapat diuninstall. Untuk melanjutkan, sekarang kamu klik pada aplikasi yang ingin dihapus tadi.
  • Selanjutnya kamu harus menonaktifkan aplikasi tersebut dengan cara menghilangkan tanda Centang-nya. Cara ini diperlukan agar aplikasi yang tidak bisa diuninstall tersebut bisa dengan mudahnya kita hapus dari perangkat HP android.
  • Kamu sudah berhasil menonaktifkan aplikasi melalui fitur Device Administrator atau Administrasi Perangkat. Sekarang kamu bisa mencoba untuk meng-uninstall aplikasi tersebut.
  • Kembali ke menu Pengaturan atau Setelan, lalu masuk ke opsi Aplikasi Terinstall.
  • Cari dan klik pada aplikasi yang sudah dinonaktifkan melalui Device Administrator tadi. Kemudian klik tombol Paksa Berhenti dan terakhir klik tombol Hapus Aplikasi atau Uninstall.
  • Selesai. Aplikasi yang sebelumnya tidak bisa diuninstall, sekarang sudah berhasil kamu hapus dari perangkat HP androidmu.

3. Melakukan Factory Reset HP Android

Dan cara mengatasi aplikasi tidak bisa diuninstall di android yang terakhir yakni dengan melakukan factory reset. Dengan factory reset maka kamu akan menghapus semua data yang tersimpan di memori internal HP android. HP akan dikembalikan lagi ke pengaturan awal pabrik, sehingga membuatnya seperti HP baru pertama kali dibeli.

Karena itulah, sebelum melakukan factory reset sebaiknya kamu lakukan backup data penting terlebih dahulu agar tidak hilang. Untuk melakukan facotry reset bisa dilakukan dengan dua metode, yakni reset melalui menu Pengaturan dan juga reset via Recovery Mode. Namun, yang paling mudah untuk dilakukan yakni melakukan reset HP melalui menu Pengaturan. Untuk langkah-langkah factory reset HP android selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu masuk ke menu Pengaturan HP android.
  • Selanjutnya klik pada opsi Manajemen Umum.
  • Klik pada opsi Reset.
  • Dan terakhir kamu klik tombol Reset data pabrik.
  • Tinggal tunggu proses reset HP android sampai selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi aplikasi tidak bisa diuninstall di HP android yang paling mudah dan efektif. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?