Cara Mengatasi Aplikasi Mozilla Firefox Error di Android

Cara Mengatasi Aplikasi Mozilla Firefox Error – Mozilla Firefox merupakan salah satu aplikasi browser yang cukup populer dan banyak digunakan selain Google Chrome. Aplikasi ini sudah ada sejak lama dan menjadi pesaing ketat dari browser Chrome miliknya Google. Dari waktu ke waktu aplikasi Mozilla Firefox terus mengalami pengembangan, dimana semakin banyak fitur yang disematakan di aplikasi tersebut.

Cara Mengatasi Aplikasi Mozilla Firefox Error
Cara Mengatasi Aplikasi Mozilla Firefox Error di Android

Kalau dulunya aplikasi Mozilla Firefox hanya bisa diakses di PC atau laptop saja, sekarang ini sudah ada versi androidnya. Sama dengan Mozilla Firefox versi laptop, fiturnya cukup lengkap dan ringan digunakan. Tetapi yang namanya buatan manusia pasti ada saja kekurangannya. Dimana dalam hal ini aplikasi Mozilla Firefox sering mengalami error.

Baca Juga :

Aplikasi Mozilla Firefox yang error bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Mungkin saja error berasal dari aplikasi itu sendiri yan corrupt, sinyal HP yang buruk, atau karena sistem dari android yang bermasalah. Lantas, bagaimana cara mengatasi aplikasi Mozilla Firefox error tersebut? Informasi selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Aplikasi Mozilla Firefox Error di Android

Cara Mengatasi Aplikasi Mozilla Firefox Error di Android

1. Lakukan restart HP android

Cara mengatasi aplikasi Mozilla Firefox error tidak bisa dibuka atau tidak bisa mengakses internet yang pertama adalah dengan melakukan restart. Dengan melakukan restart pada HP android akan membuat semua aplikasi yang berjalan di latar belakang ditutup secara paksa, termasuk aplikasi Mozilla Firefox.

Selain itu, dengan melakukan restart akan membuat cache atau file sampah lainnya yang tersimpan di dalam RAM akan dihapus secara permanen. Dengan begitu, biasanya kejadian error aplikasi akan bisa diatasi. Misalnya saja seperti error sistem, error aplikasi dan lain sebagainya. Melakukan restart juga membuat HP menjadi fresh kembali sehingga performanya semakin cepat.

2. Lakukan paksa berhenti pada aplikasi Mozilla Firefox

Cara mengatasi aplikasi Mozilla Firefox error selanjutnya adalah dengan melakukan paksa berhenti pada aplikasi Mozilla Firefox tersebut. Ketika sudah pernah dijalankan dan kamu menutupnya kembali, biasanya aplikasi akan tetap berjalan di latar belakang. Tujuannya adalah untuk mempercepat loading saat kamu ingin membuka atau menjalankannya kembali.

Jika terjadi sebuah error, misalnya aplikasi yang tidak bisa dibuka atau saat browsing tapi tidak bisa mengakses internet, maka kamu perlu menghentikannya secara paksa dari latar belakang. Caranya cukup mudah, kamu perlu masuk terlebih dahulu ke menu Pengaturan atau Setelan >> kemudian pilih opso Aplikasi >> cari dan klik aplikasi Mozilla Firefox >> dan terakhir klik Paksa Berhenti. Setelah selesai kamu tinggal meunggu beberapa saat, barulah nanti kamu bisa menjalankannya kembali.

3. Menghapus cache aplikasi

Jika dengan cara berhenti paksa masih belum bisa memperbaiki aplikasi Mozilla Firefox yang mengalami error, cara ketiga ini bisa kamu lakukan. Kamu bisa menghapus cache aplikasi untuk mengatasi error yang terjadi di aplikasi Mozilla Firefox tersebut. File cache ini sendiri berguna untuk mempercepat loading sebuah aplikasi ketika ingin dijalankan kembali.

Untuk melakukan penghapusan cache aplikasi Mozilla Firefox sangat mudah, hampir sama dengan cara sebelumnya. Pertama kamu perlu masuk terlebih dahulu ke menu Pengaturan atau Settings >> setelah itu, pilih opsi Aplikasi atau Aplication >> lanjut dengan mencari dan pilih aplikasi Mozilla Firefox >> klik pada opsi Penyimpanan >> dan terakhir klik Hapus Cache.

4. Menghapus data aplikasi Mozilla Firefox

Cara mengatasi aplikasi Mozilla Firefox error di HP android selanjutnya adalah dengan menghapus data aplikasi. Data aplikasi berbeda dengan cache, dimana data ini berisi pengaturan dan file lain yang tersimpan di dalam aplikasi Mozilla Firefox. Mungkin saja error aplikasi disebabkan oleh data aplikasi yang tersimpan tersebut.

Cara untuk menghapus data aplikasi Mozilla Firefox sendiri kurang lebih hampir sama dengan cara sebelumnya. Kamu perlu masuk ke menu Pengaturan terlebih dahulu >> kemudian klik pada opsi Aplikasi >> cari dan pilih aplikasi Mozilla Firefox >> pilih opsi Penyimpanan >> dan terakhir klik Hapus Data. Cobalah untuk menjalankan aplikasi Mozilla Firefox kembali, apakah masih terjadi error atau tidak.

5. Melakukan update aplikasi Mozilla Firefox

Penyebab aplikasi Mozilla Firefox error mungkin juga disebabkan oleh aplikasi yang sudah usang atau ketinggalan versi. Karena itulah, kamu perlu melakukan update aplikasi Mozilla Firefox agar error yang terjadi bisa diatasi. Seperti yang kita tahu, pembaruan pada aplikasi bertujuan untuk meningkatkan fitur dan juga mengatasi masalah atau bug yang terjadi di aplikasi tersebut.

Kamu cukup buka aplikasi Google Play Store, lalu ketikkan keyword Mozilla Firefox di kolom pencarian. Pilih aplikasi Mozilla Firefox dan klik tombol Update. Pastikan jaringan internetmu sudah dihidupkan agar bisa melanjutkan pengunduhan aplikasi Mozilla Firefox baru.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi aplikasi Mozilla Firefox error di android yang bisa kamu terapkan. Jangan lupa juga untuk share informasi ini ke akun media sosial kamu agar bermanfaat untuk orang banyak.