Cara Ampuh Mengamankan Whatsapp Dari Penyadapan

Cara Ampuh Mengamankan Whatsapp Dari Penyadapan – Pada artikel sebelum nya kita sudah membahas bagaimana cara nya agar bisa menyadap aplikasi whatsapp orang lain dari jarak yang jauh serta aman dalam penggunaan nya dalam arti tidak ilegal, dan juga sudah membahas 7 aplikasi penyadab whatsapp terbaik pada saat ini. Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan memberitahu kalian bagaimana cara nya untuk menjaga dan mendeteksi akun whatsapp kita agar tidak di sadap oleh orang lain. Sebab, dengan ada nya penyadapan yang di lakukan pada sosial media kita, itu akan menjadikan privacy kita sendiri tidak aman dan pasti nya akan merugikan kita.

Cara Ampuh Mengamankan Whatsapp Dari Penyadapan

Maksud nya yaitu, kita akan mencegah dan menjaga akun whatsapp yang kita miliki dari orang jahil atau yang berniat untuk mengintip privacy kita untuk kepentingan pribadi nya. Karena pada dasar nya semua aplikasi seperti ini mempunyai celah nya tersendiri, yang mana hal tersebut dapat di manfaatkan oleh orang lain demi kepentingan nya sendiri atau suatu komplotan tertentu. Hal tersebut tidak terlepas dari aplikasi bersangkutan yang mana ia tidak menggunakan sebuah password dan email dalam system login nya, melain kan menggunakan suatu simcard yang masih aktif.

Jadi, jika orang sudah memiliki keinginan untuk menyadap whatsapp orang lain, maka hal tersebut akan sangat lah mudah untuk ia lakukan. Dengan hanya memodalkan tutorial dari google dan telaten dalam tahap mempraktekkan nya, yang mana hal tersebut akan membuat dia terlatih dan siap untuk menyadap whatsapp si korban. Contoh nya saja seperti ini, sang penyadab hanya akan membutuhkan waktu sekian detik untuk menyadap nya dengan cara mendekati si korban lalu meminjam hp nya beberapa detik, sesaat dari itu maka si penyadab akan bisa mengontrol keseluruhan dari whatsapp si korban tadi. Mulai dari membalas pesan chat, membuat status stories, dan juga dapat mengubah foto profile si korban yang di sadap, yang penting tidak ketahuan dan tidak di curigai oleh si yang bersangkutan tadi kalau akun sosial media whatsapp nya sedang di sadap oleh orang lain.

Letak kelemahan dari aplikasi whatsapp sendiri yaitu dengan ada nya system login yang menggunakan kode QR, serta tidak menggunakan system login yang menggunakan password dan alamat email sebagai kunci utama akun sosial media nya. Dengan system login yang seperti itu maka akan sangat merugikan bagi para banyak pengguna nya yang memang kebanyakan awam dengan masalah seperti ini. Terutama untuk para wanita, pasti ada ada saja lelaki yang di sekitar nya memiliki keinginan untuk menyadap akun si wanita, dan jelas hal tersebut akan sangat merugikan nya bukan. Penting untuk kita menjaga seluruh privacy yang ada di sosial media agar tidak merugikan kita di masa yang akan datang.

Tetapi, pada beberapa tahun lalu whatsapp telah di ambil alih oleh si Mark Zuckerberg (Founder & CEO Facebook). Semenjak ia yang memegang alih aplikasi tersebut, maka yang menjadi prioritas utama nya yaitu menjaga privacy akun para pengguna whatsapp. Sehingga akan membuat para pengguna nya merasa lebih aman serta tidak lagi khawatir dalam hal bocor nya privacy mereka. Fitur terbaru dari whatsapp lah yang membuat nya lebih aman, yaitu fitur verifikasi dua langkah. Dengan ada nya fitur tersebut, maka orang yang ingin menyadap akun si korban akan terlebih dahulu di mintai oleh system untuk memasuki kode verifikasi dua langkah yang telah di daftar kan oleh si korban pada nomor akun whatsapp yang ia miliki.

Jadi kalau si penyadap tadi tidak mengetahui atau pun salah memasukkan kode tersebut, maka semua yang telah dia lakukan untuk menyadap akan jadi sia sia. Karena, walaupun dia bisa memasukkan kode pada verifikasi yang pertama, maka masih ada verifikasi kedua yang akan menanti nya, yang mana kode tersebut akan mempersulit nya. Selain fitur verifikasi itu sendiri, ada lagi fitur yang dapat membantu mengamankan nomor whatsapp kalian, yaitu fitur notifikasi login, fitur tersebut akan muncul sendiri di jendela notifikasi smartphone kalian ketika ada orang lain yang sedang menggunakan nya, serta beberapa rincian seperti status sedang aktif dan juga waktu terakhir dia aktif dalam hal login menggunakan akun kalian.

Cara Ampuh Mengamankan Whatsapp Dari Penyadapan

Seiring berjalan nya waktu, maka penyadapan terhadap aplikasi whatsapp semakin mudah, karena terdapat banyak trik yang telah menyebar di halaman situs internet. Oleh karena itu di bawah ini sudah saya ringkas beberapa tips yang bisa untuk kalian coba agar dapat mengetahui dan mencegah penyadapan yang mungkin nanti nya akan terjadi di waktu yang tidak lama oleh orang terdekat kalian.

1. Menggunakan App Lock Untuk Mengunci Whatsapp

Applock merupakan salah satu jenis aplikasi yang berfungsi untuk mengunci dan mengamankan aplikasi yand terdapat pada smartphone kita. Dengan ada nya aplikasi seperti ini, maka bisa anda gunakan untuk melindungi aplikasi whatsapp agar terhindar dari tangan tangan jahil di sekitar anda. Sehingga nanti nya whatsapp yang telah terkunci oleh aplikasi semacam applock akan meminta password yang sebelum nya telah anda setting pada pengaturan applock. Penting untuk kalian ketahui bahwa pada dasar nya fitur ini telah ada pada perangakt android yang kalian punya, kalau memang tidak ada baru lah kalian mendownload nya dari google play store.

2. Periksa Fitur Whatsapp Web

Mungkin dari kalian sebelum nya tidak ada yang tau tentang salah satu fitur whatsapp yang satu ini, yang mana dengan menggunakan fitur ini kita bisa dengan mudah melakukan chatting atau mengontrol akun whatsapp kita dari jarak jauh menggunakan browser. Namun dengan ada nya fitur ini lah yang sekarang telah menjadi celah besar oleh aplikasi lain berupa penyadapan seperti WhatsWeb For Whatscan yang berguna untuk membajak akun whatsapp dengan cara menjadi kan diri nya seolah olah sebagai whatsapp web. Untuk cara penggunaan nya pun sangat lah mudah, kalian hanya perlu melakukan scanning barcode si korban dan kemudian semua aktifitas nya akan dapat di ketahui.

Tapi tidak usah khawatir lagi pada penyadapan jenis ini, karena kita dapat melakukan pengecek kan setiap saat di dalam whatsapp web/desktop supaya dapat mengetahui apakah ada orang lain yang menggunakan akun kita apa tidak. Untuk bisa melakukan pengecek kan nya sendiri kalian dapat mengikuti tutorial di bawah ini.

Untuk iOS ikuti langkah berikut.

  1. Masuk ke dalam Setting » Whatsapp Web. Kalau kalian tidak pernah merasa melakukan login dengan menggunakan Whatsapp Web, tetapi memiliki tampilan seperti gambar di bawah pada akun Whatsapp Web kalian, maka artinya ada orang lain yang telah menyadap atau menggunakan akun whatsapp yang anda miliki.

    Periksa Fitur Whatsapp Web

  2. Jika sudah seperti itu, langkah yang harus di lakukan yaitu melakukan log off pada perangkat penyadap tersebut dengan cara menyentuh Log out from all computers. Maka dengan melakukan hal itu, semua akun yang telah di gunakan pada perangkat lain tadi telah di keluarkan secara otomatis dari pihak whatsapp.

    Periksa Fitur Whatsapp Web

Kemudian di bawah ini untuk pengguna Android.

  1. Pada perangkat android sendiri secara otomatis akan muncul sebuah notifikasi seperti gambar di bawah ketika orang atau perangkat lain telah login menggunakan akun anda.

    Periksa Fitur Whatsapp Web

  2. Kalau kalian tidak pernah merasa atau tidak lagi login menggunakan perangkat lain maka sentuh lah notifikasi yang bertulisan Log out from all computers. Kalau keadaan tersebut telah terjadi, maka tindak kan selanjut nya yang bisa kalian lakukan yaitu berhati hati untuk tidak sembarang meminjam kan smartphone ke orang lain, sebab mungkin saja ia nanti nya berkeinginan kembali untuk melakukan scanning barcode akun whatsapp milik anda.

    Periksa Fitur Whatsapp Web

3. Memasang Aplikasi Anti Spy dan Anti Virus

Ada banyak sekali aplikasi antivirus pada google play store yang telah tersedia, mulai dari yang berbayar hingga gratis. Kalau telah anda download dan di pasang maka lakukan lah scanning secara penuh agar bersih dari malware, virus, dan juga keylogger. Tetapi, jika kalian merasa telah di sadap oleh orang lain, maka gunakan lah aplikasi yang bernama Anti Spy Mobile pada google play store.

Memasang Aplikasi Anti Spy dan Anti Virus

Kalau pada perangkat smartphone kalian telah di pasang berupa aplikasi sadap oleh orang lain, maka akan muncul peringatan seperti di bawah. Tekan lah uninstall seperti yangaa di gambar.

Memasang Aplikasi Anti Spy dan Anti Virus

4. Aktifkan Two Step Verification

Fitur two step verification merupakan fitur yang memerlukan verifikasi untuk mencegah agar data data pribadi kalian nanti nya akan aman ketika mau di sadap oleh orang lain. Jika kalian menggunakan cara ini untuk mengamankan akun whatsapp kalian, maka setiap ada orang yang mau login dengan akun kalian akan selalu di tanyakan seputar verifikasi 6 digit yang sebelum nya telah di atur oleh anda. Untuk cara pengaktifan nya sendiri dapat kalian lakukan dengan cara mengikuti langkah di bawah ini.

  1. Buka whatsapp, lalu sentuh titik tiga yang terletak pada ujung kanan, dan kemudian sentuh setting.

    Aktifkan Two Step Verification

  2. Kalau sudah, pilih lah akun, lalu pilih two step verification.

    Aktifkan Two Step Verification

  3. Lalu klik Enable, dan setelah itu kalian akan di mintai untuk memasukkan 6 digit angka.

    Aktifkan Two Step Verification

  4. Yang terakhir menentukan keenam digit angka tersebut, dan jika sudah silahkan klik Next sampai selesai.

5. Jangan Sembarang Untuk Meminjamkan Smartphone

Langkah terakhir yang dapat saya berikan yaitu berhati hati dalam hal meminjam kan smartphone, baik itu dengan keluarga, teman dekat, atau pun dengan orang yang tidak di kenal. Sebab itu akan bisa mengakibatkan penyalahgunaan data pribadi jika memang mereka memiliki niat seperti itu. Dan jika memang kalian sudah merasa di sadap serta merasa kalau privacy kalian sudah mulai tidak aman lagi, cobala lah untuk mencurigai orang yang sering atau baru baru ini memegang smartphone kalian.

Penutup

Itu lah tadi beberapa tips yang bisa saya berikan pada artikel kali ini supaya dapat mencegah penyadapan pada sosial media whatsapp kita, dan dapat berjaga jaga mulai sekarang untuk tidak terlalu sering meminjamkan smartphone kepada orang agar tidak di salah gunakan nya. Semoga artikel kali ini dapat membantu kalian guys, terimakasih sudah membaca.