Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Xiaomi

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Xiaomi – Apa kamu salah satu penggemar atau fans sejati Xiaomi? Di Indonesia sendiri Xiaomi menjadi salah satu brand asal China yang paling banyak diminati. Khususnya untuk produk smartphone android, HP dari Xiaomi ini sering menjadi pilihan favorit para pecinta gadget. Hal ini dikarenakan Xiaomi selalu menghadir inovasi dan fitur baru untuk setiap produk HP yang diluncurkannya.

Selain itu, Xiaomi juga sangat terkenal dengan produk besutannya yang handal namun dibanderol dengan harga murah. Jika dibandingkan dengan HP dari brand besar, Samsung misalnya harga HP Xiaomi jauh lebih murah meski spesifikasinya hampir sama.

Baca Juga:

Meskipun punya segala keunggulan, bukan berarti HP Xiaomi tidak pernah mengalami masalah. Salah satunya yang sering dialami pengguna adalah masalah aplikasi yang tidak bisa dibuka atau dijalankan. Lantas, bagaimana cara mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka di Xiaomi tersebut? Berikut ini ulasan selengkapnya!

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Xiaomi

Aplikasi tidak bisa dibuka di HP Xiaomi bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari kesalahan sistem android, aplikasi bermasalah, penyimpanan penuh atau yang lain sebagainya. Mengetahui penyebabnya, nanti kamu bisa lebih mudah dalam mengatasi masalah aplikasi tidak bisa dibuka tersebut. Adapaun cara mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka di Xiaomi, antara lain:

1. Update aplikasi ke versi terbaru

Cara mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka di HP Xiaomi yang pertama adalah dengan melakukan update aplikasi. Mungkin saja aplikasi yang tidak bisa dibuka atau dijalankan tersebut disebabkan karena kamu menggunakan aplikasi versi lama. Aplikasi yang sudah usang biasanya memang sering mengalami masalah, salah satunya tidak bisa dijalankan.

Pembaruan yang dilakukan pada sebuah aplikasi biasanya bertujuan untuk mengatasi bug atau berbagai masalah lain yang terdapat dalam aplikasi. Agar masalah aplikasi tidak bisa dibuka teratasi, kamu perlu melakukan update ke versi terbaru. Caranya sangat mudah, kamu tinggal buka Google Play Store lalu masuk ke menu Aplikasi dan Game Saya. Cari aplikasi yang tidak bisa dibuka tadi, lalu klik Update.

2. Menghapus cache aplikasi

Selain melakukan update aplikasi, cara lain untuk mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka di smartphone Xiaomi adalah dengan menghapus cache aplikasi. Masalah aplikasi tidak bisa dibuka mungkin dikarenakan terjadinya kesalahan sistem di aplikasi. Data atau cache aplikasi yang tersimpan mungkin juga menjadi penyebab masalah tersebut sehingga perlu dibersihkan.

Untuk langkah-langkah menghapus cache aplikasi di Xiaomi, sebagai berikut:

  • Pertama kamu perlu masuk ke menu Pengaturan android.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Di halaman ini cari dan pilih aplikasi yang mengalami masalah.
  • Selanjutnya masuk ke opsi Penyimpanan dan terakhir klik Hapus Cahce atau Hapus Memori.

3. Menghapus data aplikasi

Selain cache, data aplikasi juga bisa menjadi penyebab aplikasi tidak bisa dibuka, khususnya di HP Xiaomi. Perlu diingat, menghapus data aplikasi berarti kamu akan menghapus semua informasi dan setelan yang sudah diterapkan di dalam aplikasi tersebut.

Untuk caranya sendiri hampir sama dengan cara menghapus cache aplikasi. Langkah-langkahnya sendiri, antara lain:

  • Pertama kamu masuk ke menu Pengaturan HP Xiaomi.
  • Setelah itu klik pada opsi Aplikasi yang terinstall.
  • Selanjutnya cari dan pilih aplikasi yang mengalami masalah tidak bisa login.
  • Klik pada opsi Penyimpanan dan pilih Hapus Data atau Hapus Penyimpanan.

4. Menginstall ulang aplikasi

Jika cara-cara di atas masih belum bisa mengatasi masalah aplikasi tidak bisa dibuka di HP Xiaomi, cara ini bisa kamu terapkan. Masalah tidak bisa login aplikasi mungkin dikarenakan aplikasi yang kamu install tersebut mengalami corrupt. Untuk mengatasinya kamu tinggal menghapus atau uninstall aplikasi lalu menginstallnya kembali.

Dengan cara ini biasanya masalah yang terjadi di aplikasi bisa diatasi dengan mudah. Cara ini juga dianggap sebagai cara termudah dan ampuh untuk mengatasi masalah aplikasi tidak bisa dijalankan di HP Xiaomi.

5. Melakukan upgrade OS atau MIUI di perangkat Xiaomi

Pembaruan aplikasi terus dilakukan oleh sang developer guna untuk semakin memaksimalkan penggunaannya. Namun biasanya, pembaruan aplikasi yang dilakukan membuatnya hanya bisa dijalankan HP dengan versi OS tertentu. Karena itulah, Sistem Operasi atau MIUI di HP Xiaomi juga perlu dilakukan upgrade untuk mendukung lebih banyak aplikasi.

Melakukan upgrade OS atau MIUI juga akan membuat performa dari smartphone semakin kencang dengan segala fitur terbaru yang disediakan.  Dengan begitu, masalah aplikasi tidak bisa dibuka di Xiaomi bisa kamu atasi.

6. Menghapus cache smartphone Xiaomi

Menghapus cache HP biasa disebut juga dengan soft reset. Cara ini tidak akan menghapus semua data di HP, melainkan hanya sebatas file sampah atau cache yang tersimpan di sistem android. Untuk cara melakukan soft reset HP Xiaomi semua tipe, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pertama kamu pastikan HP Xiaomi dalam keadaan OFF atau mati. Sebelumnya pastikan dulu sisa baterai HP minimal 50% atau lebih.
  • Selanjutnya masuk ke menu Recovery Mode dengan cara  menekan tombol Power + Volume Up secara bersamaan selama beberapa detik. Lepaskan tekanan pada tombol jika HP sudah bergetar atau muncul Logo MI
  • Untuk menghapus cache HP Xiaomi, lanjutkan dengan memilih opsi Wipe Cache Partition. Untuk navigasi kamu bisa gunakan Volume Up dan Volume Down. Sementara untuk melakukan eksekusi kamu bisa gunakan tombol Power.
  • Jika sudah, kamu pilih opsi Reboot dan tunggu sampai smartphone menyala kembali.
  • Selesai.

Sekarang cobalah untuk menjalankan aplikasi yang tidak bisa dibuka atau dijalankan tadi. Dengan menghapus cache biasanya berbagai masalah di HP bisa diatasi, termasuk masalah aplikasi tidak bisa dibuka.

7. Menghapus data smartphone

Jika dengan cara soft reset masalah masih belum bisa diatasi, hard reset adalah cara terakhir yang bisa kamu terapkan. Melakukan hard reset Xiaomi berarti kamu akan menghapus semua data yang ada di HP Xiaomi, termasuk aplikasi yang terinstall. Agar aman, sebaiknya kamu lakukan backup data terlebih dahulu sebelum melakukan hard reset. Dengan begitu, saat sudah selesai melakukan hard reset Xiaomi, nantinya kamu bisa melakukan restore data yang sudah dilakuka  backup tadi.

Untuk melakukan hard reset pada HP Xiaomi tidaklah sulit, hampir sama dengan cara sebelumnya. Kamu bisa melihat pada artikel cara hard reset HP Xiaomi Semua Tipe yang sudah saya bahas sebelumnya.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka di Xiaomi bisa coba kamu terapkan sendiri. Ketahui beberapa penyebabnya terlebih dahulu agar kamu bisa lebih mudah dalam melakukan penanganan masalah yang terjadi. Jangan lupa juga untuk meng-share informasi ini ke akun media sosial kamu agar juga bermanfaat untuk orang lain.