Cara Mengatahui Teman Sedang Online di WhatsApp

Cara Mengatahui Teman Sedang Online di WhatsApp – WhatsApp atau yang sering disingkat WA merupakan aplikasi chatting berbasis online yang cukup banyak diminati sekarang ini. Karena berbasis online, sudah pasti kita membutuhkan koneksi internet agar bisa menggunakannya. di WhatsApp sendiri kita tidak hanya memungkinkan mengirimkan pesan teks saja, melainkan juga foto, video, aplikasi hingga dokumen.

Cara Mengatahui Teman Sedang Online di WhatsApp
Cara Mengatahui Teman Sedang Online di WhatsApp

Selain itu, kamu juga bisa share lokasi serta melakukan panggilan atau video call melalui aplikasi WhatsApp. Yang menarik lagi dari aplikasi WhatsApp adalah kita bisa mengetahui apakah teman yang kita hubungi sedang online juga atau tidak. Jika pun teman sedang tidak online, di sana akan tertera kapan ia terakhir kali online di WhatsApp. Tetapi terkadang keterangan ini tidak muncul atau tidak bisa kamu lihat, dikarenakan teman atau pengguna lain telah menyembunyikannya.

Baca Juga:

Tenang saja, kamu masih bisa kok mengetahui teman sedang online atau tidak dengan mudah. Selain melalui aplikasi WhatsApp langsung, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk mengetahuinya. Berikut ini adalah beberapa cara mengetahui teman sedang online di WhatsApp selengkapnya bisa kamu baca dan pelajari.

Cara Mengatahui Teman Sedang Online di WhatsApp

Cara Mengatahui Teman Sedang Online di WA
Cara Mengatahui Teman Sedang Online di WA

Adanya fitur status online di WhatsApp memang memberikan kemudahan tersendiri bagi beberapa pengguna. Dengan fitur tersebut pengguna bisa mengetahui kontak yang dituju apakah dalam keadaan online atau enggak. Adapun cara mengetahui teman sedang online di WhatsApp, di antaranya:

1. Melihat Langsung dari Aplikasi WhatsApp

Cara yang pertama ini adalah yang paling umum dilakukan banyak pengguna untuk mengetahui kontak yang dituju sedang online atau tidak. Kamu tidak perlu menggunkan aplikasi apapun, cukup mengetahuinya melalui aplikasi WhatsApp di HP androidmu. Untuk langkah-langkahnya sendiri sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu buka aplikasi WhatsApp di HP androidmu.
  • Pada bagian menu Obrolan, kamu buka chat teman kamu. Jika belum pernah sama sekali chattingan dengan dia, kamu bisa klik ikon seperti Kotak Pesan lalu cari dan pilih kontak temanmu. Pastikan terlebih dahulu kamu sudah menyimpan kontak temanmu tersebut.
  • Status Online biasanya akan tertera di bagian bawah nama teman yang ada di tampilan atas. Jika memang tidak online, biasanya tidak tertera tulisan sama sekali atau terdapat keterangan kapan terakhir ia membuka aplikasi WhatsApp.

2. Menggunakan Aplikasi Whatslog

Cara mengetahui kontak WhatsApp yang online berikutnya bisa juga dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Salah satu jenis aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah Whatslog. Aplikasi ini hadir dengan tampilan antarmuka sederhana sehingga mudah untuk kamu pahami fitur-fitur di dalamnya.

Mengetahui status online teman atau justru kamu sendiri melalui aplikasi ini juga sangat mudah untuk dilakukan. Untuk langkah-langkah selengkapnya sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu perlu menginstall aplikasi Whatslog: online last seen melalui Google Play Store.
  • Jika sudah, langsung saja jalankan aplikasi tersebut di HP androidmu.
  • Pada tampilan awal, aplikasi Whatslog akan meminta akses terhadap penggunanya. Untuk melanjutkan, klik tombol Allow. Selanjutnya geser ke kanan di opsi persetujuan, kemudian klik tombol Accept.
  • Pada tahap berikutnya kamu bisa menambahkan nomor WhatsApp teman yang ingin kamu ketahui status online mereka. Caranya dengan klik ikon Plus yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan, lalu pilih opsi WhatsApp. Oh iya, kamu juga bisa mengetahui aktivitas teman atau pacar di aplikasi lain seperti Telegram.
  • Langkah berikutnya kamu perlu memasukkan nomor WhatsApp teman pada kolom yang tersedia, kemudian klik tombol OK. Selain menggunakan nomor, kamu juga bisa memasukkan nama sesuai dengan yang tersimpan di kontak telepon.
  • Layanan akan segera diaktifkan, kamu perlu menunggu prosesnya hingga selesai. Jika sudah, biasanya aplikasi akan memberikan notifikasi apabila ada teman atau kontak WhatsApp yang sedang online.

Aplikasi Whatslog akan memberikan notifikasi siapapun yang teman WhatsApp yang sedang online. Notifikasi tersebut akan muncul di bagian notifbar layaknya saat ada chatting masuk. Aplikasi Whatslog ini sendiri dibuat oleh WhatsLog Company dan memiliki ukuran tidak terlalu besar yakni hanya 27MB saja.

3. Menggunakan Aplikasi WhatsActivity PRO

Cara untuk mengetahui teman sedang online di WhatsApp yang terakhir adalah dengan memanfaatkan aplikasi bernama WhatsActivity PRO. Hampir sama dengan sebelumnya, melalui aplikasi ini akan memungkinkan kamu mendapatkan notifikasi jika ada teman WhatsApp-mu yang sedang online atau aktif. Di dalamnya juga sudah dibekali dengan beragam fitur keren yang pastinya membuatmu lebih maksimal dalam menggunakan aplikasi WhatsApp.

Tetapi sayangnya, Aplikasi WhatsActivity PRO hanya tersedia untuk versi berbayar. Kamu hanya akan diberi masa trial selama 1 hari saja untuk merasakannya dalam versi gratis. Untuk langkah-langkah menggunakannya, sebagai berikut:

  • Langkah pertama tentu kamu harus menginstall aplikasi WhatsActivity PRO terlebih dahulu.
  • Jika sudah, langsung saja jalankan aplikasi tersebut dan buat akun WhatsActivity PRO.
  • Langkah selanjutnya yakni menambahkan nomor kontak WhatsApp yang ingin kamu ketahui status online atau aktivitasnya di WhatsApp dengan cara klik tombol Add a contact. Masukkan nomor kontak WA di kolom yang tersedia, kemudian klik ikon Save yang ada di pojok kanan bawah tampilan.
  • Pada halaman selanjutnya, silahkan kamu slide ke kanan (aktifkan) pada opsi Online Notifications Enabled dan tunggu hingga proses pengaktifannya selesai.
  • Sekarang kamu sudah bisa mengetahui apakah nomor WA yang dimasukkan tadi sedang online atau tidak pada bagian notifbar.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengetahui teman sedang online di WhatsApp yang bisa kamu coba terapkan. Jangan lupa juga share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?