Cara Mengatasi Aplikasi Bukalapak Error di HP Android

99
Cara Mengatasi Aplikasi Bukalapak Error
Cara Mengatasi Aplikasi Bukalapak Error

Cara Mengatasi Aplikasi Bukalapak Error – Berbelanja di marketplace memudahkan kita dalam memilih dan membeli barang apa pun sesuai kebutuhan kita. Di dalamnya memang disediakan banyak sekali pilihan barang yang ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau. Menariknya lagi, semua barang yang dibeli di marketplace ini nantinya bisa dikirim ke lokasi mana pun di Indonesia pastinya. Masing-masing daerah tujuan pengiriman akan berbeda-beda besar biaya ongkos kirim yang harus dibayar, tentunya juga tergantung jasa ekspedisi atau pengiriman yang dipilih. Beberapa jasa pengiriman ini ada yang masuk dalam kategori subsidi oleh marketplace, sehingga biasanya akan ada potongan biaya yang diberikan.

Cara Mengatasi Aplikasi Bukalapak Error
Cara Mengatasi Aplikasi Bukalapak Error

Berbicara mengenai marketplace, salah satu yang cukup terkenal yakni Bukalapak. Awalnya buka lapak hanya bermitra dengan beberapa penjual saja, akan tetapi seiring berjalannya waktu siapa pun bisa berjualan di Bukalapak. Baik itu, pelaku UMKM, perusahaan, pabrik atau lainnya bisa menjual produknya di Bukalapak. Kemudahan dalam mengakses menjadi salah satu daya tarik dari Bukalapak. Sementara bagi kita sebagai konsumen, bisa memilih barang apa pun yang ingin dibeli. Untuk pengaksesannya bisa melalui website Bukalapak atau lewat aplikasi mobilenya. Bagi pengguna android bisa mengunduh dan menginstall aplikasi Bukalapak ini melalui Google Play Store.

Baca Juga:

Menggunakan aplikasi Bukalapak di smartphone android, ada kalanya aplikasi mengalami error saat dijalankan. Beberapa masalah error memang bisa terjadi, mulai dari aplikasi Bukalapak tidak bisa dibuka, aplikasi keluar sendiri, tidak bisa menampilkan produk, tidak bisa membeli barang, tidak bisa login akun Bukalapak dan lain sebagainya. Apa pun yang menjadi penyebabnya, yang paling penting di sini adalah bagaimana cara untuk mengatasi permasalahan error tersebut. Tidak perlu bingung, karena pada artikel kali ini akan dijelaskan cara mengatasi aplikasi Bukalapak error secara lengkap dan detail. Tentunya kamu bisa menyesuaikan cara yang digunakan ini dengan penyebabnya. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Aplikasi Bukalapak Error di HP Android

Cara Memperbaiki Aplikasi Bukalapak Error
Cara Memperbaiki Aplikasi Bukalapak Error

Untuk memperbaiki masalah aplikasi Bukalapak error tidak bisa dibuka, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Kamu bisa memilih dan menerapkan cara yang diberikan ini satu per satu sampai aplikasi Bukalapak normal kembali dan bisa digunakan untuk berbelanja online. Jika memang kamu mengetahui penyebab utama error pada aplikasi tersebut, maka bisa menyesuaikan dengan cara mengatasinya yang tepat.

Adapun cara mengatasi aplikasi Bukalapak error di HP android yang mudah dan ampuh selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart pada HP Android

Cara yang paling ampuh untuk mengatasi masalah error pada aplikasi Bukalapak yakni dengan melakukan Restart atau Mulai Ulang. Tidak hanya itu saja, dengan melakukan restart ini juga bisa dijadikan cara untuk mengatasi masalah error ringan lainnya pada HP android.

Cara melakukannya pun terbilang sangat mudah, yakni dengan menekan dan tahan tombol Power/Daya lalu pilih opsi Restart atau Mulai Ulang. Jika sudah, selanjutnya kamu jalankan kembali aplikasi Bukalapak, masalah error tidak akan ditemui lagi.

2. Lakukan Penghapusan File Cache Aplikasi

File cache berguna untuk mempercepat loading aplikasi ketika dijalankan di momen kedua dan seterusnya. Akan tetapi, file cache yang menumpuk diklaim dapat menjadi penyebab error pada aplikasi di android, termasuk juga aplikasi Bukalapak. Untuk mengatasinya, kamu cukup menghapus file cache yang tersimpan di dalam aplikasi tersebut. Langkah-langkah menghapus file cache aplikasi tersebut, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Bukalapak yang ada di daftar aplikasi terinstall.
  • Selanjutnya klik pada opsi Penyimpanan.
  • Lanjutkan dengan klik Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Selesai.

Sebelum menjalankan kembali aplikasi Bukalapak, sebaiknya kamu lakukan restart HP terlebih dahulu setelah melakukan penghapusan file cache aplikasi ini. Biasanya masalah error tidak akan dialami lagi pada aplikasi Bukalapak.

3. Update Aplikasi Bukalapak ke Versi Terbaru

Aplikasi Bukalapak yang digunakan masih dalam versi lama, mungkin juga bisa menjadi penyebab lain kenapa aplikasi tersebut mengalami error saat dijalankan. Untuk itu, mengatasi error ini bisa dengan melakukan update aplikasi ke versi terbaru. Caranya cukup mudah, kamu bisa langsung melakukannya melalui Google Play Store.

  • Langkah yang pertama buka menu Google Play Store di perangkat HP androidmu.
  • Kemudian klik Foto Profil yang ada di pojok kanan atas tampilan.
  • Lalu pilih opsi Kelola Aplikasi & Perangkat.
  • Klik pada tab Kelola, lalu pilih opsi Update tersedia yang ada di bawahnya.
  • Lalu cari dan klik pada aplikasi Bukalapak. Dan terakhir klik tombol Update atau Perbarui.
  • Selesai.

Dengan cara ini aplikasi Bukalapak biasanya akan normal kembali dan bisa kamu gunakan untuk berbelanja online.

4. Melakukan Penghapusan Data Aplikasi Bukalapak

File data yang mengalami corrupt atau bug pada sistem aplikasi juga menjadi penyebab lain aplikasi mengalami error. Untuk mengatasi permasalahan error seperti ini cukup mudah, yakni dengan menghapus data aplikasi. Perlu diingat, menghapus data aplikasi akan membuat aplikasi kembali ke mode default atau seperti saat pertama kali menginstallnya.

Adapun langkah-langkah untuk menghapus file data aplikasi Bukalapak di android tersebut, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Selanjutnya cari dan pilih aplikasi Bukalapak.
  • Lalu klik pada opsi Penyimpanan.
  • Lanjutkan dengan klik pada tombol Hapus Data dan konfirmasi penghapusan.
  • Selesai.

Jika sudah berhasil dihapus data, selanjutnya kamu lakukan restart HP android terlebih dahulu sebelum mulai menjalankan aplikasi Bukalapak lagi.

5. Uninstall Aplikasi Bukalapak

Aplikasi Bukalapak yang error bisa juga disebabkan karena adanya bug di dalamnya. Mungkin saja masalah bug ini tidak bisa diatasi hanya dengan melakukan beberapa cara yang sudah dijelaskan di atas. Di sini kamu perlu melakukan penghapusan atau uninstall aplikasi Bukalapak dari HP android. Kemudian bisa melakukan install ulang pada aplikasi tersebut.

Untuk langkah-langkah melakukan uninstall pada aplikasi Bukalapak di HP android, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Bukalapak yang ada di daftar aplikasi terinstall.
  • Selanjutnya klik menu Hapus Instalasi atau Uninstall.
  • Konfirmasi penghapusan aplikasi dengan klik Hapus atau Uninstall.
  • Selesai.

Jika sudah berhasil diuninstall, sekarang kamu lakukan restart HP terlebih dahulu. Jika sudah, sekarang kamu bisa membuka Google Play Store dan cari aplikasi Bukalapak. Selajutnya klik tombol Install dan tunggu hingga proses instalasi aplikasi Bukalapak selesai. Sekarang kamu bisa menjalankan kembali aplikasi tersebut seperti biasa.

Jika memang tetap error, kemungkinan ini terjadi karena masalah sistem error di android. Untuk mengatasinya perlu melakukan Reset atau Mengembalika HP ke Setelan Pabrik.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi aplikasi Bukalapak error di HP android yang mudah dan ampuh bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Aplikasi Lazada Error di Android
Artikel SelanjutnyaCara Memperpendek Link di HP Android
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini