Cara Mengatasi Aplikasi Telah Berhenti Pada HP Oppo

Cara Mengatasi Aplikasi Telah Berhenti Pada HP Oppo Seperti yang kita ketahui, kalau banyak dari aktivitas kita pada smartphone di tunjang oleh sebuah aplikasi. Yang mana pada aplikasi ini sendiri memiliki fungsi penting. Yang bertujuan supaya kemampuan pintar dari suatu smartphone tersebut dapat keluar dan menunjang aktivitas sehari-hari. Namun, yang namanya software juga pasti terkadang mempunyai kendala, kerusakan atau error dan memiliki penyebab yang beragam pula. Terutama pada smartphone Oppo, siapa sangka tak sedikit pula keluhan mengenai aplikasi error yang terjadi kepada para pengguna HP Oppo.

Cara Mengatasi Aplikasi Telah Berhenti Pada HP Oppo

Dan yang ribetnya lagi, permasalahan aplikasi yang error ini terkadang sulit di atasi dengan berbagai cara. Salah satu notif yang sering di dapatkan para pengguna pada saat aplikasi mereka mengalami masalah yak ni “Sayangnya aplikasi telah berhenti”. Ya walaupun kendala ini sendiri terbilang ringan ya karena bukan hardware dari smartphonenya yang rusak. Tapi tetap saja jika error tersebut sering sekali muncul akan sangat mengganggu aktivitas kita pada smartphone. Biasanya masalah ini sering timbul pada smartphone yang telah usang. Atau memiliki spesifikasi standar namun di paksa untuk membuka aplikasi berat.

Baca Juga:

Tapi tenang, bagi kamu yang sekarang sedang mengalami masalah ini tidak perlu risau. Sebab pada artikel kali ini Bukandroid akan mengulas lengkap cara mengatasi aplikasi telah berhenti pada HP Oppo. Yang mana Bukandroid akan memberikan kalian bermacam cara yang bisa di lakukan untuk menyelesaikan error “Sayangnya aplikasi telah berhenti” tersebut secara total. Dengan begitu maka, untuk kemudian hari jika kalian mengalami masalah ini lagi bisa menyelesaikannya dengan cepat. Serta tanpa lagi pusing akan menghambat aktivitas.

Cara Mengatasi Aplikasi Telah Berhenti Pada HP Oppo

Banyak penyebab yang dapat menimbulkan aplikasi berhenti secara mendadak. Entah itu oleh di karenakan HP yang mengalami kerja berat, seringnya menggonta-ganti tema HP, memori internal yang sudah hampir penuh dan masih banyak penyebab lainnya. Dari pada pusing memikirkan apa penyebab terjadinya kerusakan tersebut, mari simak rangkuman cara mengatasi aplikasi telah berhenti pada HP Oppo berikut ini.

1. Melakukan Restart HP Oppo

Untuk cara yang pertama kita mulai dari yang paling mudah di praktikkan, yaitu dengan melakukan restart pada smartphone Oppo yang bermasalah. Kenapa hal ini perlu di lakukan pertama kali ketika HP bermasalah telah terhenti? Karena seperti penyebab yang sudah saya jelaskan tadi. Apabila penyebabnya yakni kinerja smartphone sudah terlalu berat, maka solusinya yang cepat yakni melakukan reboot HP. Dengan begitu maka semua proses kerja pada sistem android akan ikut terestart dan mampu meringankan HP sehingga aplikasi tidak akan lagi mengalami error. Untuk cara restartnya sendiri tukup tekam tombol Power dan pilih Restart.

2. Bersihkan Cache Aplikasi

Cara kedua ini juga cukup mudah untuk di praktikkan, yaitu menghapus cache pada aplikasi yang bermasalah. Cache sendiri merupakan file sampah yang terdapat pada suatu aplikasi yang bisa menjadi faktor menyebabkan “Sayangnya aplikasi telah berhenti”. Karena, apabila file sampah ini tidak pernah di bersihkan maka ia akan terus menumpuk yang dapat membuat jalannya suatu aplikasi menjadi melambat. Untuk cara gampang nya atau secara otomatis tanpa ribet kalian cuma perlu gunakan aplikasi Cleaner pada Google Play Store.

Jika di rasa kurang ampuh dengan menggunakan aplikasi pembersih seperti yang sudah saya sarankan tadi. Maka cobalah dengan menggunakan cara manual dengan berfokus menghapus file cache pada satu aplikasi. Untuk langkah-langkahnya bisa kamu simak di bawah ini:

  1. Pertama buka Pengaturan pada HP Oppo anda
  2. Selanjutnya pilih menu Aplikasi Manajer
  3. Lalu kita pilih aplikasi yang bersalah tadi contohnya seperti WhatsApp
  4. Kemudian tinggal tekan tombol Hapus Cache.

3. Menghapus Data Aplikasi

Cara yang satu ini biasanya telah menjadi senjata andalan bagi para pengguna android yang mengalami berbagai masalah pada aplikasi mereka. Dengan menghapus data pada sebuah aplikasi memang kemungkinan besarnya akan dapat menyelesaikan masalah error. Akan tetapi, dalam melakukan cara ini terdapat risiko yang harus di terima oleh si pengguna. Karena yaa namanya juga menghapus data aplikasi ya, berarti kita siap kehilangan segala datanya. Seperti, history, basis data, bookmark, data login dan masih banyak lagi.

Jadi sudah tau resikonya bukan? Kalau sudah maka lanjut ke langkah-langkah praktiknya:

  1. Terlebih dulu buka Pengaturan pada HP Oppo milikmu
  2. Kemudian kita tekan Setelan Tambahan
  3. Lanjut dengan memilih Manajemen Aplikasi
  4. Selanjutnya kita pilih aplikasi yang mengalami masalah tadi
  5. Maka setelah itu tinggal tekan tombol Hapus Data.

4. Install Ulang Aplikasi

Jika ketiga cara di atas tadi belum juga berhasil, maka langkah selanjutnya yang harus kamu coba adalah menginstall ulang aplikasi yang bermasalah tersebut. Metode ini di jamin efektif karena dengan cara menginstall ulang sebuah aplikasi maka secara otomatis semua data akan terhapus tanpa menyisahkan jejak. Dengan kata lain, maka bersiap-siaplah untuk kehilangan data history, login, bookmark dan lain-lain. Buat yang kurang paham jadi maksud dari install ulang aplikasi ini adalah, pertama kita menghapus dulu aplikasi tersebut. Kemudian mengunduhnya kembali melalui Google Play Store.

Untuk langkah petunjuknya agar lebih jelas bagaimana cara mengaplikasian cara ini. Mari simak rangkumannya berikut ini:

  1. Buka aplikasi Pengaturan pada perangkat HP Oppo kamu
  2. Kemudian kita pilih menu Setelan Tambahan
  3. Dan klik opsi Manajemen Aplikasi
  4. Cari lah aplikasi yang hendak ingin kamu hapus
  5. Setelah itu tekan tombol Hapus Installasi
  6. Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah mengunduh kembali aplikasi tersebut di Google Play Store.

5. Wipe Data Dari Recovery Mode

Nah jika error “Sayangnya aplikasi telah berhenti” tak hanya terjadi pada satu aplikasi, melainkan ada banyak aplikasi yang bermasalah. Maka cara ampuh untuk membereskannya yaitu melalui pembersihan data dan file pada perangkat smartphone Oppo tersebut. Alhasil nantinya semua data pada memori internal kamu akan terhapus dan kembali seperti sedia kala layaknya baru keluar dari pabrikannya. Oleh karena itu, sebelum melakukan cara ini alangkah baiknya untuk kamu melakukan backup data terlebih dulu pada file-file penting anda ya.

Untuk langkah menggunakan cara ini sendiri bisa kalian simak rangkumannya berikut di bawah ini:

  1. Pertama matikan terlebih dulu HP Oppo kamu dengan cara menekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan
  2. Maka setelah itu kita akan di arahkan ke menu Recovery Mode
  3. Lalu kita pilih opsi Bahasa Inggris
  4. Dan tekan menu Wipe Data & Cache
  5. Lanjut dengan memilih opsi Wipe Data, tunggu prosesnya hingga selesai
  6. Kalau sudah selesai lakukan Restart pada HP Oppo tersebut
  7. Dan selesai.

Penutup

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kepada teman-teman semua mengenai artikel kita Cara Mengatasi Aplikasi Telah Berhenti Pada HP Oppo. Jangan lupa share artikel kita, sampai jumpa, dan terimakasih.

Eren Yeager
Hello people 🙂 Perkenalkan nama saya Eren, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber 🙂 this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini