Cara Mengatasi ADB Not Found Paling Ampuh

Cara Mengatasi ADB Not Found – Smartphone android sudah menjadi salah satu jenis perangkat gadget yang paling diburu. Buktinya hampir semua orang pasti memiliki smartphone android tersebut. Bahkan tidak hanya kalangan menengah ke atas saja, masyarakat kalangan menengah ke bawah juga sudah banyak yang memiliki HP android. Hal ini dikarenakan persaingan harga dari masing-masing vendor smartphone. Perang harga terjadi, alhasil beberapa vendor sampai berani menjual produk HP androidnya dengan harga cukup murah.

Cara Mengatasi ADB Not Found
Cara Mengatasi ADB Not Found

Meskipun terbilang murah, namun HP android sekarang ini sudah canggih-canggih. Di dalamnya disematkan dengan berbagai fitur yang pastinya akan sangat membantu dan memanjakan para penggunanya. Dengan dukungan fitur canggih tersebut pula, berbagai aktivitas harian pengguna bisa terbantu. Salah satu fitur yang tersedia di HP android yakni fitur ADB. ADB atau yang memiliki kepanjangan Android Debug Bridge merupakan sebuah command line yang fungsinya untuk menghubungkan HP dengan perangkat lain. Perangkat lain maksutnya di sini, seperti laptop, komputer PC, atau yang lainnya.

Baca Juga:

Terkadang saat pengguna mencoba menghubungkan HP dengan perangkat lain, yang muncul di layar justru tulisan ADB Not Found. Masalah seperti ini memang sering terjadi dan penyebabnya pun juga beragam. Yang pasti, saat mendapati pesan seperti ini tentu kita tidak bisa melakukan aktivitas yang direncanakan sebelumnya. Ini karena perangkat HP android tidak bisa terhubung dengan perangkat lain secara sempurna. Lalu, bagaimana cara mengatasi ADB Not Found tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengatasi ADB Not Found Paling Ampuh

Cara Mengatasi ADB Not Found Paling Ampuh
Cara Mengatasi ADB Not Found Paling Ampuh

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ADB Not Found bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah karena di HP android belum diaktifkan USB Debuggingnya. Selain itu, bisa juga karena settingan pada jenis koneksi yang salah sehingga membuat perangkat tidak bisa mendeteksi HP. Dan juga bisa jadi ADB not found dikarenakan driver HP yang bermasalah sehingga tidak terdeteksi.

Pesan ADB not found ini sendiri biasa kita temukan saat melakukan beberapa hal, seperti saat akan melakukan flashing HP, transfer file media, atau juga saat ingin melakukan perintah tertentu lewat Command Prompt di PC atau laptop. Adapun cara mengatasi ADB not found paling mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mengaktifkan USB Debugging di HP Android

Salah satu penyebab munculnya pesan ADB not found yakni karena USB Debugging yang belum diaktifkan di HP android. Secara default USB Debugging memang tidak dalam keadaan aktif, sehingga kamu perlu mengaktifkannya secara manual. Namun, memang tidak banyak pengguna yang tahu bagaimana cara mengaktifkan USB Debugging di HP android tersebut.

Adapun langkah-langkah mengaktifkan USB Debugging di HP android selengkapnya, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu masuk ke menu Pengaturan atau Setelan di HP android.
  • Scroll ke bawah, kemudian klik pada opsi Tentang Ponsel.
  • Pada bagian opsi Build Number atau Nomor Bentukan, kamu klik sebanyak 5-7 kali. Lakukan klik hingga muncul pesan Pengembang telah diaktifkan. Jika tidak ditemukan Build Number, maka kamu bisa masuk ke opsi Perangkat Lunak lalu klik 7 kali pada bagian Nomor Versi.
  • Sekarang kamu kembali ke halaman Pengaturan. Masuk ke opsi Developer, kemudian cari dan klik USB Debug. Dan terakhir klik Aktifkan.
  • Selesai.

2. Update Driver Interface ADB

Mungkin saja munculnya pesan ADB not found disebabkan oleh interface ADB di laptop yang bermasalah. Kalau memang hal tersebut yang menyebabkannya, maka perlu melakukan update driver agar masalah tesebut bisa teratasi. Adapun langkah-langkah untuk mengupdate driver Interface ADB selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Device Manager. Caranya klik Start Menu, kemudian klik kanan pada opsi Computer lalu pilih opsi Manage. Pada halaman baru yang muncul, kamu pilih opsi Device Manager yang ada di bagian sisi kiri tampilan. Cara ini khusus dilakukan di Windows 7.
  • Sementara untuk pengguna Windows 8 ke atas, mengakses Device Manager bisa dengan klik kolom Search Windows, lalu ketik Device Manager. Akan muncul menu Device Manager, tinggal klik pada menu tersebut.
  • Pada halaman Device Manager, sekarang kamu cari Android ADB Interface.
  • Klik kanan pada opsi tersebut, kemudian pilih opsi Update Driver Software.
  • Di sini kamu bisa memilih update driver secara otomatis ataupun manual. Untuk update secara otomatis, kamu pilih pada opsi Search Driver Automatically.
  • Lanjutkan dengan mengikuti instruksinya hingga selesai.

3. Mengatur Mode Transfer di HP Android

Penyebab lain munculnya pesan error ADB not found yakni karena pengaturan mode transfer di HP android yang kurang tepat. Untuk mode transfer di HP android ini sendiri biasanya ada 3 pilihan, yakni mode transfer media, mode tethering dan juga mode MTP.

Misalnya saja kamu menyambungkan HP ke perangkat PC atau laptop untuk melakukan transfer file. Dan ternyata pengaturan mode transfer di HP tersetting ke mode Tethering atau mode untuk charging saja. Untuk mengatasinya, kamu harus mengubah modenya ke Media Device atau MTP. Untuk langkah-langkah mengubah mode transfer di HP android, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu sambungkan HP ke perangkat PC atau laptop menggunakan kabel data.
  • Nantinya di layar HP akan muncul pesan untuk mengatur mode transfer dan izin akses transfer.
  • Beri izin sambungan pada USB terlebih dahulu, kemudian klik pada notifikasi USB yang muncul tersebut.
  • Selanjutnya kamu bisa langsung mengubah mode transfernya menjadi mode MTP atau Media.
  • Selesai.

4. Gunakan Kabel USB Original

Penggunaan kabel USB sebagai sambungan HP ke perangkat lain juga bisa menjadi penyebab munculnya pesan ADB not found. Pastikan kamu sudah menggunakan kabel USB original atau bawaan dari HP android yang kamu miliki. Pasalnya, kabel data atau kabel USB dari masing-masing perangkat terkadang berbeda. Mungkin saja perangkat HP androidmu tidak cocok dengan kabel USB lain yang digunakan sebelumnya.

Bisa juga kabel USB yang kamu gunakan fungsinya hanya untuk charging saja, tidak bisa digunakan untuk membaca data. Jika memang tidak ada kabel USB original, maka kamu bisa menggunakan kabel USB lain yang dipastikan normal.

5. Setting Ulang Proses ADB Lewat CMD

Cara terakhir untuk mengatasi ADB not found yang terakhir yakni dengan melakukan setting ulang proses ADB. Untuk melakukannya, kamu perlu menggunakan program CMD atau Command Prompt. Untuk mengatur ulang proses ADB biasanya dengan hanya melakukan restart HP android. Cukup lakukan restart pada HP android, lalu sambungkan lagi HP ke perangkat PC atau laptop. Biasanya pesan ADB not found tidak akan muncul lagi dan aktivitas bisa dilakukan dengan lancar.

Namun, jika cara tersebut masih belum bisa mengatasinya, maka bisa lanjut dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama buka program CMD dengan cara klik Start Menu, kemudian ketik cmd pada kolom Search.
  • Akan muncul menu CMD di bagian atas kolom Search, selanjutnya klik kanan pada menu CMD tersebut lalu pilih opsi Run as Administrator.
  • Pada halaman Command Prompt atau CMD yang sudah tampil, selanjutnya kamu ketik perintah adb stop-server lalu klik tombol Enter.
  • Ketik lagi perintah adb start-server lalu tekan Enter.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi cara mengatasi ADB not found yang paling ampuh dan mudah bisa coba kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat untuk orang lain.