Cara Mengatasi Aplikasi Android yang rusak

Cara Mengatasi Aplikasi Android yang Rusak Android sekarang menjadi OS paling populer dan paling berguna saat ini. Banyak sekali model smartphone android dari berbagai produsen mulai dari berbagai ukuran layar dan resolusi, berbagai fitur dari yang paling termurah sampai yang mahal sekali. Kelebihan dan kekurangan android juga banyak di pertimbangkan oleh calon pembeli, banyak juga pilihan model-model. Model smartphone juga menjadi masalah kompatibilitas terhadap aplikasi di android. Akan tetapi android secanggih apapun itu, pasti permasalahan muncul selama menggunakannya. Masalah paling umum sekali terjadi adalah eror atau lambat pada sistem operasinya dan aplikasi. Tapi sebenarnya kinerja android di tentukan oleh pemakaian dan perawatanya.

Cara Mengatasi Aplikasi Android yang rusak

Android merupakan sistem operasi yang paling mampu menampung banyak sekali aplikasi yang gratis. Itulah salah satu yang membuat android menjadi eror karena terlalu banyak menampung aplikasi gratis. Eror yang terjadi oleh android banyak faktor salah satunya karena RAM berkurang kapasitasnya dan efeknya bisa membuat hang. Mau secanggih dan setangguh apapun hp kamu tentunya pernah mengalami yang namanya macet, error pada aplikasi yang sedang di gunakan. Yang sering terjadi adalah aplikasi tidak bisa di buka pada pengguna android. Tapi sebenarnya masalah aplikasi rusak tu beragam gejala, bisa juga karena tak merespons hingga aplikasi tidak dapat di buka. Aplikasi ternstal juga terkadang tidak berfungsi sebagai mana mestinya.

Baca Juga:

Aplikasi yang rusak akan muncul tulisan seperti sayangnya aplikasi telah berhenti, not responding, terus berhenti dan lainnya. Jelas ini menjadi hal yang paling menyebalkan bagi pengguna android, apa lagi kalau aplikasi itu adalah aplikasi yang penting dan sering di gunakan. Jika mengalami hal tersebut mungkin karena aplikasi lain yang di download ke perangkat dan memang karena file yang di miliki aplikasi kurang sempurna. Namun kalian jangan khawatir, di sini saya akan membantu memperbaiki aplikasi android yang rusak atau tidak berfungsi.

Cara Mengatasi Aplikasi Android yang rusak

Setiap pengguna android punya masalah kerusakan pada aplikasi yang berbeda-beda. Biasanya aplikasi yang di instal bukan dari google play store, itu menjadi penyebab aplikasi rusak. Kamu harus tahu bahwa google play store merupakan tempat yang paling aman untuk mendownload aplikasi android. Di artikel ini kamu sajikan cara mengatasi aplikasi android yang rusak. Simak penjelasanya di bawah ini.

1. Bersihkan Cache

Cara yang pertama adalah bersihkan cache, cache merupakan file yang di buat untuk menyimpan data sementara dari aplikasi. Fungsi utama cache sendiri adalah untuk mempercepat loading dan performa suatu aplikasi. Meskipun cache ada kelebihan tapi dengan adanya cache juga terkadang menimbulkan kerugian, berbagai file cache akan membuat kapasitas memori berkurang. Salah satu kerugian dari adanya cache adalah membuat aplikasi menjadi eror dan kinerja aplikasi melambat. Hal ini akan berdampak fatal pada aplikasi yang terinstal, sebagai contohnya kamu bisa menghapus pada aplikasi tertentu secara manual.

Berikut cara menghapus cache data aplikasi :

  1. Pertama buka menu Settings kemudian klik Manage Apps
  2. Jika sudah maka lanjut mencari aplikasi yang akan di hapus data beserta cache nya
  3. Setelah ketemu aplikasinya, tekan opsi  Clear Cache

2. Reboot Android

Cara reboot android ini adalah salah satu cara yang paling sederhana yang bisa kita lakukan. Dengan melakukan booting ulang, secara otomatis aplikasi akan terpaksa tertutup. Reboot ini nantinya akan membuat kapasitas RAM yang di gunakan pasti akan bertambah dan akan kembali fresh seperti tidak terjadi apa-apa. Reboot akan membuat kita menjalankan aplikasi menjadi terasa ringan dan optimal. Selebihnya kinerja RAM lebih maksimal karena tidak terlalu banyak aplikasi yang terjalan di background.

Perlu kamu ketahui bahwa reboot tidak akan menghapus data-data yang ada di android. Jadi semua data masih tetap ada, tidak perlu khawatir. Cara reboot cukup simple untuk di lakukan, caranya dengan menekan Tombol Power di HP kamu, kemudian tahan selama beberapa detik sampai nanti muncul jendela baru. Lalu anda cukup ketuk tombol reboot.

3. Hentikan Aplikasi Secara Paksa

Selanjutnya kamu bisa melakukan hentikan aplikasi secara paksa. Menghentikan aplikasi yang sedang berjalan di background HP dianggap sebagai jalan pintas untuk menghapus sampah RAM. Tujuan menghentikan aplikasi ini agar tidak terus terbuka di background layar. Contohnya saja dalam perangkat lunak Instagram yang tidak dapat dibuka, tapi aplikasi itu sebenarnya telah terbuka di latar belakang system.

Dalam langkah menghentikan paksa pada sebuah aplikasi, dapat kamu lakukan melalui cara berikut ini ya :

  1. Pertama masuk kedalam menu Pengaturan pada smartphone kamu
  2. Lalu tekan pilihan Setelan Tambahan
  3. Setelah itu klik Manajemen Aplikasi
  4. Dan cari aplikasi yang hendak mau kamu hentikan paksa
  5. Pilih aplikasi tersebut dan tekan tombol Paksa Berhenti

4. Hapus Data Android

Jika dengan cara menghapus cache saja tidak cukup mengatasi aplikasi yang rusak, coba kalian lakukan solusi ini dengan cara menghapus data aplikasi. Meskipun kapasitas internalmu menjadi lebih lega, namun resikonya beberapa data yang di simpan di cache akan hilang. Cara menghapus data ini akan berpengaruh pada basis data, data login dan juga cache pada aplikasi. Contohnya kamu di suruh login di aplikasi yang membutuhkan akses akun karena data kata sandi telah di hilangkan. Tapi kamu tenang saja sebab ini ada baiknya, dengan cara ini aplikasi akan kembali fresh layaknya aplikasi yang baru saja sudah di terinstall.

Bagi kamu yang belum tahu nih cara menghapus data, maka bisa memperhatikan langkah-langkahnya dibawah ini yaa :

  1. Masuk kedalam menu Setting pada HP kamu
  2. Jika sudah maka klik Setelan Tambahan
  3. Dan juga klik opsi Manajemen Aplikasi
  4. Setelah itu tinggal anda cari apl yang hendak mau di hapus datanya
  5. Kalau sudah dipilih, lanjut tekan tombol Hapus Data.

5. Pergunakan Aplikasi Keamanan

Kini smartphone banyak sekali yang sudah di lengkapi dengan aplikasi keamanan. Fungsi aplikasi keamanan ini untuk membersihkan virus, cache, dan juga berguna dalam mengoptimalkan kinerjasistem pada suatu aplikasi yang ada pada perangkatnya. Kamu dapat gunakan aplikasi keamanan untuk melakukan boost pada memori dan aplikasi. Sebagai contoh, saya akan melakukannya pada smartphone Xiaomi.

Mari simak caranya berikut ini :

  1. Buka aplikasi kasi bernama Keamanan pada perangkat Xiaomi milikmu, yang biasanya berlogokan bewarna hijau
  2. Kalau sudah maka lanjut dengan menekan tombol Pembersih, maka apl keamanan akan melakukan scanning kepada setiap file temporary
  3. Tunggu beberapa saat proses berjalan, setelah itu tekan Bersihkan untuk lanjut membersihkan file temporary lainnya beserta file cache
  4. Sampai disini kalian sudah berhasil memanfaatkan fitur keamanan dari Xiaomi.

6. Update Sistem Operasi Android

Cara terakhir ini yaitu dengan mengupdate sistem operasi android. Sebelumnya di cek dulu apakah aplikasi yang kamu instal itu support dengan sistem operasi android? Karena kalau tidak maka kamu wajib melakukan update ke versi yang lebih terbaru. Contohnya dari lolipop ke kitkat, smartphone merupakan salah satu kelebihan tersendiri karena memiliki operasi sistem android terbaru dan bisa di download gratis.

Adapun beberapa langkahnya berikut ini :

  1. Caranya yaitu buka terlebih dahulu menu Pengaturan pada HP
  2. Kemudian tekan pilihan Pembaruan Sistem
  3. Nah pada menu tersebut kalian akan dapat melakukan pembaharuan sistem operasi android ke versi lebih baru.

Penutup

Itulah beberapa cara mengatasi aplikasi yang rusak di android. Cara-cara itu bisa kamu lakukan sendiri dengan sangat mudah. Jangan lupa share artikel ini di sosial media kamu dan sampai jumpa.

Eren Yeager
Hello people 🙂 Perkenalkan nama saya Eren, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber 🙂 this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Konten Terbaru

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini