Cara Mengatasi *#*#4636#*#* Tidak Berfungsi di HP Android

Cara Mengatasi *#*#4636#*#* Tidak Berfungsi – Internet sudah menjadi kebutuhan paling penting di kalangan masyarakat sekarang ini. Apalagi saat pandemi virus corona melanda seluruh dunia, khususnya Indonesia membuat kebutuhan akan internet terus meningkat. Misalnya saja untuk kalangan pelajar dan juga guru, di mana pembelajaran secara daring menjadi satu-satunya pilihan yang harus diterapkan oleh semua sekolah. Siswa bisa mengakses materi pelajaran melalui perangkat gadget yang pastinya harus tersambung ke jaringan internet.

Cara Mengatasi *#*#4636#*#* Tidak Berfungsi
Cara Mengatasi ##4636## Tidak Berfungsi

Dibandingkan PC atau laptop, perangkat smartphone memang menjadi pilihan utama bagi sebagian besar pelajar. Selain mudah dioperasikan, smartphone android khususnya juga dibanderol dengan harga terjangkau. Selain itu, di dalamnya sudah dibekali dengan beragam fitur canggih, membuatnya bisa melakukan banyak hal. Sayangnya, smartphone android hanya akan berfungsi secara maksimal jika sudah terhubung ke jaringan internet. Untuk jaringan internet sendiri, sinyal 4G LTE merupakan yang paling cepat sekarang ini. Meskipun sudah ada jaringan 5G, tetapi belum terlalu meluas di Indonesia.

Baca Juga:

Berbicara mengenai jaringan internet, sudah pasti kita sebagai pengguna HP android ingin selalu merasakan kecepatan akses yang stabil. Karena itulah, jaringan 4G selalu menjadi pilihan utama bagi sebagian besar pengguna HP android. Akan tetapi, jangkauan sinyal 4G yang belum cukup merata di Indonesia menjadi kendala tersendiri. Salah satunya jaringan 4G di HP sering berpindah ke jaringan 3G. Agar hal ini tidak lagi terjadi, kamu bisa melakukan lock jaringan 4G. Caranya dengan menggunakan kode *#*#4636#*#* via menu dial. Tetapi, banyak yang bilang kalau kode tersebut sering tidak berfungsi. Lantas, bagaimana cara mengatasi *#*#4636#*#* tidak berfungsi tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengatasi *#*#4636#*#* Tidak Berfungsi di HP Android

Cara Mengatasi *#*#4636#*#* Tidak work
Cara Mengatasi ##4636## Tidak Work

Kode rahasia *#*#4636#*#* ini sendiri memang sering digunakan pengguna HP android untuk melakukan penguncian jaringan 4G. Jadi, sinyal di HP android akan selalu berada di pilihan 4G meskipun sinyalnya jelek. Berbeda dengan saat sebelum dilock, ketika sinyal 4G kurang baik maka secara otomatis jaringan di HP akan berpindah ke 3G HSPA atau H+.

Nyatanya banyak yang mengklaim kode dial *#*#4636#*#* ini  sering tidak berfungsi di beberapa merek HP, seperti HP Realme, Xiaomi, OPPO, dan merek lainnya. Mungkin saja hal tersebut diakibatkan oleh adanya error di HP androidmu. Jika memang ingin yang sedang kamu alami, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut ini cara mengatasi *#*#4636#*#* tidak berfungsi yang paling mudah, yakni:

1. Mengatasi Kode *#*#4636#*#* Tidak Berfungsi Tanpa Aplikasi

Jika memang kode untuk lock sinyal 4G di android tersebut tidak berfungi, solusinya kamu bisa mencoba pakai kode rahasia lain. Alasannya, terkadang merek HP lain memang punya kode rahasia khusus untuk melakukan lock jaringan 4G tersebut. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Dial Up atau menu Panggilan di HP androidmu.
  • Kemudian, ketik kode rahasia *#673644#* kemudian klik tombol Panggil.
  • Selanjutnya akan muncul tampilan untuk mengatur jaringan di HP.
  • Di sini kamu bisa cari opsi untuk memilih jaringan, kemudian pilih opsi Jaringan 4G LTE Only atau LTE Only.
  • Sebelumnya kamu harus memperhatikan kartu SIM mana yang ingin dilock ke jaringan 4G.
  • Selesai.

Catatan: Cara ini mungkin hanya bisa berjalan baik di beberapa merek HP android saja. Jadi, tidak ada salahnya kamu mencoba menggunakan kode tersebut. Jika memang tetap tidak berfungsi, maka bisa mencoba kode rahasia *#800#  di menu Dial Up seperti cara di atas.

2. Mengatasi Kode *#*#4636#*#* Tidak Berfungsi dengan Aplikasi

Jika sudah menggunakan semua kode alternatif di atas, namun tetap tidak berfungsi, maka cara kedua ini bisa dijadikan solusi. Di sini kamu tidak lagi menggunakan kode rahasia, melainkan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa pilihan aplikasi android yang memungkinkan untuk kamu gunakan mengunci jaringan 4G LTE Only di HP android.

Namun perlu diingat, jangan sembarangan menginstall aplikasi lock jaringan 4G. Karena bisa jadi aplikasi tersebut sudah disisipi malware sehingga sangat berisiko bagi perangkat androidmu. Salah satu jenis aplikasi yang bisa coba kamu gunakan di sini yakni aplikasi 4G LTE Switcher.

Aplikasi 4G LTE Switcher ini sendiri dikembangkan oleh developer bernama Kliksob Network. Sudah diinstall lebih dari 1 juta kali di Google Play Store, aplikasi tersebut juga sangat ringan yakni hanya sekitar 40Kb saja. Tampilan antarmuka aplikasi ini sangat sederhana dan tidak dilengkapi dengan iklan apa pun. Mengenai cara menggunakan 4G LTE Switcher tersebut, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu install aplikasi 4G LTE Switcher di HP androidmu. Tidak perlu khawatir, karena aplikasi satu ini diklaim support dengan hampir semua merek HP android.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada tampilan awal aplikasi, kamu akan langsung dibawa ke halaman Informasi Telepon.
  • Untuk me-lock jaringan 4G, kamu klik tombol dropdown pada opsi Set Preferred Network Type.
  • Akan muncul beberapa opsi jaringan, di sini kamu bisa langsung memilih opsi 4G LTE atau LTE Only.
  • Selesai.

Catatan: Sayangnya aplikasi 4G LTE Switcher belum support dengan OS Android versi 10. Jadi, pastikan HP androidmu masih mengadopsi OS Android dibawahnya versi Android 10.

Penutup

Itulah tadi dua cara mengatasi *#*#4636#*#* tidak berfungsi dengan baik yang paling mudah dan efektif. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini