Cara Mengatasi Aplikasi GOJEK Telah Berhenti

Cara Mengatasi Aplikasi GOJEK Telah Berhenti – Dijaman modern seperti sekarang ini dunia teknologi sudah berkembang dengan sangat pesatnya. Berbagai inovasi terbaru hadir untuk memudahkan aktivitas para pengguna teknologi. Hal juga turut membuat banyak orang lebih maksimal dalam menjalani aktivitas hariannya. Salah satu perangkat teknologi yang sangat membantu aktivitas manusia yakni smartphone. Ponsel pintar sendiri hadir dengan beragam fitur menarik yang membuatnya diminati oleh banyak orang.

Cara Mengatasi Aplikasi GOJEK Telah Berhenti
Cara Mengatasi Aplikasi GOJEK Telah Berhenti

Berbicara smartphone android khususnya, sebagai pengguna kita dibebaskan untuk menginstall berbagai jenis aplikasi di dalamnya. Aplikasi-aplikasi ini bisa kita temukan dengan mudah di Google Play Store yang merupakan gudangnya aplikasi dan game. Aplikasi yang disediakan di dalamnya sangat banyak dan pastinya punya fungsi yang bermacam-macam. Salah satu aplikasi yang memiliki banyak sekali pengguna yakni GOJEK. Ini merupakan aplikasi ojek online paling terkenal yang merupakan aplikasi karya anak bangsa. Dengan aplikasi ini kita bisa memesan ojek dengan mudah, dan si driver akan menjemput ke lokasi kita berada.

Baca Juga:

Fungsinya memang sangat bermanfaat bagi banyak orang, namun ternyata aplikasi GOJEK terkadang juga mengalami masalah. Masalah error yang sering dialami oleh pengguna yakni aplikasi GOJEK yang tiba-tiba keluar sendiri dan muncul notifikasi GOJEK telah berhenti. Error seperti ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, baik itu error pada sistem android atau juga aplikasi GOJEK itu sendiri. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena di sini saya sudah merangkumkan cara untuk mengatasi error tersebut. Berikut ini cara mengatasi aplikasi GOJEK telah berhenti paling mudah bisa coba kamu terapkan.

Cara Mengatasi Aplikasi GOJEK Telah Berhenti

Cara Mengatasi Aplikasi GOJEK Sayangnya, Telah Berhenti
Cara Mengatasi Aplikasi GOJEK Sayangnya, Telah Berhenti

Sebelum lanjut ke cara mengatasi aplikasi GOJEK telah berhenti, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja yang menyebabkan masalah tersebut. Dengan mengetahui penyebabnya, nanti kamu akan lebih mudah untuk mengatasi masalah tersebut. Adapun penyebab aplikasi GOJEK telah berenti tersebut, antara lain:

  • Koneksi internet yang tidak stabil atau bermasalah.
  • Aplikasi mengalamo corrupt.
  • Menumpuknya file cache dan data aplikasi.
  • Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang sehingga membuat RAM penuh.
  • Aplikasi tidak kompatible dengan versi OS yang digunakan.

Setelah mengetahui beberapa penyebab aplikasi GOJEK berhenti sendiri di atas, sekarang kita lanjut ke cara untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut langkah-langkah mengatasi aplikasi GOJEK telah berhenti selengkapnya, yakni:

1. Melakukan Restart HP Android

Cara yang pertama ini memang terbilang sangat simple, namun ternyata sangat ampuh mengatasi error ringan yang terjadi di HP android. Melakukan restart HP android juga akan mampu mengatasi masalah aplikasi GOJEK yang telah berhenti atau keluar sendiri. 

Merestart HP android akan menghapus semua data sementara yang tersimpan di dalam ruang RAM. Dengan begitu, ruang RAM yang sebelumnya penuh akan menjadi kosong kembali. Hal ini tentunya juga bakal membuat performa HP akan menjadi lebih cepat dan lancar. Melakukan restart HP juga akan menghentikan semua aplikasi yang berjalan di latar belakang. Seperti yang dijelaskan di atas, salah satu penyebab GOJEK berhenti sendiri karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan di background yang akhirnya memenuhi RAM. Jadi, masalah error tersebut tidak akan dialami lagi karena ruang RAM sudah kosong kembali.

