Cara Mengambalikan Chat WhatsApp yang Terhapus

Cara Mengambalikan Chat WhatsApp yang Terhapus – Dibandingkan dengan aplikasi chatting online lainnya, WhatsApp bisa dibilang sebagai yang terbaik dan terpopuler digunakan sekarang ini. Penggunanya sangat banyak, bahkan dari berbagai belahan dunia lebih banyak yang memilihnya. Tidak heran karena memang aplikasi WhatsApp sudah dibekali dengan berbagai fitur terbaik yang akan sangat memanjakan para penggunanya. Berkomunikasi tidak hanya mudah, tapi juga lebih seru dengan adanya dukungan stiker menarik di dalamnya.

Cara Mengambalikan Chat WhatsApp yang Terhapus
Cara Mengambalikan Chat WhatsApp yang Terhapus

Yang menarik lagi, di WhatsApp kita juga memungkinkan untuk membuat stiker sendiri dari foto kita atau orang lain. Caranya sangat mudah, bisa dengan memanfaatkan tools atau aplikasi khusus untuk membuat stiker unik di WhatsApp. Chattingan di WhatsApp tidak hanya memungkinkan kita mengirimkan chat dalam bentuk teks saja, melainkan juga bisa mengirim gambar, video, dokumen, dan jenis file-file lainnya. Hebatnya lagi, di WhatsApp sekarang sudah tersedia fitur share lokasi untuk bisa mengetahu lokasi seseorang.

Baca Juga:

Chattingan di WhatsApp memang seru, tetapi apa jadinya jika chatting yang tersimpan tidak sengaja terhapus padahal sangat penting? Hal ini memang sering dialami oleh pengguna, di mana menghapus chat biasanya bertujuan agar performa HP tetap maksimal. Tetapi, terkadang ada isi chat lama yang bersifat penting juga ikut terhapus. Jika sudah seperti ini, apakah bisa chat yang terhapus tersebut dikembalikan? Tentu bisa. Berikut ini cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus paling mudah bisa coba kamu terapkan.

Cara Mengambalikan Chat WhatsApp yang Terhapus

Cara Mengambalikan Chat WA yang Terhapus
Cara Mengambalikan Chat WA yang Terhapus

Horor memang jika ada sebuah isi chat WhatsApp penting yang tidak sengaja atau secara sengaja dihapus. Mau bagaimana lagi, isi chat sudah terlanjur dihapus dari perangkat sehingga kamu tidak bisa mengaksesnya kembali. Namun kamu tidak perlu terlalu khawatir, karena masih ada kok alternatif untuk mengembalikan chat yang terhapus tersebut. WhatsApp sebenarnya sudah menyediakan fitur khusus untuk hal tersebut. Namun, untuk menggunakannya kamu perlu mengaktifkannya terlebih dahulu.

Setidaknya ada 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk kembalikan chat WhatsApp yang sudah terhapus. Untuk langkah-langkah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Kembalikan Chat WhatsApp Terhapus dengan Fitur Backup

Sebenarnya tidak ada fitur khusus untuk bisa mengembalikan isi chat WhatsApp yang terhapus. Namun, kita bisa memanfaatkan fitur lain di WhatsApp untuk kembalikan chat yang dihapus tersebut. Kali ini kita bisa menggunakan fitur backup yang disediakan di WhatsApp. Jadi, sebelum ada chat yang dihapus sebaiknya kamu lakukan backup data WhatsApp terlebih dahulu untuk berjaga-jaga. Kamu juga harus mengaktifkan fitur backup secara otomatis agar tidak perlu melakukan backup manual.

Data backup ini sendiri bisa kamu simpan di memori internal HP android. Bisa pula kamu integrasikan aplikasi WhatsApp ke layanan cloud supaya bisa melakukan backup secara real-time. Bagi kamu pengguna HP android bisa menggunakan layanan Google Drive sebagai cloudnya. Untuk membackup data WhatsApp sendiri, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Langkah yang pertama kamu buka aplikasi WhatsApp di HP android.
  • Pada halaman utama WhatsApp, kamu klik ikon tiga titik yang ada di bagian pojok kanan atas.
  • Lanjutkan dengan klik opsi Setelan atau Settings.
  • Pada halaman Setelan WhatsApp, selanjutnya kamu klik opsi Chat. Kemudian klik pada opsi Cadangan Chat atau Chat Backup.
  • Pilih jangka waktu pencadangan otomatis dengan klik opsi Cadangkan ke Google Drive. Kamu bisa memilih pencadangan saat klik Cadangkan, harian, mingguan atau juga bulanan.
  • Selanjutnya kamu masukkan akun Google Drive dengan klik opsi Akun Google. Pastikan kamu memasukkan akun Google Drive yang valid.
  • Selain itu, kamu juga bisa mengatur backup file video saat terhubung ke jaringan Wifi atau seluler.
  • Dan langkah terakhir klik tombol Cadangkan atau Backup untuk mulai mencadangkan chat WhatsApp.
  • Jika ingin mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus, kamu tinggal hapus data aplikasi WhatsApp. Caranya dengan masuk ke menu Pengaturan > pilih Aplikasi Terinstall > cari dan pilih aplikasi WhatsApp > klik Penyimpanan > klik Hapus Data. Atau bisa juga dengan uninstall aplikasi WhatsApp, kemudian menginstallnya lagi.
  • Sekarang buka aplikasi WhatsApp, kemudian masukkan nomor WhatsApp lama kamu. Klik opsi Restore untuk mengembalikan chat di dalamnya.
  • Selesai.

2. Kembalikan Chat WhatsApp Terhapus dengan Fitur Export Chat

Cara yang kedua ini juga memungkinkan kamu mengetahui isi chat yang sebelumnya sudah dihapus. Namun, sama seperti cara di atas kamu perlu mengaktifkan fiturnya tersebut agar bisa melihat lagi chat yang terhapus. Di sini kamu bisa memanfaatkan fitur yang bernama Export Chat. Fitur satu ini memungkinkan mengekspor isi chat menjadi sebuah file dokumen. Isi chat akan secara otomatis terkumpul dalam sebuah file dokumen dan kamu bisa membacanya di lain waktu.

Namun sayangnya, untuk cara ini kamu perlu melakukan ekspor percakapan secara berulang-ulang. Pasalnya di sini kamu hanya diperbolehkan untuk membackup satu chat saja dalam sekali ekspor. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu buka aplikasi WhatsApp.
  • Klik ikon tiga titik yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan.
  • Selanjutnya pilih opsi Setelan atau Settings.
  • Pada halaman Setelan kamu pilih opsi Chat, kemudian klik pada opsi Riwayat Chat.
  • Sekarang kamu klik opsi Ekspor Chat, dan pilih salah satu chat atau percakapan yang ingin kamu backup atau ekspor.
  • Berikutnya kamu akan diberi pilihan ingin mengekspor chat beserta media atau tidak. Selain itu, pilih juga opsi layanan penyimpanan yang ingin digunakan. Di sini kamu bisa memilih Simpan ke Drive.
  • Secara otomatis cadangan chat akan langsung tersimpan di Google Drive dalam bentuk file txt.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus paling mudah bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?