2. Menghapus File Cache Aplikasi

Jika cara di atas belum mampu mengatasi aplikasi GOJEK telah berhenti, cara kedua ini bisa dijadikan alternatif. Menghapus file sampah di aplikasi GOJEK akan mampu mengatasi masalah tersebut. Sejatinya file cache ini sangat berguna, karena mampu mempercepat loading aplikasi saat membukanya di momen kedua dan seterusnya.

Meskipun cukup berguna, namun file cache yang sudah menumpuk juga bisa menyebabkan error pada aplikasi saat dijalankan. Untuk menghapus file cache aplikasi sangat mudah, yakni:

  • Langkah pertama buka menu Pengaturan di HP android.
  • Setelah itu, klik pada opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi GOJEK.
  • Pilih opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik tombol Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Selesai.

3. Menghapus Data Aplikasi

Terkadang menghapus file cache aplikasi masih belum mampu mengatasi masalah aplikasi yang telah berhenti atau force close. Karena itulah, agar semakin maksimal kamu juga perlu menghapus data aplikasi yang tersimpan di dalamnya. Umumnya setelah menghapus file cache dan data aplikasi GOJEK khususnya, maka masalah error tadi tidak akan lagi dialami.

Namun perlu diingat, menghapus data aplikasi akan membuat aplikasi kembali ke setelan default alias seperti pertama kali kamu menginstallnya. Data login dan pengaturan di dalamnya akan direset ke mode default. Untuk langkah-langkahnya sendiri sebagai berikut:

  • Pertama buka menu Pengaturan di HP android.
  • Selanjutnya pilih opsi Aplikasi.
  • Cari dan klik pada aplikasi GOJEK.
  • Scroll ke bawah lalu klik pada opsi Penyimpanan.
  • Dan yang terakhir klik tombol Hapus Data.
  • Selesai.

4. Memperbarui Aplikasi GOJEK

Masalah aplikasi GOJEK telah berhenti atau keluar sendiri mungkin juga disebabkan karena aplikasi sudah tidak kompatibel dengan sistem operasi. Sama seperti aplikasi lainnya, aplikasi GOJEK juga selalu rutin diperbarui setiap waktunya. Ini tentunya bertujuan untuk mengatasi berbagai bug yang ada di dalam aplikasi, serta menambahkan fitur-fitur terbaru di dalamnya.

Untuk mengupdate aplikasi GOJEK sangat mudah untuk dilakukan. Cukup kunjungi Google Play Store, lalu ketikkan GOJEK di kolom pencarian. Pilih aplikasi GOJEK tersebut, lalu klik tombol Update atau Perbarui yang ada di bawahnya. Tidak ada ruginya melakukan update aplikasi, justru hal ini akan memberikan lebih banyak keuntungan bagi pengguna. Bagaimana tidak, berbagai fitur terbaru akan membuat pengguna lebih nyaman saat menggunakan aplikasi tersebut.

5. Uninstall dan Install Ulang Aplikasi

Cara mengatasi aplikasi GOJEK telah berhenti yang terakhir yakni dengan menghapus aplikasi dan memasangnya kembali. Mungkin saja masalah tersebut disebabkan karena aplikasi yang corrupt. Karena itulah, kamu perlu menghapusnya dan menginstallnya kembali dari Google Play Store.

Setelah uninstall aplikasi, sebaiknya kamu jangan buru-buru langsung menginstall ulang aplikasi GOJEK tersebut. Setelah diuninstall, kamu lakukan restart HP android terlebih dahulu untuk menghapus semua data aplikasi yang tersisa. Setelah itu, baru kamu bisa melakukan install ulang aplikasi.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi aplikasi GOJEK telah berhenti paling mudah bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?